BluXpit Seli


Di Jogja terdapat beberapa komunitas seli, salah satunya sering terlihat mangkal di bunderan UGM dekat RS Panti Rapih. Setiap Minggu pagi, mereka terlihat bergerombol bercanda ria di lokasi itu. Kali ini BluXpit, kegiatan bersepeda yang dimotori oleh beberapa alumni UGM, mencoba memberi penghargaan pada semua pesepeda seli Jogja dengan cara membuat kegiatan bertajuk “BluXpit Seli”.

Penghargaan diberikan karena ternyata beberapa penggemar sepeda lipat telah ikut berpartisipasi aktif dalam acara 65th UGM yaitu BluXpit Bandung Jogja 400 km. Mereka, para pemilik seli (sepeda lipat), sangat antusias dalam memeriahkan rute Bandung-Jogja dengan mengayuh seli mereka dan tidak terpengaruh oleh berbagai jenis sepeda yang ikut dalam acara itu. Berbagai macam merk sepeda memang mewakili keberagaman para pesepeda peserta BluXpit Bandung Jogja 400 km.

BluXpit Seli 2015

BluXpit Seli 2015

Meski pesepeda RB (road bike) kebanyakan finish paling depan, tetapi sepeda jenis lain juga tetap konsisten mengikuti acara meskipun finish di kelompok belakang. Road Captain kerlompok paling lambat memang dipegang oleh pesepeda yang memakai MTB agar peserta kelompok ini tetap dalam sebuah kesatuan kecepatan yang stabil dan tidak terprofokasi untuk menyalip kelompok di depannya.

Kelompok pesepeda lipat, biasanya menyelip di antara para pesepeda roda besar, tapi tetap dengan semangat pantang menyerah. Mereka tetap enjoy mengayuh pedal seli dan tidak kalah semangat dibanding para pesepeda lainnya, bahkan saat sepeda model lain sudah mulai melambat, mereka tetap konsisten dengan kecepatannya.

BluXpit Seli 2015

BluXpit Seli 2015

Tanggal 3 Januari 2015, acara BluXpit Seli akan digelar dengan rute Taman Kuliner-Warung Ijo-Kaliurang pulang pergi. Ini nuansanya seperti acara liburan bersama sepeda kesayangan. Kelompok pesepeda seli akan dikawal menuju lokasi wisata Kaliurang Jogja setelah regrouping di warung ijo Pakem.

Kaliurang yang berudara segar, memang merupakan tujuan banyak pesepeda yang setiap hari libur selalu memenuhi lokasi dengan aneka model sepeda dari berbagai komunitas. Biasanya mereka akan berkelompok sesuai komunitas masing-masing, tapi kali ini BluXpit Seli akan membaurkan berbagai kelompok pesepeda itu dalam suartu rangkaian acara yang tidak lagi membedakan jenis sepeda.

Kalau biasanya kelompok dari komunitas MTB berbaur dengan para pesepeda yang memakai MTB, kelompok RB dengan pesepeda yang memakai RB, kelompok SELI bergabung dengan kelompok SELI, maka kali ini semua kelompok itu akan berbaur menjadi satu dalam tajuk acara BluXpit Seli 2015. Jadi suasananya sama dengan suasana acara BluXpit 2014 Bandung Jogja 400 km yang lalu.

Kelompok berbagai sepeda itu akan start jam 06:00 dari Taman Kuliner Condongcatur dan langsung regrouping di Warung Ijo (Warijo) Pakem, tempat nongkrong para goweser Jogja, dan kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke tempat wisata Kaliurang. Acara bluXpit Seli ini akan finish di Taman Kuliner Condongcatur untuk sarapan ala Taman Kuliner.

Sifat acara ini pada dasarnya hanya spontanitas untuk fun saja, tapi karena banyaknya peserta yang tertarik, maka BluXpit akan meminta bantuan tim penyapu jalan dari sponsor untuk ikut mengawal acara ini dengan kendaraan angkut sepeda, sehingga yang bermasalah dengan sepeda akan di”loading” dan diantar ke lokasi wisata Kaliurang. Diharapkan semua peserta acara gratis ini dapat menikmati sarapan ala kadatnya di lokasi start/finish Taman Kuliner Condongcatur. Silahkan memakai sepeda Polygon, BMC, Specialized, Bike Friday, Pinarello, Wilier, Mosso atau sepeda merk apa saja, untuk ikut acara ini.

BluXpit Seli 2015

BluXpit Seli 2015

Acara BluXpit Seli ini diharapkan juga bisa menggemakan kembali semangat Jogja Kota Sepeda (JKS) seperti saat meriahnya Jogja dengan slogan Sego Segawe. Salam sehati.

 

9 komentar

  • Good Top markotob.
    …..btw klo mo cp sm sp y n almt skretariat alias posko dmn y tq mturnwun

    Disukai oleh 1 orang

    • Mas @Budiyanto

      Sebaiknya kalau mau kontak BluXpit Seli dengan mas Mitrabani
      Kalau mau GamaSeli (Gaseli) dengan pak Mayong
      bisa kirim email dulu ke eko.eshape@gmail.com untuk saya teruskan ke mereka

      Tks

      Suka

  • Ping-balik: Gowes Kuliner | Blogger Goweser Jogja

  • Ping-balik: Bike Friday | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Gowes dalam Hujan | Bersepeda itu indah

  • Ping-balik: Syukuran BluXpit di Taman Kuliner | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Syukuran Goweser BluXpit | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • wah mantap sukses terus pak josh nih…

    Suka

    • terima kasih
      sukses buat kita bersama

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s