Gowes Agustus 2017

Duren Palembang

Bulan Agustus selalu penuh dengan acara Gowes “Merdeka”, baik di Jakarta, Jogja maupun kota-kota lain. Untuk tahun ini, WSKT mulai makin banyak komunitas sepedanya dan makin beragam pesertanya. Sebelum acara puncak di beberapa proyek Waskita, baik tanggal 17 Agustus maupun 19 Agustus, maka beberapa kota sudah dipanaskan dengan gowes persiapan pemanasan. Di Padang ada acara menikmati rute Kelok 9 dipimpin oleh Kadiv 3, di Palembang ada acara keliling kota melalui Jakabaring dipimpin oleh DirOp 3 dan Kadiv 2, di Jatim menempuh jarak jauh (3 digit) dipimpin oleh Kadiv 4. Semuanya demi suksesnya Gowes Agustus 2017 dan kecintaan kita pada NKRI !

Aku sendiri kebagian mengawal dirOp 3 di Palembang. Pak Bambang R, selaku dirOp 3 baru, rupanya sangat menikmati rute di Palembang yang dominan datar dan hanya ada tanjakan di beberapa titik saja. Sementara di Padang, rutenya berkelok dan cukup banyak “rolling” (naik turun), sehingga cukup menguras energi. Sedangkan kadiv 4 menempuh jarak di atas 100 km, disamping untuk menyambut Gowes Merdeka, juga untuk persiapan Gowes Suramadu dari Jawa Pos dengan jarak 151 km.

Gowes Divisi 4 Batu Malang

Gowes Divisi 4 Batu Malang

Bagi Jawa Pos, rute Suramadu memang rute untuk pemula, tidak ada tanjakan curam dan hanya 151 km, tapi bagi WSKT memang hanya beberapa yang menganggap rute Suramadu sebagai rute pemula, sehingga ada yang merasa perlu untuk latihan dulu dan memakai sepeda jalan aspal (RB=road bike). Salah satu grup yang ke kelok 9 juga menganggap perlu untuk latihan dulu sebelum mengikuti rute Suramadu 151 km, meskipun sudah lulus gowes Solo ! 🙂

Gowes Kelok 9

Gowes Kelok 9

Sampai Palembang, banyak hotel yang sudah penuh diisi oleh peserta Rakor Waskita, sehingga aku harus memakai kamar orang yang selesai Rakor dan lanjut pulang. Dari Hotel Santika, yang terkenal sarapannya selalu bernuansa lokal, aku bersama DirOp 3 menuju lokasi start untuk memulai acara. Peserta acara yang sebagian besar peserta atau panitia Rakor WSKT divisi 1, 2 dan 6 sudah berkumpul di lokasi start. Acara segera dimulai dengan briefing K3LMP, untuk menjaga keselamatan kita masing-masing selama perjalanan dan dilanjutan dengan pengibaran bendera start oleh DirOp 3.

Start Gowes Palembang oleh DirOp 3

Start Gowes Palembang oleh DirOp 3

Lalu-lintas Palembang yang tidak seramah Jogja maupun Jakarta, bagi pengendara sepeda, sehingga memang diperlukan pasukan untuk memecah jalan untuk memudahkan peserta pesepeda mengikuti rute sampai selesai. Sampai di Stadion Jakabaring, banyak peserta yang sudah menyerah dan yang belum langsung selfie dengan kelompok masing-masing sambil menunggu peserta yang lain.

Finish Gowes Palembang

Finish Gowes Palembang

Perjalanan selanjutnya tinggal beberapa km saja dan sudah ditunggu dengan hidangan ala Palembang yang khas, empek-empek dan durian ! Kuliner Palembang memang sangat khas dan bikin kangen yang pernah merasakannya. Apalagi diiringi musik live dari beberapa artis “baru” versi WSKT, termasuk DirOp 3 dan beberapa Kepala Proyek.

Satu artis dadakan yang muncul ke panggung dan membuat semuanya berdiri adalah kepala bagian K3, peserta diajak bersemangat untuk selalu ingat pada K3, dimanapun bekerja, kapanpun bekerja dan mulai saat ini ! Memang gowes itu harus FUN dan selalu tidak mengabaikan masalah K3, HELM merupakan salah satu APD yang wajib pakai.

Duren Palembang

Duren Palembang

Usai acara, rupanya DirOp 3 masih belum puas dan menuju penginepan tetap memakai sepedanya. Rombonganpun sebagian terusik dan ikut bersepeda lagi mengikuti DirOp 3. Cuaca yang panas terik sudah tidak dirasa lagi, bahkan masih sempat berfoto lagi di Jembatan Ampera Palembang.

Usai acara, sebagian langsung balik ke tempat masing-masing, sedangkan aku masih tetap mengawani yang masih tinggal di Palembang. Acaranya jelas menikmati aneka kuliner Palembang dan aku menyempatkan untuk bercengkerama dengan generasi muda WSKT dengan acara nobar di CineMax.

CineMax Nobar

CineMax Nobar

Gowes Agustus 2017 WSKT akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017, tapi untuk karyawan yang tidak pulang kampung pada hari Kamis, 17 Agustus 2017, dan tidak ada kegiatan, diadakan juga Gowes Merdeka tanpa pendaftaran, tanpa pengawalan (mandiri), tanpa doorprize dll di Cawang. Start jam 6:00 menempuh jarak sesukanya dan mampir di tol Becakayu, finish tetap di Cawang kembali. Gowes Merdeka itu harus FUN !

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s