Jogja Gowes

Jogja Gowes Kopdar perdana

Ada sebuah halaman FB (facebook) baru yang langsung melejit anggotanya, itulah FB Jogja Gowes. Halaman ini melengkapi beberapa halaman senada yang bertebaran di Jogja, mulai dari Gowes Bantul, Gowes Kulon Progo maupun Gowes grup yang lain. Anggota grup ini bertebaran di berbagai pelosok kota Jogja dan juga dari luar kota Jogja yang masih kangen kota Jogja. Sepeda yang mereka pakai juga bermacam ragamnya, mulai dari Sepeda Lipat, sepeda balap, MTB maupun jenis sepeda yang lain.

Personil gowesernya juga dari berbagai kelas, mulai dari yang hobi gowes kota-kota, gowes yang harus nanjak, maupun gowes jarak jauh, semuanya kumpul di halaman FB Jogja Gowes.

Goweser Sepeda kota

Goweser Sepeda kota

Mas Yuda penggagas halaman FB itu memang bercita-cita untuk menyatukan semua pesepeda Jogja, agar kejayaan Sego Segawe di beberapa tahun lagi kembali mengeliat. Hampir setiap hari aku menerima pendaftaran anggota baru halaman itu, mulai dari pagi subuh sampai menjelang tidur, selalu saja ada yang mendaftar masuk.

Minggu ini akan ada acara kopdar pertama grup Jogja Gowes dan itu akan menjadi saksi kebangkitan persatuan pesepeda Jogja untuk mewujudkan Jogja sebagai kota sepeda. Sudah lama kendaraan bermotor membuat Jogja menjadi penuh sesak dengan polusi dan sudah saatnya mengembalikan kejayaan angkutan ramah lingkungan di Jogja. Mas Bagus, aktifis Gowes Jogja, hampir kemana-mana selalu mempergunakan sarana sepeda untuk menjalankan aktifitasnya di Jogja.

Blusukan Jogja Gowes

Blusukan Jogja Gowes

Pola hidup sehat semakin membuat pesepeda bersemangat untuk menuju hidup yang lebih sehat dan olah raga yang murah meriah adalah jalan kaki atau bersepeda. Memang jadi mahal kalau harus memakai asesoris olah raga yang bermerk atau berstatus tertentu. Harga sebuah celana renang bisa membuat kantong tipis, demikian juga harga sebuah sepeda bermerk, bisa lebih mahal dari sepeda motor.

“Orang Indonesia sering membeli merk sepeda daripada membeli sepeda bermutu. Lihat saja larisnya sepeda merk BMC, Giant dll di Indonesia, sementara di luar negeri, pesepeda membeli Polygon karena kualitasnya”, begitu yang pernah kudengar dari seorang pesepeda yang membeli sepeda buatan dalam negeri.

Di beberapa komunitas sepeda yang kuikuti, kebanyakan juga memakai sepeda bermerk, begitu juga aku. Bagi teman-temanku membeli sepeda bermerk memang menaikkan gengsinya, sedangkan aku membeli sepeda bermerk, karena sepeda bekas yang murah adalah sepeda bermerk.

Kalau sepeda baru, aku tetap membeli merk lokal saja. Polygon Heist 5 !

Kalau kita mampir di FB Jogja Gowes, maka saat ini yang muncul adalah tulisan tentang Kopdar perdana FB Jogja Gowes. Mas Yuda dan beberapa teman penggagas ide kopdar ini, ingin menyambut datangnya bulan puasa yang membuat acara gowes sedikit berubah rute maupun waktunya dan merencanakan sebuah kopdar besar yang diikuti oleh berbagai komunitas sepeda di Jogja. Peserta Kopdar bisa dari pesepeda yang biasa gowes kota-kota maupun yang biasa gowes jarak jauh.

Nglekar di Jalan itu halal

Nglekar di Jalan itu halal

Silahkan simak beritanya di bawah ini :

+++

Kopdar Perdana FB JOGJA GOWES, Gowes Sehat Sambil Berwisata di Pantai Goa Cemara yang rindang dan keren.
Tujuan acara mengkampanyekan Jogja Kota Sepeda dan menambah silaturahmi persahabatan sesama goweser Jogja
Acara : Minggu, 7 Juni 2015. Kumpul 05.45 dan Start Meluncur 06.00 WIB di Titik Nol Malioboro (Patung Gadjah). Terbuka untuk umum Gratis.

Titik Kumpul 1 : Titik Nol Jogja
Titik Kumpul 2 : PASTY Dongkelan
Titik Kumpul 3 : Jembatan Srandakan

Jarak dari Titik Nol Jogja ke Pantai Goa Cemara : +- 36 km.
Sebisa mungkin menuju lokasi kita melalui jalur dalam (blusukan). Jalur dapat dilalui oleh semua jenis sepeda. Silahkan membawa bekal sendiri-sendiri. Taati rambu lalu lintas untuk keselamatan.

Ayo kita kampanyekan Jogja sebagai JOGJA KOTA SEPEDA. Kota yang ramah dan nyeman buat pesepeda, ikut kontribusi mengurangi polusi dan menjadikan Jogja Kota Wisata Sepeda. Kita mulai dari Group ini.

Salam Gowes Sehat!
JOGJAGO #1

Jogja Gowes Kopdar perdana

Jogja Gowes Kopdar perdana

+++

Sumber gambar : FB Jogja Gowes

7 komentar

  • Semakin banyak orang tertarik untuk ngegowes sekarang, jadi tambah banyak komunitas pesepedanya ya…termasuk yang di Jogja. Dampak dari kesadaran akan kesehatan nampaknya.

    Suka

    • menyewakan mobil ya mas ?
      semoga laris 🙂

      Suka

  • Ping-balik: Gowes Puasa | Jogja Gowes

  • Siapa bilang produk dalam negri lebih murah? Dan orang bangga pake merk bmc? Giant?.. Polygon itu mahal om.. Untuk kelas am fullbike nya 34 juta, frame only 12 juta.. Kita pake merk luar bukan berarti ga suka produk dalam negri.. Kita kebetulan aja dapat merk luar negri dengan harga murah.. Kalo polygon ada yg murah ya kita beli.. Polygon jarang ada sekennya..

    Suka

    • Aku juga pakai RB merk LN mas, kebetulan dapat yang seken.
      Yang dalam negeri aku juga punya baru, tapi yang kelas murah, bukan yang kelas mahal.
      Makasih masukannya.

      Buat teman yang lain :
      Pilihlah sepeda sesuai kebutuhan, jangan berdasar keinginan atau gengsi 🙂

      Suka

  • insyallah meramaikan.. masih bingung mau ikutan kopdar atau ngejar badges lari strava 21k, hehe.. 😀

    Suka

    • Dua-duanya menarik mas Bagus 🙂
      Pilh yang paling gampang dilaksanakan saja, sunahnya kan begitu 🙂

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s