Dicari Buka Puasa Bersama plus Sholat Jamaah Isya

Masjid di atap Mall

“Dicari Buka Puasa Bersama plus Sholat Jamaah isya”

Aku mencoba menuliskan kalimat itu di halaman mesin pencari Google dan alhamdulillah muncul beberapa acara buka bersama yang diikuti dengan sholat Isya berjamaah dan dilanjutkan terus dengan tarwikh berjamaah.

Sayangnya, dalam kenyataannya, undangan buka bersama yang masuk ke inbox-ku tidak banyak yang menyertakan acara buka bersama dengan acara jamaah sholat Isya dan tarwikh. Namun aku tetap bersyukur, karena acara buka bersama yang rutin kuikuti tetap setia dengan menu acara tarwikh berjamaah.

Hari Minggu kemarin, aku kembali menerima banyak undangan buka bersama dan sayangnya semuanya tidak menyertakan paket Isya berjamaah. Akhirnya akupun mendatangi lokasi buka bersama yang paling dekat dengan rumahku. Sepuluh menit sebelum Isya, aku pamit dan bisa melanjutkan sholat Isya berjamaah di masjid dekat rumahku.

Nostalgia masa kecilku memang penuh dengan ingatan acara buka bersama di beberapa masjid Jogja. Ada masjid Danurejan, masjid Sulthoni, masjid Pasar Beringharjo, Masjid Gedhe Kauman dan beberapa masjid lainnya. Ingatan yang begitu kuat tentang peristiwa buka bersama itu pernah membuatku kecele ketika pertama kali sholat maghrib di Masjid Baiturrahman Banda Aceh pada tahun 1989.

Ketika itu aku jalan kaki dari hotel Medan menuju ke masjid Baiturrahman dan duduk manis menunggu adzan dikumandangkan dari masjid termegah di Aceh itu. Begitu adzan dikumandangkan, aku mulai menengok ke kanan dan ke kiri, aku mencari-cari makanan kecil untuk membatalkan puasa. Ternyata sampai sholat Maghrib usai, tidak ada makanan kecil sedikitpun.

Ternyata beda kota beda pula cara mereka membatalkan puasa di masjid.

Masjid di kala hening malam

Masjid di kala hening malam

Berbuka puasa bersama teman-teman memang sangat mengasyikkan, sekalian kopdar dapat kenyang dan dapat santapan batin. Suasana yang meriah selalu mewarnai acara buka bersama, sangat kontras dengan suasana pada waktu takziah. Dua acara itu memang kontras sekali, sehingga kalau ada acara takziah yang diisi dengan canda tawa pasti akan menjadi anomali. Sayangnya, aku pernah melihat hal ini.

Namun kalau aku mencoba menerawang beberapa tahun ini, maka kulihat makin banyak acara buka bersama yang mulai berpikir untuk ditautkan dengan acara sholat berjamaah maghrib maupun Isya. Beda dengan beberapa tahun lalu yang kadang acara buka puasa justru tidak ada acara sholat jamaah maghribnya. Mereka mencari lokasi yang menyediakan makanan enak di resto mahal atau tempat megah, tetapi tidak mempunyai fasilitas musholla yang memadai.

Berkumpul bersama keluarga memang nikmat

Berkumpul bersama keluarga memang nikmat

Beberapa tahun lalu aku pernah ikut buka bersama yang diadakan oleh teman-teman yang rajin sholat, sehingga aku berbaik sangka saja bahwa acaranya akan dimulai dengan buka bersama dan disisipi dengan sholat berjamaah.

Benar yang kuduga, begitu selesai membatalkan puasa kita langsung menuju ke lokasi mushola resto mahal itu. Ternyata untuk mengambil air wudhu saja susah banget, apalagi untuk masuk ke mushola. Kulihat antrian panjang di toilet dan tempat wudhu dan di dekat mushola antrian yang lebih panjang lagi dari mereka yang ingin sholat berjamaah.

Ternyata diperlukan data tentang lokasi sholat dan proses pengambilan air wudhu sebelum memutuskan memilih tempat buka puasa. Alhamdulillah, pengalaman berharga itu membuat aku selalu melihat lokasi wudhu dan lokasi sholat sebelum memilih tempat buka atau ketika memasuki tempat buka puasa bersama.

Inilah tips berbuka bersama :

1. Pilih acara buka bersama yang kita yakin ada rangkaian sholat jamaah Maghrib (minimal) dan idealnya ada acara tarwikh berjamaah.

2. Sebelum acara makan, lihat dulu lokasi pengambilan air wudhu, toilet dan lokasi sholat (musholla)

3. Sarankan untuk memasukkan acara sholat berjamaah, bila kita mendapat undangan buka bersama (seperti judul artikel ini “Dicari Buka Puasa Bersama plus Sholat Jamaah isya”).

4. Lakukan semua itu dengan baik dan benar, tanpa menyinggung pihak-pihak yang ada kemungkinan tersinggung dengan sikap kita.

Salam sehati.

Lokasi Buka Bersama paling ideal

Lokasi Buka Bersama paling ideal sebaiknya di Masjid yang cukup luas

+++

Mari kita mencari acara Buka Puasa Bersama plus Sholat Jamaah Isya

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s