Manfaat Kolang kaling

Kolang kaling ijo

Setelah aku menulis manfaat Sawi untuk penderita asam urat, hari ini aku akhirnya bisa menulis tentang manfaat kolang kaling. Awalnya aku tergerak menulis manfaat kolang kaling, karena nasihat seorang teman yang mengetahui aku menderita lumpuh selama dua hari.

Aku ingat kejadiannya, waktu itu aku jalan kaki sekitar satu jam di daerah Sentul yang hijau dan berudara segar. Hari sebelumnya aku naik sepeda di seputaran Jungle Land Sentul dan tidak ada tanda-tanda apapun tentang kesehatanku.

Siang harinya, aku tiba-tiba merasa kesulitan untuk bangun dari sholat. Sorenya keadaanku semakin parah, rasanya sakit sekali sendi kakiku setiap aku berdiri dari sholat. Malam harinya aku hanya bisa tergeletak di kasur tanpa bisa bergerak. Setiap kali bergerak, maka sendi-sendi tubuhku terasa sakit semua, terutama sendi di kaki kiriku.

Pagi subuh, akhirnya aku benar-benar susah untuk berdiri. Semua sendi yang ada di badanku sakit ketika badanku digerakkan. Untuk berdiri tegak aku perlu beberapa menit mempersiapkan seluruh sendi di tubuhku. Setelah sanggup bediri tegak, maka akupun mulai bisa berjalan dengan pelan-pelan (banget). Mirip dengan jalannya orang tua.

Kalau naik tangga, aku harus merangkak dan sholat sudah tidak bisa kulakukan seperti yang biasa kulakukan. Begitu aku rukuk dan sujud, maka aku tidak sanggup lagi berdiri sesuai gerakan sholat, sehingga akupun duduk terus untuk menyelesaikan sholatku.

Selama dua hari kondisiku seperti itu dan pada hari ke tiga barulah aku mulai lebih bisa bergerak, meskipun untuk urusan sholat masih sangat sulit untuk bisa berdiri. Sendi tulang belakang sudah tidak terasa sakit, tinggal kaki dan tangan saja yang masih sakit.

Yang membuat orang lain tidak tahu kalau aku sedang sakit adalah kegiatanku bersepeda yang tetap lancar. Aku hanya perlu menyeringai sakit pada gowesan pertama, setelah itu gowesan selanjutnya tidak ada masalah. Semua lancar saja, sampai aku harus berhenti. Pada setiap pemberhentian, maka aku harus menginjakkan kakiku ke tanah dan itu sakitnya harus kututupi dengan menyeringai.

Sampai berhari-hari kondisiku seperti itu, tapi aku tetap bisa gowes dari Solo sampai ke Matesih Karanganyar. Naik ke makam Suharto, mantan presiden RI kulakukan dengan jalan kaki (hiking). Pokoknya orang luar tidak ada yang tahu kalau aku sedang bermasalah dengan sendi.

Gowes Makam Astana Giribangun

Gowes Makam Astana Giribangun

“Mas Eko coba makan kolang kaling, meskipun tidak cespleng tetapi lama-lama akan terasa khasiatnya”, kata kawanku ketika tahu kondisiku.

Dokter sendiri tidak secara pasti bisa mendiagnosa penyakitku. Awalnya aku dibilang kena flu singapore, kemudian terakhir aku divonis kena penyakit Cikungunya.

Segala macam obat akhirnya kuhentikan, toh dokter sendiri tidak tahu benar apa penyakitku. Akupun mulai lari dari pengobatan modern dan mengundang kawanku yang ahli bekam untuk datang ke rumahku. Hasil dari Bekam juga tidak kurasakan secara langsung, tapi aku yakin bahwa keluarnya darah kotor dari tubuhku pasti ada manfaatnya.

Dengan kondisiku yang seperti itu, akupun terus melahap kolang kaling setiap hari. Sudah lewat sebulan sakitku dan aku merasa hari ini aku sudah lebih mending dibanding sebulan yang lalu. Aku tidak perlu lagi merangkak untuk naik tangga dan sekarang memakai celana sudah bisa kulakukan dengan mudah. Padahal dulu yang sangat sulit kulakukan adalah memakai celana di kamar mandi. Berbagai macam cara kulakukan dan hasilnya semuanya tidak sukses.

Alhamdulillah, hari ini meski masih sakit, tapi sudah lebih baik kondisinya dibanding sebulan lalu. Bisa saja ini terjadi karena buah kolang kaling, bisa juga karena aku memakan makanan yang lain. Hanya Tuhan yang tahu sebab kesembuhanku.

Yang jelas, akupun langsung mencari berita seputar kolang kaling.

Salah satunya kudapat dari karya tulis di tautan ini dan kukutip sebagian di bawah ini.

