Gowes Pokemon Go

Scyther Pokémon tipe Bug/Flying

Akhirnya aku menulis juga tentang PokeMon Go. Itu terjadi setelah aku install PokeMon Go di ponsel dan tidak juga “mudeng” (paham) dengan aktor (karakter) yang ada di dalam Game itu. Jadi aku sekedar ikut-ikut bermain PokeMon Go di sela-sela kegiatanku lari (jalan cepat) dan bersepeda, jadilah tulisanku ini kuberi judul “Gowes Pokemon Go“. Sambil bersepeda mencari makhluk-makhluk yang ada dalam PokeMon Go.

Kalau dicari nilai negatip dari game PokeMon Go, maka akan banyak ibu-ibu atau aturan-aturan dari institusi yang memberikan masukannya. Mereka akan menunjukkan bukti nyata betapa berbahayanya bermain PokeMon di jalan raya atau di lingkungan institusi tertentu. Harus diakui memang, banyak bukti telah menunjukkan para pemain pokemon yang begitu asyik main sehingga lupa dengan situasi dan kondisi tempat dia bermain. Namun banyak juga bukti yang berasal dari “semacam” hoax, karena ketertakutannya mereka pada PokeMon 🙂

Begitu aplikasi PokeMon Go dihidupkan, akan muncul peringatan dari Niantic The PokeMon Company “remember to be alert at all times, stay aware of syour surroundings” agar kita selalu waspada setiap saat, tetap sadar lingkungan ketika sedang bermain.

loading-pokemon

loading-pokemon

Dari tampilan awal ini kita langsung mafhum bahwa game ini punya risiko bahaya yang cukup tinggi. Namun harus dimengerti juga jenis bahayanya, jangan kemudian muncul ketakutan akan bahaya radiasi atau bahaya tercurinya data tertentu di lokasi yang dikunjungi atau hoax-hoax lainnya yang justru makin menggelikan bagi pemakai game Pokemon Go.

Bahaya yang jelas-jelas bukan hoax misalnya adalah masuk ke lobang jalan, tertabrak pemakai jalan yang lain atau bahaya yang semacam itu. Jadi itu sebabnya Niantic The PokeMon Company mengeluarkan peringatan di awal loading aplikasi PokeMon Go, agar kita selalu memperhatikan sekeliling kita, tidak asyik dengan dunia kecil game 🙂

Anakku yang pertama kali mengajakku untuk main game ini dan kemudian mas Nukman mengunggah pengalaman main game PokeMon Go yang ternyata mengayikkan untuk sarana berkumpul dan “bersentuhan” dengan keluarga. Sudah jamak sebuah keluarga yang berkumpul dan asyik dengan gadget masing-masing dan dengan adanya mainan ini, maka sebuah keluarga bisa asyik tetap berinteraksi meskipun masing-masing memegang gadgetnya.

Bagi yang sangat mengenal dunia PokeMon Go mungkin akan lebih bisa menikmati permainan ini, tapi yang tidak pernah main game tentu akan kesulitan mengenal karakter yang ada di aplikasi PokeMon Go. Mereka tidak memahami arti karakter api pokemon, begitu juga karakter yang lain.

Karakter type FIRE kuat melawan Steel, Bug, Ice, Grass dan lemah melawan Rock, Water dan Ground. Type WATER kuat terhadap Fire, Ground, Rock dan lemah terhadap Electric dan Grass.
Type GRASS kuat melawan Water, Ground, Rock dan lemah terhadap Fire, Ice, Poison, Flying, Bug.

Masih banyak lagi type yang harus diketahui dan bagi yang kurang mengenali type-type karakter PokeMon Go akan kesulitan saat menghadapi “pertempuran” di game. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan bagi yang ingin bermain PokeMon Go sambil berinteraksi seperti biasa dengan lingkungan sekitar, termasuk dengan keluarga kita ?

Scyther Pokémon tipe Bug/Flying

Scyther Pokémon tipe Bug/Flying

Aku sendiri mencoba merumuskan tips untuk tetap berolah raga lari (jalan cepat) atau Gowes sambil bermain PokeMon Go.

  1. Siapkan diri seperti biasanya ketika mau berolah raga.
  2. Mulai start aplikasi PokeMon Go (sound silence)
  3. Berhenti jika HP bergetar (tanda ada PokeMon muncul)
  4. Tangkap PokeMon dalam posisi berhenti (atau bergerak kalau sebagai penumpang)
  5. Berhenti di lokasi toko PokeMon (jika memungkinkan)
  6. Jangan bertempur jika masih berkendara (sebaiknya ngajak teman untuk memberi bantuan)

Tips ini mungkin terasa sangat tidak menantang bagi maniak Game PokeMon Go, tapi untuk pemula tentu sangat aman dan tetap dapat merasakan menikmati olah raga sambil main Game PokeMon Go.

Gowes PokeMon Go yuk !”

PokeMon Go eshapeeee

PokeMon Go eshapeeee

 

4 komentar

  • salam dari Sumber baru cikarang,
    mau berbagi informasi kunjungi website kami.
    http://www.sumberbarusepeda.com

    salam gowes

    Suka

    • ada pokeMon di sumber baru sepeda ya ?

      Suka

  • Sangat Bermanfaat,
    Salam Kenal Mas,
    Kalau ada waktu, gabung di Gowes Wisata Magelang ya,…
    monggo dikunjungi : http://goweswisata2016.blogspot.co.id
    atau youtube di : https://youtu.be/6dWZ4ORHWeA
    Terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    • Salam mas Atot

      Senang berkenalan dengan cah Magelang.
      Minggu depan saya akan menulis tentang rafting di sungai Elo (Magelang) 🙂

      Tks

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s