Pola Hidup Sehat

Boneka Minion kuning yang menggemaskan

Kadang aku sudah merasa menjalankan “Pola Hidup Sehat”, tapi ternyata tanpa konsistensi, maka pola hidup yang kita jalankan kadang-kadang melenceng dengan sepengetahuan kita. Kadang kita merasa begitu sehatnya, sehingga sekali-kali merasa boleh melanggar pola hidup sehat yang sudah kita jalankan sehari-hari.

Kadang masih timbul keinginan untuk nongkrong diterpa dingin malam menusuk, sambil menyeruput secangkir minuman hangat di pinggir jalan Malioboro. Rasanya nostalgia yang muncul mengalahkan kesadaran kita, bahwa tidak baik begadang sampai dini hari untuk menikmati kehangatan sesaat ini.

Kawanku yang sudah berhenti merokok pernah mencoba merokok lagi meski hanya sebatang sehari dan akibatnya dia kembali menjadi pecandu rokok, persis seperti saat sebelum sadar tidak merokok.

Hidup sehat sebenarnya memang mudah. Ambil gitar dan mainkan lagu, maka umur kita serasa menjadi lebih muda. Para pemakai gelang UP Jawbone pasti punya target harian untuk tidur dan olah raga ringan jalan kaki, selain mencoba menikmati seni musik. Ada yang memasang target tidur 6 jam per hari atau 8 jam per hari, tergantung umur dari pemakainya.

Trio Los Menyos

Trio Los Menyos

Dalam sehari ada yang memasang target jalan kaki 10.000 langkah ada juga yang hanya 8.000 langkah, tergantung kemampuan fisik sang pemakai gelang UP Jawbone. Kebiasaan jalan kaki memang merupakan salah satu kebiasaan yang sangat menolong menjaga kesehatan badan, bila dilakukan dengan baik. Sebaliknya akan menjadi hal yang buruk bila melakukannya dengan cara yang terlalu ekstrim, misalnya berjalan kaki di tengah malam di atas tiang listrik :-).

Nasehat yang sering kita dengar adalah “berjalan 1.000 langkah setiap hari untuk mencegah osteoporosis“. Jangan terlalu lama duduk di ruangan tanpa melakukan gerakan apapun. Langkah kecil saat jeda dari duduk di kantor adalah suatu hal yang disarankan untuk menjaga kebugaran badan. Kalung UP Jawbone dapat juga disetel agar saat kita terdiam dalam waktu tertentu tranpa melakukan gerakan apapaun memberikan alarm, sehingga kita bisa bangkit berdiri dan melakukan gerakan kecil dalam langkah-langkah kecil.

Aku pernah menulis tentang hubungan antara “Pikiran, Tubuh dan Jiwa” di blog ini. Tulisan tersebut muncul karena sebelumnya aku memang membaca majalah kecil Intisari “Mind Body and Soul” volume 3. Dari majalah itulah aku banyak belajar tentang indahnya Tuhan menciptakan tubuh kita. Luar biasa.

Sayang benar kalau ciptaanNYA yang luar biasa itu harus masuk bengkel gara-gara kita tidak hidup memakai pola hidup yang sehat. Padahal tidak banyak kendala untuk melakukan pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat yang sederhana itu bisa kita tuliskan di bawah ini :

1. Tidur jangan terlalu larut dan bangun sepagi mungkin untuk menikmati udara gratis yang paling berkualitas (oksigen gratis). Udara malam adalah udara yang kurang baik untuk tubuh, jadi sebaiknya saat malam tiba, kita masuk rumah dan tidur untuk memberi kesempatan sel tubuh kita melakukan regenerasi sel (biasanya terjadi dimulai jam 23.00 sampai jam 01.00).

2. Makan seperlunya, jangan berlebihan. Makan di kala lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Ada yang bilang makan pagi boleh banyak, makan siang seperlunya saja, hanya untuk menegakkan tulang belakang dan makan malam sesedikit mungkin.

3. Olah raga seperlunya saja, jangan berlebihan. Sesuaikan olah raga kita dengan umur dan kondisi badan kita. Di atas umur 50 tahun mulai tinggalkan olah raga yang sifatnya kompetisi, misalnya sepakbola, badminton dll. Minimal lakukan olah raga rutin selama 3x dalam seminggu dengan porsi olah raga minimal setengah jam. Olah raga yang terlalu diforsir akan menyebabkan badan menjadi panas dan bila tubuh tidak kuat menahannya, justru akan merusak tubuh.

Jangan lupa selalu pasang senyum dimanapun anda mampu. Bila sanggup tertawa, cobalah tertawa untuk membuat urat syaraf mengendur dan tubuh menjadi lebih relax. Di jalan Slamet Riyadi Solo, sempat diadakan juga tertawa massal untuk memperingati hari tertawa sedunia, tentu kalau pas ada di Solo, kita bisa ikut menikmati suasana lucu karena semua orangb tertawa tanpa sebab yang jelas.

Tertawa diyakini mampu membuat hati menjadi lebih ceria dan kesehatan lebih akrab dengan sang pemilik tawa. Trust Me !

Senyumlah selagi masih bisa

Senyumlah selagi masih bisa

 

9 komentar

  • Ping-balik: Gowes Solo Gondang | Blogger Goweser Jogja

  • “berjalan 1.000 langkah setiap hari untuk mencegah osteoporosis“ nasehat ituh yang slalu teringat mas broo

    Suka

    • tambahan tips berjalan, kalau jalan 10.000 kaki per hari pasti mengecilkan perut
      *kata endomondo life

      Suka

  • Bagus banget artikelnya… 🙂

    Suka

    • alhamdulillah

      Suka

  • sangat memberikan inspirasi baru mas… keren… hehehe

    Suka

    • tks 🙂

      Suka

  • Makasih atas infonya mas…. sangat menginspirasi…

    Suka

    • semoga laris mebelnya

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s