Komunitas S3 Gama

Gowes ceria dalam hujan

Sejak diresmikan pada tanggal 14 September 2010, komunitas S3 (sepeda sehat sipil) Gama terus aktif berkegiatan sepeda pagi di hari Minggu atau hari-hari libur tertentu. Komunitas S3 Gama ini dalam perkembangan kegiatan bersepeda makin lama anggotanya makin banyak dan makin beragam, sehingga arti S3 yang tadinya “sepeda sehat sipil” berubah menjadi “sepeda sehat semua”. Memang pada saat peresmian kelompok Sepeda Sehat Sipil (S3) Gama di STM Jetis, saat itu dilakukan oleh alumni yang menjabat Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, (alm) Koensatwanto Inpasihardjo, alumni angkatan 1970, hanya untuk kegiatan alumni Sipil saja, tapi pada perkembangannya memang jadi milik semua alumni UGM.

Peresmian S3Gama di STM Jetis

Peresmian S3Gama di STM Jetis

Kegiatan komunitas S3 Gama yang mulai diakui masyarakat dan UGM adalah kegiatan bersepeda jarak jauh dari Surabaya menuju UGM Jogjakarta, sekalian memperingati 64 tahun UGM. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 13-15 Desember ini menuai sukses dan terus diagendakan setiap tahun oleh UGM, meskipun panitianya selalu berganti-ganti.

Sebelum mengadakan kegiatan sepeda jarak jauh, komunitas S3 Gama sudah mencoba dulu dengan peserta terbatas mengadakan acara sepedaan ke luar pulau yaitu pada bulan Maret 2013 di pulau Bali. Dengan beragamnya anggota, mulai dari dosen, mahasiswa, maupun alumni, maka selera bersepeda masing-masing anggota berbeda-beda, sehingga disepakati secara tak tertulis dua macam rute yang berbeda.

Sabtu dipakai untuk acara sepedaan dengan rute jarak jauh dan minggu dipakai untuk rute kota-kota mencari kuliner gaya jogja, ngobrol ngalor ngidul, membayar secara patungan dan bubar sendiri-sendiri seusai sarapan bersama. Kegiatan ini terus berlangsung sampai kini, meskipun pesertanya sudah banyak berubah dibanding saat awal diadakannya acara sepedaan S3 Gama.

Mitrabani dan Rektor UGM Sudjarwadi

Mitrabani dan Rektor UGM Sudjarwadi

Pada awal kegiatannya, S3 Gama hampir identik dengan nama Mitrabani, alumni sipil UGM yang sangat aktif dalam kegiatan menyehatkan masyarakat dengan sepeda. Sosok Mitrabani yang sering travelling sambil menenteng sepeda ke berbagai kota di Indonesia, pada akhirnya sudah menurun kegiatannya di S3 Gama dan digantikan oleh sosok Munawar, seorang dosen sipil UGM yang merupakan teman satu kelas Mitrabani.

Munawar adalah sosok dosen yang divonis dokter untuk rajin berolah raga renang atau sepeda untuk menjaga kebugarannya dibanding dengan olah raga jalan kaki, yang malah akan melukai persendian di kakinya. Kondisi ini membuat Munawar rajin memberi contoh bersepeda kepada komunitas S3 Gama, sehingga biarpun yang datang hanya beberapa orang tetap ditemani bersepeda oleh Munawar.

MBR memimpin Gowes Surabaya Jogja

MBR memimpin Gowes Surabaya Jogja

Anggota S3 Gama memang sangat beragam. Ada S3Gama yang masih mahasiswa, ada yang dosen dan banyak yang sudah alumni dan tidak tinggal di Jogja. Setiap tahun kalau ada kegiatan Mudik, akan bermunc8ulan juga para alumni dan ini menjadi ide dari mahasiswa untuk mengadakan acatra menyambut alumni mudik Jogja. Kebetulan para alumni juga punya kegiatan serupa, sehingga terjadilah sinergi antara mereka.

Bagi pembaca yang punya pandangan lain tentang S3 Gama dan mau menambahkan atau mengkoreksi artikel ini, sangat dipersilahkan. Daya ingat dan daya tulis dari oenulis masih sangat terbatas. Bravo S3 Gama ! Salam sehat selalu sampai tua, seperti kata komunitas SESAT “sepeda sampai tua”.

Audax Surabaya Jogja 325 km

Audax Surabaya Jogja 325 km

 

3 komentar

  • Ping-balik: Gowes Reuni Sipil 2017 | Blogger Goweser Jogja

  • izin share ya

    Disukai oleh 1 orang

    • silahkan 🙂
      tks ya ….

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s