Selamat Tinggal BluXpit2014 selamat datang BluXpit2015

BluXpit2014 memasuki UGM

“Selamat Tinggal BluXpit2014 selamat datang BluXpit2015

Pada Jumat 12 Desember 2014, tidak sampai seratus orang pesepeda yang berangkat dari Bandung dan akhirnya ratusan pesepeda memenuhi start etape terakhir di Wates menuju Balairung UGM Yogyakarta pada hari Minggu, 14 Desember 2014. Bupati Kulonprogo melepas rombongan dalam jamuan pagi yang singkat dan berkesan di rumah dinasnya di pinggir alun-alun Wates kulonprogo.

Acara bluXpit2014 hari terakhir ini lebih dipercepat mengingat adanya beberapa pejabat yang harus segera meninggalkan UGM untuk menunjukkan kepedulian terhadap bencana banjir di Banjar. Rombongan yang pada etape 1 dan 2 dipimpin oleh kapten regu masing-masing, pada hari ini sudah diubah formatnya. Semua kapten regu menempati posisi di paling depan, tepat di belakang mobil pembuka jalan dari Polisi dan semua peserta dari berbagai usia dan kelas sepeda berbaris rapi di belakang. Bagi pesepeda yang sudah di puncak kelelahan, panitia sudah menyiapkan angkutan untuk loading peserta, sehingga dapat mengikuti semua acara sampai tuntas.

Menuju etape terakhir BluXpit2014

Menuju etape terakhir BluXpit2014

Dibariskan di depan gelanggang Mahasiswa UGM, akhirnya seluruh rombongan sudah bisa menuju Balairung UGM dan disambut oleh Rektor UGM bersama jajaran wakil rektor beberapa bidang. Acarapun dimulai dengan penyerahan Bendera BluXpit2014 dari ketua Umum Panitia, Mitrabani, pada rektor UGM dan dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan dari wakil pesepeda.

Prosesi pengalungan medali, semua peserta dipersilahkan untuk menuju anak tangga Balairung dan semua peserta diberi medali tanpa kecuali, meski dibedakan dalam kelas masing-masing. Sekitar 80 orang peserta yang telah mengikuti acara gowes Bandung Jogja secara utuh mendapat kesempatan pertama untuk menerima kalungan medali, disusul dengan rombongan kapten regu dan ditutup dengan pengalungan medali bagi peserta yang tidak mengikuti acara secara utuh.

Euforia Panitia BluXpit2014 bersama medali masing-masing

Euforia Panitia BluXpit2014 bersama medali masing-masing

Euforia kegembiraan dari peserta tumpah ruah dalam acara puncak ini. Saling melepas penat, saling berselfie-ria maupun bergrup selfie mewarnai area di seputaran Balairung UGM. Mereka sudah tidak peduli lagi dengan udara panas yang terasa menyengat kota Yogya pada pagi hari sampai siang ini. Setelah euforia mulai mereda barulah para pesepeda ini mulai mencari konsumsi terdekat dan berbagi kontak untuk menjemput BluXpit2015 yang sudah mulai diwacanakan di antara mereka.

“BluXpit2015 akan berkonsep menyatukan goweser nusantara dalam sebuah kegiatan yang diawali dari masing-masing daerah dan semuanya menuju kota Yogyakarta”.

BluXpit2014 memasuki UGM

BluXpit2014 memasuki UGM (foto MBR)

Konsep Green yang diusung panitia memang mengajak masyarakat umum untuk makin mencintai kendaraan tanpa BBM yang semakin langka dan semakin mahal. Alumni berbagai PT, dari manapun, akan ikut bergabung dalam acara bluXpit2015 untuk bersama-sama mengajak masyarakat yang dilewati maupun yang melihat dari berbagai mas media untuk menyadari bahwa bersepeda adalah olah raga yang murah meriah dan menyehatkan.

Gubernur Jawa Barat telah melepas acara bluXpit2014 di Bandung bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan di ujung acara rombongan goweser bluXpit2014 diterima oleh Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, PhD didampingi berbagai pejabat di lingkungan UGM.

Tiga hari dalam kebersamaan membuat beberapa peserta yang tadinya tidak saling kenal satu sama lain mulai saling kenal dan ditutup dengan saling berbagi kontak. Media InfoWisata yang ikut meliput langsung acara ini terlihat sangat terkesan dengan cerita dari masing-masing peserta. Media lokal sendiri sudah langsung menayangkan acara ini di halaman online mereka.

Mitrabani selaku ketua S3Gama sekaligus ketua penyelenggara BluXpit2014, saat makan siang selepas acara menyampaikan berita seputar rencana BluXpit2015 dan berbagi info ringan pada para wartawan yang selalu menempel padanya.

“Acara sudah berakhir, semua peserta akan kembali ke rumah masing-masing. Ada yang dari Semarang, Surabaya, Jakarta, Bangka, Singapura dan berbagai kota lainnya, semuanya kembali dengan transportasi masing-masing. Hanya dua orang yang akan kembali ke Jakarta dan tetap dengan alat transportasi mereka yang utama yaitu SEPEDA!”

“Selamat Tinggal BluXpit2014 selamat datang BluXpit2015”

Senyum dan tawa itu akan terus berkembang

Senyum dan tawa itu akan terus berkembang

+++

Pelepasan BluXpit2014 di Bandung dapat dinikmati di Youtube.

TV Jogja sendiri menyiarkan acara ini melalui liputan gowes S3Gama, komunitas sepeda UGM yang diserahi untuk menangani acara BluXpit2014 tahun ini.

Salut dengan mas @Bagus Gowes yang selama mengikuti berbagai event sepeda tetap setia dengan sepeda produk Indonesia Polygon Heist, sepeda Indonesia yang bersaing di LN karena kualitas. Ironisnya di negeri sendiri kalah bersaing dengan merk terkenal, karena orang Indonesia membeli sepeda karena merk bukan karena kualitas.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s