Ketenangan Hati

senyum di Kota Tua

Pagi sehabis subuh dan setelah sarapan sendirian, aku membuka WA (whatsapp) dan membaca salah satu kiriman teman SESAT (sepeda sampai tua), yang mungkin dari kiriman orang lain yang dibagikan. Judul tulisan yang dikirim adalah tentang 10 KUNCI KETENANGAN HATI. Pas banget dengan kondisiku pagi ini ketika istri pulang ke Jogja dan aku kembali jomblo di Jakarta. Gowes memang mendatangkan ketenangan hati, tapi tulisan yang kubaca di WAG (WA grup) ini juga cocok untuk diresapi.

  1. TIDAK MEMBENCI
  2. TIDAK BERKELUH KESAH
  3. HIDUP SEDERHANA
  4. BERPRASANGKA BAIK
  5. SELALU TERSENYUM
  6. SELALU MEMBERI
  7. BERDOA TANPA SEPENGETAHUAN MEREKA
  8. TIDAK DENGKI DAN IRIHATI
  9. MUDAH MEMAAFKAN
  10. HINDARI PERMUSUHAN

Sepuluh hal ini kurasa sangat cocok untuk semua goweser. Cukup panjang lebar untuk dihapal, tapi memang semuanya penting dan saling melengkapi. Dalam komunitas sepeda, bukan tidak mungkin terjadi friksi, sekecil apapun friksi yang terjadi hal itu bisa mengurangi ketenangan hidup yang kita damba. Melihat kawan sepedaan kita yang lebih hebat dalam segalanya, bisa jadi membuta kita berpikir yang aneh-aneh dan membuat hati terusik, ketenangan hatipun bisa menghinggapi kita.

Bangun tidur, mulailah dengan segala kegiatan yang membuat badan jadi segar, pikiran terang dan sarapan dengan perasaan nikmat, makanan apapun yang tersaji akan membuat kita memulai pagi dengan benar dan nyaman. Senyum pagi hari kita kembangkan, bila terasa sulit, bisa dipaksakan dulu agar kita terlatih untuk memulai hari dengan senyum. Kita sambut dunia yang indah dan penuh persahabatan ini. Kita ikuti semua tips gowes sehat !

Orang lain boleh saja berkata kalau kota Jakarta itu kejam, lebih kejam dari ibu tiri, tapi mari kita berpikir sebaliknya. Kota kita selalu lebih ramah dari pacar kita apalagi dari ibu kita, maka duniapun menjadi lebih ramah pada kita. Saat kita bisa tersenyum mulai dari pagi, maka saat itulah dunia menjadi lebih ramah dan bersahabat. Tentu saja kalau sebelumnya kita pernah punya hutang, itu akan tetap menjadi hutang sebelum kita membayarnya.

Menunggu sarapan Warung Pojok Cawang

Menunggu sarapan Warung Pojok Cawang

Fokus olah raga sepeda itu syah-syah saja, tapi cobalah untuk olah raga yang lain. Olah raga sepedaan, gowes maupun jalan kaki, sama-sama bermanfaat bagi kita. Yuk kita lebih detilkan 10 tips menjaga ketenangan hati ini, olah raga tetap  dilakukan dan olah rasa kita resapi.

1. TIDAK MEMBENCI
Jangan sekali-kali membenci seseorang walaupun dia berbuat kesalahan kepadamu tetapi doakan dia untuk berubah dan menjadi baik

2. TIDAK BERKELUH KESAH
Jangan berkeluh kesah karena apa yang kita alami sebuah proses untuk kita menjadi lebih dewasa dalam banyak hal, sebaliknya perbanyaklah berdoa kepada Tuhan.

3. HIDUP SEDERHANA
Hidup sederhana walaupun punya kedudukan tinggi & harta melimpah karena apa yang kita terima semuanya titipan

4. BERPRASANGKA BAIK
Senantiasa berfikir positif meskipun kerap ditimpa musibah karena dari setiap persoalan kita dapat merasakan bahwa Tuhan tidak pernah memberi cobaan melebihi kekuatan kita

5. SELALU TERSENYUM
Senyumlah walaupun hati terluka karena hinaan orang dengan satu pemahaman kita mengampuni dia karena dia tidak tahu apa yang dia katakan kepada kita.

Selalu tersenyum di setiap kesempatan

Selalu tersenyum di setiap kesempatan

6. SELALU MEMBERI
Gemar memberi dan berbagi walaupun kita tidak berlebih karena kita sesungguhnya bendahara Tuhan didunia ini .

7. BERDOA TANPA SEPENGETAHUAN MEREKA
Jangan lelah dan jemu jemu selalu mendoakan sahabat-sahabat kita untuk kebaikan mereka tanpa sepengetahuannya.

8. TIDAK DENGKI & IRI HATI
Jangan iri & dengki dengan kejayaan dan kesuksesan teman-teman anda, karena setiap orang yang menerima lebih akan diminta lebih dalam hidup ini, sehingga kita tidak perlu iri

9. MUDAH MEMAAFKAN
Jangan merasa malas dan susah dalam memaafkan kesalahan orang lain, karena terdapat kelegaan dan ketenangan dalam kita memaafkan

10. HINDARI PERMUSUHAN
Jangan menganggap orang yang berbeda pendapat sebagai lawan, karena sesungguhnya dia tetap saudara kita yang kita kasihi

Semoga bermanfaat dan dapat membuat ketenangan hati kita optimal, gowes tetap untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan gowes rohani juga untuk sarapan rohani  ……..

Telor 3/4 mateng pisang keju

Telor 3/4 mateng pisang keju

3 komentar

  • 2 dan 6 masih susah om hehe

    Suka

    • Mas @Lintang Fajar,
      berkeluh kesah memang dorongan sikon saat ini, tapi sebenarnya untuk “selalu memberi” itu sudah merupakan semangat dari komunitas yang pernah jadi “terbesar” menurut majalah SWA (tahunnya lupa:-))
      dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun sebenarnya kita masih bisa memberi, paling tidak memberi senyuman kita yang paling manis 🙂

      Salam sehati mas 🙂

      Suka

      • 😊😊

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s