+++

Kolang-kaling dihasilkan dari pohon aren rata-rata sebanyak 100 kg/pohon/tahun apabila tidak disadap niranya (Anonim, 2009). Pemanfaatan kolang-kaling saat ini masih sangat terbatas dan tingkat konsumsi masyarakat juga masih rendah. Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi mencapai 93,6% disamping juga mengandung protein (2,344%), karbohidrat (56,571%) serta serat kasar (10,524%) (Tarigan dan Kaban, 2009).

Kolang kaling putih

Kolang kaling putih

+++

Dari hasil pencarianku di situs yang lain, maka bisa kusimpulkan manfaat kolang kaling adalah sebagai berikut :

1. Kolang kaling dapat meredakan penyakit radang sendi.

Pada tabloid Sinartani ditulis antara lain sebagai berikut :

Dalam daging Kolang-kaling mengandung 52,9% karbohidrat dan umumnya adalah galaktomannan. Dalam dunia farmasi galaktomannan ini menjadi bahan obat beberapa jenis penyakit seperti radang sendi. Galaktomannan berefek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

2. Kolang kaling dapat melancarkan pencernakan.

Kandungan serat kasar yang banyak pada buah kolang kaling (10-30%?), dipastikan akan membantu proses pencernakan pada tubuh kita.

3. Kolang kaling merupakan sumber kalsium selain susu.

Meski tidak sebanyak kandungan kalsium pada susu, tetapi bagi yang tidak suka susu, maka kolang kaling cocok dijadikan alternatif sumber kalsium.

Pernyataan manfaat kolang kaling di atas, kudapat dari searching di internet. Aku sendiri sampai hari ini terus rajin mengkonsumsi kolang kaling. Maunya aku mencari kolang kaling putih, tapi yang kudapat seringnya berwarna hijau. Kalau anda seorang ahli gizi, maka tolong bantu untuk memastikan apa yang kutulis ini. Semoga yang kutulis ini benar adanya. Amin.

Salam sehati.

Kolang kaling ijo

Kolang kaling ijo

 

35 komentar

  • Postingannya sangat bernanfaat p eko saya juga komsumsi kolang kaling.. Kolang kaling hijau itu sudah d beri pewarna makanan p eko karna aslinya mmg putih biasanya d pasar tradisional banyak yg jual…

    Disukai oleh 1 orang

    • betul mas 🙂
      yang penting memang kesehatan dan lebih penting lagi berpikiran positip agar tidak “neko-neko” pikirannya 🙂

      salam sehat ! 🙂

      Suka

  • Pengalaman teman (50 th) yg hobby main bulu tangkis, suatu saat ga bisa main karena nyeri sendi. Begitu dia cerita ada teman lain menyarankan untuk mengkonsumsi kolang kaling. Alhamdulillah hasilnya luar biasa dia bercerita jika sekarang bisa main 3 set langsung setelah setiap hari mengkonsumsi kolang kaling. Smg manfaat. Wallahu’alam

    Suka

    • Terima kasih atas informasinya 🙂

      Suka

  • Benar sekali, saat ini kaka saya jg mengkonsumsi kolang kaling krn asam urat.

    Suka

    • tulisan ini memang belum tentu benar, tapi kesaksian beberapa pengguna memang meyakinkan 🙂

      Suka

  • Bagus ni artikelnya…Berguna banget..Terimakasih infonya pak..

    Suka

    • biar kenal dengan info sehat ya 🙂

      Suka

  • Memang betul pak byk sekali manfaatnya, hanya saja harus berhati2 saat memilih dipasar. Karena beredar juga yg sdh dicampur formalin. Kalau salah pilih kan jadi kehilangan manfaatnya. hehe..
    Yang saya tau kolang kaling asli cenderung agak transparan, tidak terlalu kenya, dan berbau asam (kalu slah tolong koreksi ya). Semoga kita terhindar dari makanan palsu, atau baiknya bikin sendiri ^^

    Suka

    • @Wicak Herbal
      Benar mas, paling baik memang membuat sendiri.
      Istriku sering membuat sendiri dan hasilnya lumayan nikmat di lidah 🙂

      Salam sehat

      Suka

  • Sandra tjokro

    Mas eko,
    Bagusnya memang cari kolang kaling yg alami saja, aslinya memang kalau sudah direbus dengan cangkangya , warna daging buah memang kehijauan setelah dicuci, putih kekuningan. Kalau warnanya putih bersih harus curiga karena kemungkinan sudah diberi pemutih.

    Suka

    • Mas @Sandra Tjokro
      Makasih tambahan infonya sangat bermanfaat.

      Salam sehat

      Suka

  • Sandra tjokro

    Terima kasih untuk infonya, bermanfaat sekali, saya sudah mencobanya ,baru 5 hari, ngilu tulang punggung masih terasa , kaku2 ditangan mulai berkurang. Sehari saya memakan 2X5 butir kolang kaling rebus tanpa pewarna dan gula. Lendir pada buah kolang kaling ini bagus utk persendian seperti halnya lidah buaya , oyong, alpukat.

