Page Rank dan Alexa Rank

Page Rank Eeshape

Semua pengelola sebuah situs pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Page Rank dan Alexa Rank”. Dua hal inilah yang sering dipakai sebagai target dalam mengelola sebuah situs. Begitu besarnya keinginan untuk mempunyai nilai terbaik dalam dua hal tersebut, kadang-kadang “ilmu hitampun” dipakai. Di kalangan pemerhati dikenal sebuah istilah Black SEO untuk mereka yang mengejar “Page Rank dan Alexa Rank” yang baik dengan cara-cara yang tidak etis.

Bahkan para seleb blog ada yang mengaku kalau sebelum terkenal sempat memakai jurus Black SEO untuk meningkatkan rating mereka. Yang paling gampang dan sering dilakukan adalah menulis sebuah atau beberapa buah kata yang sedang jadi trending topic di dalam artikel mereka dengan warna huruf yang sama dengan warna back ground.

Ilmu hitam memang terbukti efektif untuk mengundang pengunjung, tetapi pertanyaannya kemudian apakah pengunjung yang datang itu akan balik lagi ke situs yang memuat black SEO itu ? Biasanya mereka malas pergi ke situs itu lagi, karena mereka sudah pernah mengalami mencari sesuatu di situs itu tetapi tidak mendapat apa yang mereka cari.

Mendapatkan nilai “Page Rank dan Alexa Rank” yang baik tidak bisa instan, terutama nilai PR (Page Rank). Google sangat pelit memberikan nilai tinggi untuk PR. Perlu konsitensi sebuah situs sebelum akhirnya Google memberikan apresiasi berupa kenaikan nilai PR.

Sebuah situs partai pernah memberikan resep untuk menaikkan nilai Alexa Rank sebuah situs dan terbukti manjur, meskipun beberapa orang masih meragukan keabsahan teori itu. Anggota atau komunitas partai itu direngkuh dalam sebuah grup FB dan kemudian setiap hari para anggota mampir ke situs partai tersebut, akibatnya trafic di situs naik signifikan dan selanjutnya bisa ditebak nilai Alexa Rank juga melesat jauh.

Rumus untuk menaikkan nilai “Page Rank dan Alexa Rank” sebenarnya sangat mudah, hanya pelaksanaannya kadang membuat sang pengelola jadi tidak sabar atau tidak punya waktu lagi.

Aku selalu memberi contoh situs mas Jamil Azzaini yang dikelola dengan santai tetapi hasilnya luar biasa. Rumusnya cuma menulis dengan hati dan dilakukan setiap hari. Mas Jamil tidak tahu SEO yang baik itu bagaimana, seperti juga mas Rovicky yang menulis tentang dongeng geologi, mereka berangkat bukan dari teori SEO tetapi dengan melakukan hal yang memang disarankan oleh ilmu SEO.

Alexa Rank Jamil Azzaini

Alexa Rank Jamil Azzaini

“Menulislah setiap hari dan rasakan keajaiban yang akan terjadi!!!”, begitu status Komunitas Penulis Pintar di FB. Status ini sangat sederhana dan kalau dilakukan memang akan luar biasa hasilnya.

Apa sih arti Page Rank ?

Wikipedia menulisnya sebagai berikut :”PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Pagedan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.”

Artinya setiap seseorang menuliskan sebuah kalimat atau kata di mesin pencari, maka sang mesin pemcari akan mencari kata atau kalimat tersebut pada sebuah situs yang mempunyai PR paling tinggi (10/10), kemudian menurun ke PR 9/10. 8/10 dam seterusnya.

Page Rank Jamil Azzaini

Page Rank Jamil Azzaini

Sebuah situs baru dengan nama Kampung-UGM pada saat dicari dengan kata kunci Kampung-UGM bisa jadi situsnya akan berada di barisan depan, paling tidak muncul di halaman 2 atau 3. Namun bila mencari salah satu artikel di situs itu, bisa jadi yang muncul adalah situs orang lain dan situs Kampung-UGM akan berada di halaman buncit. Silahkan coba search judul “Punthuk Setumbu Tour” yang ada di situs Kampung-UGM dan lihatlah halaman berapa yang memuatnya.

Google memang sangat  hati-hati memberikan nilai PR pada sebuah situs, sehingga sebuah situs yang mempunyai nilai PR 2/10 sudah dianggap memadai, apalagi kalau situsnya mempunyai nilai lebih dari itu.

Alexa Rank sendiri bis adilakukan dengan isntan asal kita bisa melakukan mobilisasi pengunjung secara kontinyu setiap hari dan dalam jumlah yang sangat besar. Bila tidak bisa mendatangkan pengunjung, maka harus rajin menulsi yang bermanfaat agar orang lain rajin mengunjungi situs kita tanpa ditipu dengan kata kunci yang tidak ada di situs kita (Black SEO).

Page Rank Eeshape

Page Rank Eeshape

“Dandani blogmu sebelum datang tamumu!!!”

Selamat menulis yang rajin untuk meningkatkan Page Rank dan Alexa Rank.

 

 

 

 

6 komentar

  • Ping-balik: Blogger Goweser Jogja | Blogger Goweser Jogja

  • Ping-balik: #SinauSEO : Kenapa Blog bagus tapi alexa rank jelek | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Jadi kebanggan jika PR situs kita ramai pengunjung, tulisannya bermanfaat untuk mereka..Apa lagi kalau PR naik terus…Nulis juga tambah semangat

    Suka

    • Salam @Eviindrawanto

      Makasih komentarnya.
      Benar tuh 🙂

      Salam sehati

      Suka

  • wah keren bro.page rank 3 hehe

    Suka

    • Alhamdulillah
      Makasih atensi dan apresiasinya masbro @fiksikulo

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s