BluXpit Gowes Bandung Jogja 400 km

BluxPit Bandung Jogja 12-14 Desember 2014

Acara BluXpit Gowes Bandung Jogja 400 km tak lama lagi akan dimulai, tepatnya dimulai pada hari Kamis 11 Desember 2014 dan berakhir pada tanggal 14 Desember 2014, pas hari Minggu di Balairung UGM.

Acara rutin tahunan ini diikuti oleh lebih seratus goweser dan sekitar 40 anggota tim pendukung, belum termasuk simpatisan yang tidak terdaftar tapi ikut memeriahkan acara gowes ini.

Hari Jumat, 5 Desember 2014 akan diadakan technical meeting untuk seluruh peserta, acara tersebut dipimpin oleh tim teknis BluXpit 2014 yang dipimpin oleh Bapak Mustofa didampingi pak Bambang selaku komandan Road Captain. Pada hari itu juga direncanakan untuk dibagikan kaos peserta (jersey) dan tiket KA bagi peserta yang berangkat dari Jogja via jalan besi (kereta api).

Bagi peserta dari luar kota atau peserta yang memanfaatkan transportasi model lain, sehingga tidak bisa hadir dalam acara technical meeting, maka info tentang penjelasan teknis ini akan dikirimkan melalui email ke masing-masing peserta. Dengan demikian semua hal-hal yang perlu diketahui oleh peserta dapat disampaikan secara jelas dan rinci.

Peserta yang tidak bisa datang dalam acara itu, bisa memanfaatkan socmed WA (Whatsapp) untuk mendiskusikan informasi yang dianggap masih perlu penjelasan lebih rinci. Panitia, terutama tim teknis akan menjawab pertanyaan dari semua peserta yang memerlukan jawaban, kecuali sudah dijawab oleh peserta lain dan jawaban dianggap cocok dengan pertanyaan.

BluxPit Bandung Jogja 12-14 Desember 2014

BluxPit Bandung Jogja 12-14 Desember 2014

Sepeda peserta yang dititipkan ke panitia diharapkan sudah dalam kondisi siap angkut, sehingga panitia tinggal memberi label sesuai identifikasi peserta dan membawanya ke Bandung via jalan darat. Namun demikian, apabila peserta mempunyai kendala dalam memasukkan sepeda dalam box, maka panitia akan menyiapkan tim mekanik yang membantu proses tersebut, dengan semua beban biaya pengepakan menjadi tanggungan peserta. Untuk proses perakitan kembali di Bandung, semua sepeda harus dirakit sendiri oleh pemilik/peserta, kecuali apabila peserta mempunyai keterbatasan dalam melakukan proses rakit sepeda. Dalam hal ini tim mekanik akan kembali membantu proses perakitan dengan biaya rakit yang ditentukan kemudian dalam technical meeting.

Malam hari, Kamis 11 Desember 2014, peserta akan diundang dalam jamuan makan malam sekaligus pelantikan Kagama Jabar. Di dalam acara jamuan ini, diselipkan sekali lagi, briefing singkat tentang penjelasan teknis perjalanan Bandung Jogja 400 km. Disarankan semua peserta gowes sudah istirahat dan tidur malam sebelum jam 22:00, agar Jumat pagi sudah berangkat dari Bandung pada jam 06:00.

Apabila pemberangkatan tertunda satu jam, maka diperkirakan peserta akan sampai Banjar paling cepat sekitar pukul 18:30. Apabila berangkat jam 8:00 dari Bandung, maka acara sholat jumat akan bergeser, demikian juga lokasi makan siang/makan malam. Diperkirakan akan sampai di Banjar sekitar jam 21:00 baru finish jika berangkatnya geser sejam lagi. Lalu lintas akan semakin macet pada siang hari dan perjalanan malam tidak bisa sekencang perjalanan siang.

Disinilah diperlukan keseriusan peserta dalam hal bangun pagi dan start pagi. Terlambat berangkat satu jam akan menyebabkan molor waktu lebih dari satu setengah jam.

BluxPit Bandung Jogja 12-14 Desember 2014

BluxPit Bandung Jogja 12-14 Desember 2014

Acara start dan finsih gowes BluXpit Bandung Jogja 400 km ini akan diliput oleh tim dokumentasi DRONE maupun konvensional, baik berupa audio visual maupun berupa foto biasa. Pesawat yang membawa camera akan mengikuti acara start dari Bandung sampai tanjakan Malangbong dan kemudian pesawat akan menunggu di Wates, 30 km dari Jogja, untuk liputan menjelang finish.

