Jogja Kota Sepeda

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

Sego segawe (sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe) atau sepeda untuk bersekolah dan untuk bekerja sangat terkenal sejak didenyutkan pada tahun 2008 dan dikumandangkan lagi oleh mantan Walikota tercinta Jogja, bapak Sego Segawe Herry Zudianto, pada tanggal 27 Oktober 2013 dalam sebuah Sumpah Sepeda “Sego Segawe”. Pada 11-14 Desember 2014 lalu kelompok goweser UGM mencoba kembali menghidupkan denyut sepeda di kota Jogja, mereka ingin menunjukkan bahwa Jogja kota sepeda memang masih eksis sampai sekarang dengan cara menempuh perjalanan Bandung Jogja sejauh 400 km. Berbagai sepeda mewarnai acara itu, baik sepeda Polygon produk dalam negeri, maupun sepeda asing (BMC, Pinarello, Specialized dll)

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

Acara para pesepeda alumni UGM itu disebut dengan nama yang agak asing di telinga yaitu BluXpit, padahal nama itu sebenarnya adalah hasil usulan dari beberapa anggota alumni UGM yang ingin menyandingkan kata kampus biru (blu) dan kata sepeda atau “pit”, sehingga jadilah gabungan nama itu sebagai bluXpit.

Ternyata dari peserta terdaftar sebanyak 130 orang pesepeda, masih muncul lagi peserta dadakan sebagai panitia penyambut, baik dari alumni UGM maupun dari beberapa daerah yang ingin agar sepeda kembali lagi mewarnai kota Jogja di sepanjang hari. Komunitas sepeda di Jogja memang sangat beragam, baik dari jenis sepedanya (MTB, Roadbike, Seli dll), lokasi komunitasnya maupun dari kesamaan minatnya. Baik dari merk dalam negeri (Polygon dll) maupun luar negeri (Wilier dll).

Kegiatan sepeda di Jogja makin meriah karena adanya beberapa wirausahawan yang ikut memeriahkan keramaian sepeda dengan produk kaos sepeda mereka masing-masing. Yang dijual sebenarnya bukan kaosnya, tapi kata-kata yang terpampang pada kaos itu. kata-kata yang lucu atau serius tapi plesetan dari kata-kata yang umum, membuat kaos itu selalu menarik untuk dibeli.

Hari Sabtu, 3 Januari 2014, beberapa komunitas sepeda dari Jogja yang ikut acara BluXpit Bandung-Jogja rupanya masih terkenang dengan kenangan yang sangat berkesan saat mengikuti acara BluXpit dan kemudian secara spontan membuat kegiatan untuk berkumpul kembali.

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

Kegiatan itu awalnya untuk menghormati para pesepeda yang sengaja naik SELI (sepeda lipat) untuk mengikuti even BluXpit Bandung-Jogja, tapi pada kenyataannya para pesepeda yang tidak naik seli ikut serta memeriahkan acara itu. Grup WA (Whatsapp) BluXpit yang tadinya dipakai untuk komunikasi antar seluruh peserta dengan panitia, akhirnya menjadi ajang untuk saling curhat dan merencanakan rute gowes ke depan. Sebagian besar anggota WA secara susul menyusul saling menyatakan siap mengawal pesepeda SELI ke arah Kaliurang, pada hari Sabtu 3 Januari 2015.

Acara ini tanpa panitia, tetapi karena aku yang memulai ajakan, maka akupun harus menyediakan sebuah mobil pick-up untuk jaga-jaga, barangkali ada yang ban gembos di jalan. Memang sebuah acara kalau merupakan ide spontan dari beberapa anggota komunitas, gaungnya jadi sangat kuat. Begitu kuatnya gaung itu, sehingga banyak sekali pesepeda Jogja dari komunitas lain yang ikut tertarik untuk mendaftar acara tersebut.

Acara kembali berkembang karena beberapa peserta menyatakan hanya akan mengawal sampai warijo (warung ijo) saja, sementara peserta lainnya kebanyakan tetap menuju kaliurang.

Sebagian peserta memang bukan pesepeda profesional, baik dari gender maupun dari usia, sehingga akhirnya disepakati ada yang tetap menuju kaliurang dan sebagian kecil hanya sampai di warijo dan sebagian kecil lagi minta loading menuju ke kaliurang.

Rute terakhir yang diusulkan adalah sebagai berikut :

1. Start : Taman Kuliner Condongcatur (di depan warung MieSehati)
2. Regrouping di Jakal, Kampus UII.
3. Warijo (Warung Ijo)
4. Kaliurang
5. Taman kuliner (Finish)

Berangkat pada pukul 6:00 atau paling lambat pukul 6:30, agar bisa menikmati udara yang bersih dan segar. Balik ke Taman Kuliner lagi sekitar jam 8:30 dan kumpul bersama untuk sarapan sambil berbagi cerita.

Semoga sukses acara spontanitas ini, semoga Jogja kembali jadi kota sepeda yang lebih ramah lingkungan. Jogja Kota Sepeda #JKS15.

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

#JKS15 Jogja Kota Sepeda

+++

Ikrar Sepeda

1. Kami pesepedaYogyakarta kembali bangkit bersama untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi pilihan.
2. Kami pesepeda Yogyakarta selalu menjunjung tinggi toleransi antar pesepeda demi tercipta dalam keselarasan seni budaya.
3. SEGO SEGAWE telah menjadi spirit yang sesungguhnya.
4. Bersepeda menjadi tolak ukur peradaban yang bermanfaat untuk bangsa dan Negara.
5. Mengembalikan, mengajak, dan menjaga Yogyakarta kembali bersepeda untuk semakin istimewa.
6. Melestarikan, membangun, mengisi mengkoreksi Yogyakarta dengan cara sederhana bersepeda.
7. Tercipta keserasian, kebersamaan tinggi dalam berbagai elemen masyarakat berbudaya dalam kebangkitan SEGO SEGAWE

Yogyakarta, Minggu 27 Oktober 2013

Pesepeda Daerah Istimewa Yogyakarta

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s