    Suka

    • semoga info ini tidak menyesatkan, tapi bermanfaat bagi pembacanya

      aamiin

      Suka

  • Saya sudah merasakan manfaat kolang kaling. Saya klo berdiri lama kaki suka sakit dan kalau bangun tidur pinggang sakit. Setelah konsumsi kolang kolang sudah ga pernah sakit kaki dan berdiri lama juga ga masalah. Bangun tidur pinggang sudah ga sakit. Tokcer deh pokoknya. Sampai sekarang saya rutin konsumsinya. Semoga bermanfaat

    Suka

    • terima kasih komentarnya
      kesaksian yang menarik

      salam sehati

      Suka

  • Sodara saya dokter ahli gizi juga menyarankan kolang kaling untuk pemulihan tulang kropos dan nyeri sendi. Smoga cpt smbuh mas bro. Btw pinjam poto kolang kaling putinhya ya, kece bgt hehe.

    Suka

    • Terima kasih tambahan infonya @Makbel
      Silahkan diambil poto kolang-kalingnya

      Salam

      Suka

  • Di jaman informasi seperti saat ini…suatu rumor2 yang belum jelas kebenarannya bisa dengan cepat bergulir dan dipercaya menjadi suatu kenyataan..coba saja googling “kolang kaling”..anda akan mendapatkan satu page penuh dengan informasi bahwa kolang kaling bisa menyembuhkan radang sendi, isinya pun relatif sama, bahwa kolang kaling mengandung Galaktomannan yang berfungsi analgesik…dengan banyaknya info yang sama, maka orang2 mempercayai bahwa hal itu adalah benar (persepsi). Apakah ada yang mencari “Galaktomannan” di google? apakah yang anda dapat? apakah ada referensi lain mengenai Galaktomannan selain dari ribuan page mengenai kolang kaling?benarkah itu bahan obat beberapa jenis penyakit seperti radang sendi?

    Suka

    • Bagus nih komentarnya, harus ditanyakan ke Dokter ahli gizi kayaknya kebenarannya nih.

      Salam

      Suka

  • Saya merantau di kalimantan di sini banyak kolang kaling cuma ga tahu di mana pengepul kolang kaling di daerah solo bagi yg mau bekerja sama.hubungi 087836388107

    Suka

    • semoga ada yang bersedia bekerja sama
      amin

      Suka

  • Saya pingin perut kempes

    Suka

    • Dulu saya suka sepedaan tapi kurang rutin, sekarang sudah lebih rutin, hasilnya berat badan tetap, tidak ada penurunan berat badan, tapi katanya badan jadi lebih langsing
      Celana dulu ukuran 38 sekarang cukup 34 🙂

      Suka

  • Eko Sutrisno,aku tidak tahu kolang kaling ini apakah kolang kaling ini sejenis buah saya sabgat ingin tahu kerana saya juga mengidap sakit sendi

    Suka

    • Salam.

      Silahkan ke pasar rakyat atau ke super market dan cari buah ini dalam kemasan 1/2 kg atau 1 kg.
      Semoga bermanfaat bagi kesehatan kita.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • Baru tahu kolang kaling ada khasiatnya. Selama ini tahunya hanya campuran kolak atau minuman saja, tanpa khasiat, hanya tambah nikmat kalau ada kolang kaling. Terima kasih mas Eko.

    Suka

    • Salam @Widy Winanto AR
      Senang kalau tulisan saya bermanfaat.
      Tks komentarnya ….

      Suka

  • IBU EDITH.BANDAR LAMPUNG

    Ya terima kasih infonya ,bener sekali kolang kaling sangat bermanfaat bagi kesehatan,mengapa saya katakan disini karna saya sudah mencoba makan buah kolang kaling beberapa hari untuk sarapan pagi.ternyata sendi-sendi kaki saya yang tadinya ada rasa cengkring-cengkring sekarang tidak terasa lagi.maka say teruskan untuk mengkomsumsi kolang kaling setiap maka

    Suka

    • makasih tambahan infonya bu
      salam sehati

      Suka

      • ni ketut suryati

        mas eko brp banyak dimakan/takarannya, setiap kali makan, sy pernah beli kolang/ling sdh di cuci ber kali2, sdh sy rebus baunya ga enak skali sy buang sj ga brani makan

        Disukai oleh 1 orang

        • memang baunya ada yang tidak bisa menerima dan ada yang tidak bermasalah dengan baunya 🙂
          ada yang memberi tambahan aroma tertentu dan kolang kaling menjadi manis, tapi itu pilihan kita masing-masing-masing kok 🙂

          Suka

  • banyak juga yah kasiat nya. tp tergantung pengolahan nya juga mungkin harus ada sterilisasi pan permentasi yang baik. . ya sesuai ke gunaannya ja. infonya membantu sekali gan

    Suka

    • terima kasih komentarnya

      salam sehati

      Suka

      • Oke, sipp lah!

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s