Gowes 1 Mei “Cycling Through Memories”


KMTS Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UGM mengadakan acara menarik tahun ini, Gowes 1 Mei “Cycling Through Memories”. Pasti ini akan mengundang banyak alumni datang untuk bernostalgia, acara sepedaan hanya sebagai ajang bersilaturahmi. Bukan pertemuan para atlit sepeda, tapi bertemunya alumni yang tidak anti oleh raga.

Masih sering kita dengar alumni yang sehat maupun yang sepuh, cenderung menggunakan teknologi atau kegiatan non olah raga untuk menjaga kesehatannya. Masih bisa dipahami kalau pendapat itu hanya sebagai selingan kegiatan rutin olah raganya, tapi kalau tidak berolah raga dan ingin sehat kayaknya kok seribu satu yang bisa dan berhasil.

Aku jadi teringat waktu mengadakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan berdiskusi dengan penyumbang tempat ibadah terbesar di kampung. Sebagai salah satu pemuka desa, maka ada kewajiban untuk meminta pendapatnya tentang desa yang dipakai ajang KKN. Pembicaraanpun akhirnya mengarah pada tempat ibadah yang didirikannya.

“Kenapa bapak bangun tempat ibadah yang cantik dan bersih di kampung ini?”

“Kok hal itu ditanyakan, itu kan masalah pribadi?”

“Ya kami tanyakan, siapa tahu ada yang mencontoh bapak dan ikutan membuat tempat ibadah yang secantik sumbangan bapak”

Bapak itu rupanya tetua kampung yang tidak berniat mencalonkan dirinya sebagai lurah, tapi mendirikan tempat ibadah, murni karena niatnya ingin beramal. Kesimpulan terakhir adalah, “tidak perlu beribadah lagi, karena sudah didoakan banyak orang yang beribadah di tempat ibadahnya!”

Cycling Through Memories

Kegiatan Gowes 1 Mei “Cycling Through Memories” ini tentunya diharapkan diikuti oleh mereka yang terlibat dalam donasi kegiatan ini, tidak hanya nyumbang dan kemudian ikut sehat 🙂

Sebagai alumni KMTS, aku tentu menunggu datangnya kegiatan ini. Seperti tahun-tahun lalu, bercengkerama dengan mahasiswa selalu penuh keceriaan. Ikut merasa muda dan ikut merasakan keceriaan ala mahasiswa masa kini.

Bagi S3Gama, salah satu komunitas UGM yang anggotanya mayoritas alumni yang sudah sepuh, kegiatan ini merupakan selingan kegiatan rutin mereka setiap minggu. Biasanya setiap hari Sabtu, S3Gama punya kegiatan rutin bersepeda jarak jauh, minimal di atas 50 km, bahkan sampai beratus-ratus km.

Untuk kegiatan hari Minggu, S3Gama memilih kegiatan santai dan kuliner. Menempuh jarak sekitar 20 km, mencari warung yang enak untuk ngobrol dan bercanda ria sampai puas. Pulangnya mereka mengayuh lagi sepedanya, tergantung keinginan masing-masing. Ada yang langsung pulang, karena punya agenda kegiatan yang lain, atau melanjutkan gowesannya sampai tercapai kepuasannya.

Cycling Through Memories

Kegiatan Gowes di Teknik Sipil UGM memang sudah lama kuikuti, sejak pertama kali kenal kegiatan gowes alumni, maka gowes Minggu jarak pendek sudah menjadi pilihanku. Saat itu, jarak 10 km masih terasa sangat berat. Berat badanku yang 80 kg ke atas dan sepedaku yang 15 kg ke atas membuatku mengayuh sepeda dengan penuh “effort”. Kala itu belum mengenal Endomondo, apalagi Strava, sehingga catatan kegiatan olah ragaku belum terarsipkan dengan baik.

Sekarang saat berat badanku sudah di bawah 70 kg dan sudah ada aplikasi Endomondo plus strava sebagai asisten kesehatan pribadiku, aku malah jarang bersepeda lagi bersama komunitas S3Gama. Kuperhatikan kawan lamaku juga mulai ada yang meninggalkan rutinitas gowes Minggu pagi, dengan alasan masing-masing.

Ada yang sudah mulai merasa gowes minggu pagi kurang mendapat keringat, ada ajakan lain yang lebih menarik dan lain-lain. Aku sendiri sejak pensiun memang malah jarang ke Jogja, sehingga otomatis tidak bisa ikut kegiatan Gowes Minggu S3Gama.

Kali ini aku musti menyempatkan diri ke Jogja untuk ikut acara Gowes 1 Mei “Cycling Through Memories”.

S3Gama

 

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s