Selepas Wates, tim DRONE akan menunggu di seputaran jembatan Kali Progo untuk kembali mengambil gambar peserta gowes ketika melewati jembatan Kali Progo. Begitu juga ketika peserta menikung di Tugu Jogja, DRONE akan membidik peserta gowes dari arah timur, sehingga peserta gowes dan TUGU terlihat sebagai kombinasi keindahan dan kebersamaan dari semua peserta.

Setiap malam tim dokumentasi juga akan mengirim hasil edit video maupun foto untuk ditampilkan di FB (Facebook), sehingga peserta yang ingin melihat aksinya bisa melihatnya dulu di gadget masing-masing atau di gadget panitia. Hasil resmi edit panitia sendiri paling cepat 2-3 minggu baru bisa ditayangkan untuk umum.

Akhir perjalanan BluXpit akan disambut oleh rombongan pejabat yang berkenan hadir, misalnya menteri PU, rektor UGM, ketua umum Kagama maupun pembina keluarga alumni UGM, Sri Sultan HB X. Rombongan goweser akan membawa bendera BluXpit dan diserahkan ke bapak Mentri dan disusul pengalungan medali, mulai dari Ketua BluXpit, Road Captain, peserta Gowes Bandung Jogja yang lengkap menempuh 400 km dan kemudian disusul peserta lain yang bergabung di Banjar maupun Purwokerto.

Jam 12:00 diperkirakan acara Gowes BluXpit selesai dan ditutup dengan makan siang. Dengan demikian selesailah sudah acara BluXpit Bandung Jogja secara resmi dan akan kembali lagi hadir di tahun depan dengan rute yang berbeda lagi.

+++

Info hotel yang akan dipakai untuk menginap sebagai berikut :

1. HOTEL MITRA BANDUNG
Address: Jl. Wr. Supratman No.98, Jawa Barat 40122, Indonesia Phone:+62 22 7207245

2. KENDARSIH GUEST HOUSE
Address: Jl. Muararajeun 24 Phone: (022) 87245839 HP: 082219065679 (Yayar)

3. HOTEL MANDIRI BANJAR
Address: Jl RE kosasih, Banjar, West Java, Indonesia Phone: +62 265 2732896

4. HOTEL BANJAR INDAH
Address: Jl Cimenyan I 1, Mekarsari, Banjar Phone: 0265 742309 – 0265 744237

5. HOTEL GALUH BANJAR
Address: Jl. Raya Banjar Ciamis, Banjar, West Java, Indonesia Phone:

6. HOTEL PLAZA PURWOREJO
Address: JL. Tentara Pelajar No. 21, Purworejo, Jawa Tengah 54114, Indonesia Phone:+62 275 3219046

7. HOTEL SANJAYA PURWOREJO
Address: Jalan Tentara Pelajar, Purworejo, 54171, Indonesia Phone:+62 812-2716-6600

8. HOTEL SURONEGARAN PURWOREJO
Address: Jl. Urip Sumoharjo No. 47 Purworejo Phone/Fax: 0275 – 322076

5 komentar

  • Ping-balik: Gran Fondo Februari 2015 | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Jogja Kota Sepeda | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Risiko bersepeda | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • D. Denni Sudiyono

    Mas,

    Minimal saya mengenal 2 peserta lain, tetapi kami bertiga beium tercatat ya?

    D. Djoko Edi Santoso (60) (beliau yang mengajak saya, asal Jakarta, nanti langsung bertemu di Bandung), saya: D. Denni Sudiyono (57), juga dari Jakarta.

    Satu lagi, Wijaya (62), asal Purwokerto.

    Mohon diperiksa ya, padahal segala persyaratan (pembayaran) sudah dilunasi.

    Salam gowes ria,

    denni

    Suka

    • Salam pak @Denni dari Jasa Marga

      Terima kasih komentarnya. Nanti akan saya teruskan ke sekretariat panitia, untuk diperiksa lagi kelengkapan datanya.
      Jangan-jangan formulirnya nyelip di kotak Spam.

      Mohon maaf pak Denni atas ketidak nyamanannya

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s