Hutan Wisata Wanagama

Heister alias Heist user

Gowes MTB kali ini mengambil obyek wisata alam Hutan Wanagama. Sebuah lokasi yang pernah disapa oleh Pangeran Charles, ketika saat itu masih menjadi pujaan seluruh dunia. Bukan hanya karena keindahan dan kesegaran alamnya yang membuat Pangeran Charles berkunjung ke Hutan Wisata Wanagama, tapi ada satu sosok pecinta lingkungan yang membuat semua orang menjura hormat pada beliau dan ingin melihat karya nyata beliau di kehidupan nyata. Saat ini, bila melihat kondisinya, pasti banyak yang tidak pernah mengira kalau lahan hutan yang asri ini dulunya adalah lahan kritis yang gersang tandus, karena adanya penebangan hutan secara liar.

Prof. Oemi Hani’in Suseno, peraih Kalpataru, membuat hutan Wisata Wanagama yang tadinya tandus, kering kerontang tersebut, menjadi daerah tujuan wisata yang sejuk dan segar, penuh dengan pepohonan hijau. Semua diawali di tahun 1964 dari dana pribadi yang membuat masyarakat pecinta lingkungan terpukau oleh semangatnya dan akhirnya terwujudlah sebuah lokasi Hutan Wisata Wanagama.

Rute yang disediakan kali ini bisa dipilih sesuai keinginan para goweser. Jarak pendek atau jarak menengah bukan halangan untuk memilihnya. Bagi yang membawa keluarga dan tidak membawa sepeda, bisa menunggu yang sedang asyik bersepeda di sebuah tempat yang juga menarik yaitu “waterbyur” ataupun air terjun Wanagama.

Hutan Wisata Wanagama

Hutan Wisata Wanagama

Malam hari juga disediakan acara barbeque atau bisa juga dipilih acara jurit malam, jalan kaki ataupun naik sepeda. Semua ada di Wanagama. Pengunjung akan dimanjakan oleh para penggiat lingkungan dari Wanagama.

Sebaiknya memang ada acara menginap di hutan Wanagama ini, karena pengunjung akan menikmati suasana yang sangat berbeda dengan suasana kota yang hingar bingar. Ini adalah kemah sepeda (bike camp) yang tidak harus tidur di tenda. Semuanya sudah tersedia di lokasi dengan nuansa alam dan bukan nuansa hotel di kota.

Bagi yang ingin lebih alami, mungkin bisa juga tetap membawa kantong tidur dan langsung tidur di lokasi yang diinginkan, tapi bagi yang terbiasa dengan suasana rumah, maka tuan rumah sudah menyiapkan segalanya. Acara bakar ikan atau bakar sate, pasti akan menjadi lebih nikmat di udara terbuka dan tidak dibakarkan oleh orang lain. Walaupun gosong, kalau hasil bakaran sendiri rasanya tetap nikmat, meskipun mungkin tidak maknyus 🙂

Bagi yang ahli masak atau suka memasak di alam terbuka, inilah sorganya. Diterangi bintang di langit dan dingin alam hutan, pasti akan membuat suasana sangat cocok untuk makan malam sambil melepas pikiran pekerjaan. Pulang ke Jogja atau ke manapun, badan akan menjadi lebih fresh, pikiran lebih jernih dan kesehatan semakin terjaga.

Go Green Wanagama 4-5 April 2015

Go Green Wanagama 4-5 April 2015

Beberapa goweser S3Gama, pernah mengunjungi lokasi ini dengan cara langsung dipacu dari Jogja, dengan jarak sekitar 40 km dan kemudian menginap seperti wisatawan lainnya yang biasanya datang dengan mobil dan baru bersepeda pada malam hari dan pagi hari dengan sepeda MTB.

Untuk menuju lokasi ini, biasanya berpatokan pada rest area Bunder yang terletak di Gading. Papan petunjuk akan sangat mudah dikenali dan diikuti. Tulisan Wanagama akan menuntun kita menuju lokasi yang memang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada. Inilah saatnya memanasi sepeda MTB yang mungkin sedikit terpinggirkan oleh mereka yang suka memakai sepeda balap di ajang gowesnya. Road Bike (RB) memang sangat nyaman dikayuh dari Jogja menuju rest area Bunder Gading, tapi akan mengalami kendala bila ingin fokus gowes di hutan Wisata Wanagama, karena medannya memang untuk sepeda MTB (Mountain Bike).

Kali ini aku memakai Polygon Heist 5 untuk bersepeda di Hutan Wisata Wanagama. Rombongan BluXpit akan dibagi dua klotter, yaitu klotter hari Sabtu dan hari Minggu. Ada yang langsung gowes dari Blok “O” Jogja, dipimpin olah Road Captain Dab JokSum dan ada yang naik mobil dulu menuju lokasi dan baru hari Minggu mulai mengayuh sepedanya. Klotter hari Minggu akan langsung menuju lokasi dan acara gowes akan dimulai pada jam 07:00 pagi. Komandan Hatma akan memimpin acara ini dengan segala keramahan ala hutan Wisata Wanagama.

 

Heister alias Heist user

Heister alias Heist user

6 komentar

  • mantap banget ini infonya 🙂 , termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan 🙂

    Suka

    • siap gan 🙂

      Suka

  • Ping-balik: BluXpit menaklukan Hutan Wanagama | Bluxpit

  • Ping-balik: Gowes Wanagama | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • asyik banget kayaknya. kalau kopdar biasa dimana dab?

    Suka

    • Salam

      Kita biasa kopdar di hari Minggu pagi untuk wisata kuliner (gowes kurcaci), kumpulnya di Gelanggang Mahasiswa UGM

      Salam dab 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s