Menu sarapan pagi sehat

Pisang mengandung potasium atau kalium

Sebagian besar orang yang kukenal, paham kalau sarapan pagi adalah energi dasar untuk beraktifitas sepanjang hari. Sepertiga energi bisa dipenuhi dengan sarapan yang sehat dan sebagian besar keluhan harian bisa tidak muncul, bila kita telah sarapan dengan benar dan sehat. Namun banyak yang menganggap kalau menu sarapan pagi yang sehat pasti tidak nikmat, sedangkan menu makan yang lezat pasti tidak sehat.

Bisa jadi pendapat ini benar, tapi bisa juga tidak benar, karena masih banyak ditemukan menu sarapan pagi sehat yang juga nikmat. Marilah kita lihat menu sarapan pagi sehat yang mudah dibuat serta baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. Buah pisang, inilah buah yang kaya karbohidrat dan disajikan dalam bentuk apapun akan nikmat rasanya, serta luar biasa khasiatnya. Buah ini juga mengandung Potasium, yang secara alami membuat tekanan darah kita menurun. Orang jawa menyebutnya “gedang” artinya “digeget bar madang” atau dimakan setelah sarapan.

Menu Sarapan Telor

Menu Sarapan Telor

2. Telur matang, sangat baik dikonsumsi pagi hari. Soal matang dan tidak matang, ada beberapa orang yang punya pendapat berbeda, tetapi semua sepakat bahwa telor matang itu pasti mengandung protein dan vitamin D yang cocok dikonsumsi pada pagi hari.  Selain itu, telor juga sangat mudah diolah disajikan menjadi makanan. Orang jawa bilang bahwa nasi goreng itu menjadi istimewa bila diberi telor 🙂

3. Aneka buah-buahan, mulai dari Semangka (mengandung Likopen), Melon (vitamin A dan C) sampai buah berserat stroberry (mengandung antioksidan, vitamin C, asam folat), sangat baik untuk membuat perut kita diberi asupan gizi yang memadai.

Sarapan buah

Sarapan buah

4. Minuman teh hangat atau kopi. Sebaiknya semua jenis minuman yang kita konsumsi di menu sarapan pagi, semuanya tidak memakai gula. Pakar Teh Indonesia, mas Bambang Laresolo, pernah bilang bahwa sebagus-bagusnya teh adalah minuman Teh tanpa gula dibanding teh dengan gula. Pakar kopi Indonesia juga pernah mengajariku untuk minum kopi langsung dari bijinya, bukan dari serbuk kopi yang sudah digiling dan diminum tanpa gula. Timbul pertanyaan dari para goweser yang ingin gowes jarak jauh. Mereka sudah kelaparan dan perlu energi untuk mengayuh sepedanya. Untuk kasus ini, yang kulihat adalah para goweser berbekal coklat, atau semacamnya, untuk mendapatkan energi yang semi instan. Mungkin sama dengan para pendaki gunung yang sering membawa makanan manis (ampyang) saat mereka mendaki.

Soal porsi makan pagi (breakfast), makan siang (lunch) dan makan malam (dinner), ada kalimat seperti ini :

“Eat Breakfast like a King, Lunch like a Queen & Dinner like a Beggar”
“Don’t skip breakfast!! It is our most important meal of the day!”

Kalimat lain ada juga yang mirip-mirip, tapi intinya adalah sarapan pagi itu penting dan harus (wajib), sementara makan malam itu sebaiknya jangan banyak-banyak, cukup makan seadanya saja, seperti pengemis yang tidak punya banyak makanan untuk malam hari. Toh makan malam itu hanya akan tertimbun di tubuh menjadi lemak saja, karena sehabis makan biasanya langsung tidur.

Sarapan pagi adalah modal dasar kita dalam beraktifitas setiap hari, sebaiknya diperhatikan benar asupan gizinya. Pilih makanan yang mengandung asupan energi sebagai modal dasar aktifitas. Tanpa modal dasar yang mencukupi, maka tubuh akan kekurangan asupan, sehingga badan kita akan menjadi tidak imbang antara pemasukan kalori dengan pembakaran kalori. Tubuh memang masih kuat saat muda, tetapi pada masa tuanya akan muncul banyak masalah.

