#Akurapopo

Facebook Akurapopo

Tentang hashtag #Akurapopo kubaca tulisan kariiz Kaskus Holic secara sekilas di kaskus seperti ini :

+++

“Aku rapopo gan tenang ae .
Ane cuma iseng iseng bikin trit tentang istilah yg lagi booming “AKU RAPOPO”. Mungkin agan agan ada yg bingung dan gak mengerti maksud dari “AKU RAPOPO” . Nah di trit ane cuma mau memberi sedikit penjelasan (cuma sedikit lo gan) tentang “AKU RAPOPO” .

“AKU RAPOPO” merupakan meme asli indonesia yg berasal dari bahasa Jawa yg mempunyai arti “aku tidak apa apa” atau bisa juga “aku baik baik saja”.
Aku rapopo digunakan untuk menggambarkan reaksi seseorang ketika ia mencoba untuk menjadi kuat walaupun sebenarnya ia mengalami musibah atau kenyataan hidup yg cukup pahit.”

+++

“Aku ra popo” memang sebuah kalimat pendek yang sederhana untuk menggambarkan hati yang remuk redam dengan mencoba tetap tegar menghadapi musibah yang terjadi. Memang dalam arti harfiah #akurapopo bisa berarti tidak terjadi apa-apa terhadap dirinya yang sedang jatuh/terjatuh, maksudnya agar kita segera mengerjakan hal-hal yang lainnya dan tidak fokus pada masalah/musibah yang dihadapi.

“Bahasa Jawa memang kaya dengan kalimat yang susah ditebak maknanya bagi saya yang lahir di Siantar mas”, kata kawan baruku yang kebetulan jadi akrab ketika tahu aku cukup lama tinggal di Pulau Sumatera bagian paling utara.

“Anak Medan memang serba terbuka, ceplas ceplos dan mudah mengungkapkan apa yang ada dalam hatinya dibanding orang Jawa mas. Anak Medan langsung menuju sasaran pembicaraan di awal, sedang orang Jawa biasanya inti perkataan ada di akhir pembicaraan atau diulangi lagi di akhir pembicaraan”, kataku menimpali.

“Hahahaha…. benar mas. Anak Medan kalau tidak suka pada sesuatu hal, biasanya langsung disampaikan. Makanan tidak enak? Dia bisa saja langsung mengkritik masakan itu dengan banyak kalimat, meskipun besoknya dia akan datang lagi ke warung yang dia kritik . Beda dengan orang Jawa, tanpa mengkritik, dia langsung tidak datang lagi di warung itu”

Hashtag #Akurapopo memang tidak meledak seperti cetar membahana, sesuatu atau semacam itu, tapi menjadi menarik ketika hashtag ini dilengkapi dengan foto-foto yang membuat kita jadi tersenyum. Ada foto beberapa pasangan muda mudi yang sedang bermesraan dan di sudut gambar terlihat seorang jomblo yang sedang galau berkata #Akurapopo.

Ada juga foto seorang yang menampakkan wajah memelas, tapi tetap mengucapkan hashtag #Akurapopo. Mirip dengan hashtag #SrudukFollow bisa jadi hashtag ini juga akan terus meledak meskipun tidak semua tahu darimana hashtag ini muncul dan apa makna dibalik hashtag ini.

Akun twitter @akurapopo

Akun twitter @akurapopo

Setelah aku searching hashtag ini, ternyata ada juga facebook untuk hashtag #akurapopo dan ternyata ada juga akun twitter @akurapopo dengan pengikut yang sudah cukup banyak. Seperti jargon yang lain, hashtag ini mungkin akan terus meledak dan kemudian menghilang begitu saja. Ingat ciyus miapah, maka mari kita terima hashtag lucu ini sambil menanti apalagi jargon lucu yang muncul kemudian, atau malah anda mau bikin sendiri #hashtag orisinil versi anda?

Facebook Akurapopo

Facebook Akurapopo

Yang tertarik dengan hashtag #AkuRapopo silahkan ngetwit dengan hashtag ini dan ciptakan kalimat yang membuat pembaca (follower) terhibur hatinya. Minimal satu senyuman bisa berarti bagi lingkungan pembaca status kita. Jangan terlalu banyak membuat status yang membuat orang lain tersenyum-senyum, bisa jadi dia nanti dianggap sudah keluar dari dunia nyata.

Salam sehati

+++

Gambar diambil dari facebook #AkuRapopo dan akun twitter @akurapopo

 

 

 

6 komentar

  • terima kasih atas informasinya mas,,,

    Suka

    • sama-sama mas @Indera

      Suka

  • #AkuRapopo menjadi senjata bagi orang yang tidak berani buat mengatakan ketidak setujuannya pada suatu hal 🙂

    Suka

    • bisa jadi …:-)

      Suka

  • orang jawa memang terkenal dengan menjaga tingkah laku maupun ucapannya. Jadi walaupun ia tidak suka terhadap sesuatu,ia tidak akan langsung mengatakannya.Hanya dengan memberi gambaran2 supaya orang lain memahami bahwa dirinya “aku ra popo”

    Suka

    • semua mempunyai sisi baik dan sisi kurang baik

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s