Seputar LTDJ 2017

RC LTDJ 2017

Banyak komentar sehabis acara LTDJ (le Tour De Jogja) 2017 yang sukses, semuanya membawa pulang kenangan manis meskipun waktu rute dijalani rasanya badan ini jadi “kewer-kewer” dan tenaga sudah habis-habisan. Salah satu peserta gowes yang baru mulai ikut gowes jarak jauh, saat mengikuti LTDJ ini, menulis komentarnya pada FB (facebook) tentang Seputar LTDJ 2017 yang benar-benar menyenangkan dengan speed 38-45 kmj. Sempat timbul pertanyaan dengan speednya yang sudah bisa digolongkan bukan pemula, tapi memang begitulah acara LTDJ 2017 ini. Semua berasal dari komunitas yang berbeda-beda, sehingga istilah “lambat” di komunitas yang satu bisa berbeda artinya dengan istilah yang sama di komunitas yang lain ketika mulai menyebut angka.

Pernah dalam suatu acara gowes, seorang goweser berkomentar dengan gowes komunitasku yang berkecepatan 30 kmj. Dia menganggap kecepatan seperti itu adalah kecepatan “fun bike”, bukan kecepatan dengan RB (road bike) di jalan beraspal mulus. Komentar itu ditunjukkan dengan model gowesnya yang maju mundur, ke atas dan ke bawah untuk mengecek semua peserta gowes, padahal kita yang hanya maju saja sudah nafasnya setengah mati. Gowes bareng dengan Marteen Nijland memang banyak memberi pencerahan pada goweser yang sering menanjak ke Sentul KM Nol.

Waktu sebelum acara LTDJ, aku sempat menengok waduk sermo, sebagai tempat wisata Kulon Progo yang menjadi salah satu tujuan acara LTDJ. Kulihat beberapa komunitas sedang mencoba rute sebelum hari pelaksanaan LTDJ. Keringat mereka bercucuran dan semangat mereka tampak masih penuh energi, setelah dari Sermo baru mereka akan ketemu dengan jalan panas yang berangin kencang di arah perjalanan menuju Bantul dari kulon progo.

Sermo Gama Seli

Sermo Gama Seli

Yang menarik lagi dalam acara seputar LTDJ 2017 ini adalah acara tantangan KOM di salah satu segmen. Inilah tontonan yang ditunggu oleh peserta maupun panitia. Dari sisi peserta yang menarik adalah peserta yang masih SMP tapi kemampuan gowesnya sudah sangat piwai, bahkan melebihi peserta yang jauh lebih senior. Disampang peserta yang muda, peserta yang senior juga menjadi kekaguman tersendiri bagi panitia maupun peserta yang lain.

mbah Kung dan mas Supono Onthel

mbah Kung dan mas Supono Onthel

Peserta senior yang menarik memang mbah Kung Endy no 404 dan mas Supono Onthel Jogja. Mbah Kung menarik karena semangatnya yang bisa dijadikan contoh bagi anak muda saat ini. Mas Supono Onthel menarik karena sepeda onthelnya yang selalu setia menemaninya, baik di jalan berliku maupun menanjak. Aku pernah meragukan kemampuan mas Supono ketika berencana untuk mengikuti acara gowes ke kebun buah Mangunan. Aku bilang ke panitia bahwa ada salah satu peserta yang memakai sepeda yang berbeda, sehingga mungkin perlu ada perlakuan khusus.

Ternyata aku kecele, mas Supono dengan sabar, dapat mengikuti semua jalur yang kutempuh degan tetap menyunggingkan senyum khasnya. Biasanya kalau ada mas Supono pasti ada Bung Tito sohib onthelnya yang selalu siap menemani kemanapun rute mas Supono. Berbeda dengan kelompok lain yang berseragam RC (road captain), mereka sudah berkeli-keli melewati rute LTDJ, sehingga mereka sudah hapal liku-liku tanjakan yang ditempuh. Mereka memang menjadi idola bagi para peserta LTDJ.

RC LTDJ 2017

RC LTDJ 2017

Semua wajah sumringah menghiasi rombongan RC. Seperti juga sumringahnya peserta yang dikalungi dengan medali LTDJ 110 km. Ucapan selamat berhamburan dari para peserta, baik yang lulus sampai final atau yang hanya bisa sampai titik tertentu dan belum sampai final. Tahun depan harus diadakan lagi, sehingga yang sudah lulus bisa makin mantap gowesnya dan yang belum lulus bisa mengulang lagi sampai lulus. Tentu saja masih akan tergantung rute tahun depan dari panitia LTDJ, apakah masih akan mepertahankan rute ini sebagai event tahunan, seperti event “gowes Bromo” atau seperti event yang tiap tahun berganti rute.

Bagi aku sendiri, saat ini hanya menantikan jersey LTDJ 110 km, kapankah bisa kuperoleh ? Berapa biaya yang harus disetor ? Acara Seputar LTDJ 2017 yang paling menarik memang hanya jerseynya, karena aku tidak bisa “mancal” sepeda pas hari “H” pelaksanaan LTDJ. Bravo Jogja Gowes !!!

jersey Le Tour de Jogja

jersey Le Tour de Jogja

 

3 komentar

  • Yang paling menarik,pada paragraf terakhir pak eko 😂😂😂😂

    Suka

    • Apa itu paragrap trakhir Mas Galih haha

      Suka

    • berarti yang ini ya :
      “menantikan jersey LTDJ 110 km”

      hahahaha ….

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s