Pisang mengandung potasium atau kalium

Pisang mengandung potasium atau kalium

Aku bukan dokter gizi, mungkin cerita ini akan lebih bermakna kalau disampaikan oleh para ahli gizi. Sayangnya tidak banyak ahli gizi yang kukenal, jadi mohon masukan siapa saja, terutama ahli gizi, untuk memberi masukan tentang menu makan pagi yang sehat dan cocok untuk semua orang, baik olah ragawan maupun non olahragawan tapi tetap ingin hidup sehat !:-)

 

15 komentar

  • jadi sehat ya kalo minum teh di pagi hari
    boleh dicoba kalo sudah bosen sama susu

    Suka

    • yup 🙂
      salam sehat !

      Suka

  • Ping-balik: Pikiran, Tubuh dan Jiwa | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Komunitas Pelestari Hutan | Bersepeda itu indah

  • Ping-balik: Go Green Mangunan | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • kalau yg dari kecil sampai besar tidak terbiasa sarapan itu gimana pak?
    apakah istilah sarapan itu sama dengan raja

    Suka

    • Kalau dari kecil sudah terbiasa tidak sarapan, mungkin lebih baik dibiasakan sarapan sejak sekarang (IMHO)
      Istilah sarapan sama dengan raja, itu maksudnya sat pagi kita seperti RAJA, jadi mau makan apa saja sesuai mau kita, yang penting sehat…
      Kalau makan malam, tidak usah banyak-banyak, seperti seorang pengemis yang mungkin tidak makan saat malam ….

      Salam sehati

      Suka

  • teh dan kopi bukannya mengandung tanin mas? lebih sehat susu bukan?

    Suka

    • susu jelas lebih sehat
      terima kasih masukannya

      salam sehat
      +++
      Pada umumnya, semua jenis teh memiliki satu persamaan yakni semuanya memiliki kandungan antioksidan bernama catechins
      +++
      Minum kopi dalam jumlah yang wajar ternyata dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes serta kanker prostat. Ini dikarenakan, kopi mengandung kafein serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal penyakit tersebut

      Suka

      • iya sih, kalo habis minum teh rasanya tenaaaannngggg hihi, kalo habis minum kopi rasanya melek deh, hehehe.
        emmm tapi gimana sama kandungan tanin di dalam teh dan kopi, mas?

        Suka

        • Kandungan TANIN dalam teh/kopi ?
          Aku kurang referensi untuk masalah ini.

          +++
          Tanin yang terkandung dalam minuman seperti teh, kopi, anggur, dan bir memberikan aroma dan rasa sedap yang khas. Bahan kunyahan seperti gambir (salah satu campuran makan sirih) memanfaatkan tanin yang terkandung di dalamnya untuk memberikan rasa kelat ketika makan sirih. Sifat pengelat atau pengerut (astringensia) itu sendiri menjadikan banyak tumbuhan yang mengandung tanin dijadikan sebagai bahan obat-obatan
          +++
          Dibalik kelebihan teh yg sudah disebutkan, sebenarnya ada salah satu kandungan dalam teh yang memberikan efek kurang baik pada kesehatan yakni zat tanin. Tanin inilah yang memberikan cita rasa yang khas terhadap teh tersebut yaitu rasa yang sedikit sepat. Sayangnya zat ini berperan dalam pengurangan daya serap zat besi (Iron/Fe). Selain itu, tanin diketahui dapat berikatan dengan protein dan mineral sehingga protein dan mineral menjadi tidak dapat digunakan oleh tubuh. Dari suatu penelitian di Amerika minum teh dapat mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebanyak 64 % . Padahal zat besi ini berguna untuk pembentukan sel darah merah. Akibatnya dapat terjadi kondisi anemia.!..
          Namun berita baiknya adalah bahwa minum teh jika diimbangi dengan konsumsi makanan yang gizinya seimbang tidak akan menyebabkan masalah terhadap kesehatan.
          +++

          Silahkan ditambahi lagi atau dikurangi.
          Tks

          Salam

          Disukai oleh 1 orang

          • Wuihhh maacih penjelasannya mas.. Saya malah baru tahu loh hihi..
            Waktu itu sempat ada yg bilang sama saya kalo abis minum obat jangan minum teh karena mengandung tanin. Katanya tanin dalam teh bisa mengikat zat gizi, jadi nanti zat gizinya langsung terikat dan terbuang tanpa di proses dulu di dalam tubuh. Katanya sih gitu hehe.. mohon koreksi kalo salah, mas 🙂

            Suka

  • 🙂

    Suka

  • sangat bagus untuk di konsumsi

    Suka

    • yes !:-)

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s