Tips liburan

snorkeling tidung

Menjelang akhir tahun kegiatan liburanpun mulai mendekat, semua pihak saling mempersiapkan diri masing-masing. Bagi pihak penyedia jasa liburan, mereka masing-masing sudah melakukan promo dengan kegiatan masing-masing, baik melalui iklan di media “main stream” maupun via media sosial (medsos). Tak pelak lagi medsos merupakan ladang yang relatif lebih murah dibanding media “mainstream”, juga lebih dipercaya oleh para pengguna jasa liburan. Isi dari medsos juga lebih jujur dan lebih aktual dibanding media “mainstream”. Tips liburan yang disampaikan dalam medsos juga terasa lebih mengena, karena gaya menulisnya yang lebih bebas dan akrab.

Lalu sebenarnya apakah yang perlu dilakukan saat akan menikmati liburan yang menyenangkan ?

Silahkan perhatikan beberapa hal di bawah ini untuk menikmati liburan yang menyenangkan, bersama siapapun akan sama aturannya.

  1. Sepakati tujuan liburan dan buat jadwal secara rinci.
  2. Berdasar jadwal tersebut, lengkapi dengan kebutuhan utamanya.
  3. Browsing atau mencari tahu tujuan liburan dari sumber terpercaya untuk mengetahui sikon saat ini.
  4. Membawa obat-obatan pribadi.

Yang paling penting sebenarnya memang membuat jadwal liburan secara rinci, sehingga dapat diketahui waktu-waktu kritis yang harus diperhatikan, misalnya jam berapa harus sudah sampai lokasi tertentu, kesalahan tidak menepati waktu yang sudah tertulis dalam jadwal akan menyebabkan tertundanya banyak jadwal yang lain. Akibatnya bisa fatal jika kita berlibur mempergunakan pesawat sebagai moda angkutannya.

Banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggeser jadwal pesawat kita, yang paling parah bahkan sudah tidak ada lagi jadwal pesawat untuk jadwal baru kita, Liburan yang seharusnya menyenangkan akan berubah jadi sangat tidak menyenangkan. Apalagi kalau kita memilih libur di hari libur untuk semuanya, misal libur lebaran, natal, tahun baru atau libur hari besar lainnya.

Hotel atau penginapan yang kita tuju juga harus jauh hari dipastikan keberadaannya. Bila perlu bayar dahulu atau minimal uang tanda jadi sebagai kepastian kita memakai hotel tersebut. Transportasi menuju hotel dan dari hotel ke tempat liburan juga harus jelas, apakah naik moda umum, naik mobil pribadi atau naik apapun. Dengan demikian segala keperluan ke arah hotel atau dari hotel ke arah liburan kita sudah disiapkan sejak sebelum berangkat liburan.

Pakaian yang perlu dibawa, perlu dipertimbangkan dengan tujuan berlibur. Baju hangat sangat diperlukan di daerah tujuan libuaran yang berhawa dingin, tapi akan jadi sangat memberatkan bila tetap dibawa di daerah berhawa panas. Payung atau mantol juga perlu dipertimbangkan untuk dibawa atau tidak, yang jelas makin banyak bawaan akan makin menyiksa saat liburan sudah mendekati selesai.

Kondisi fisik sudah menurun dan bawaan yang banyak, mungkin bertambah dengan banyaknya “oleh-oleh”, menyebabkan liburan jadi berubah menjadi siksaan yang menghancurkan kenikmatan liburan kita. Ap-alagi bila kita mempergunakan alat transportasi pesawat udara. Banyak aturan yang harus diperhatikan dalam penerbangan, setiap negara aturan bisa berbeda.

jadwal liburan harus jelas

jadwal liburan harus jelas

Pengetahuan tentang tujuan berlibur harus detil, semakin rinci akan semakin baik. Persiapkan mata uang yang harus disediakan, baik recehan maupun pecahan besar lainnya. Dengan melakukan survey tentu akan lebih bagus, jika tidak mungkin, cukup dengan bertanya pada mesin pencari tentang tujuan kita. Makin “ngetop” tujuan berlibur kita akan makin banyak info yang bisa didapat di internet.

snorkeling tidung

snorkeling tidung

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan obat pribadi, walaupun kita tidak sakit. Saat di rantau dan tiba-tiba ada masalah yang memerlukan obat-obatan, dengan adanya obat pribadi kita, maka urusan kecil akan tetap menjadi hal yang mudah diselesaikan dulu. Bila tidak, maka urusan kecil bisa merubah menjadi urusan besar dan bisa jadi mempengaruhi kenyamanan kelompok liburan kita.

Mobil pribadi untuk angkut barang

Mobil pribadi untuk angkut barang

Bila akan menggunakan transportasi udara, usahakan datang jauh sebelum jadwal keberangkatan. Gunakan koper yang mencolok, berbeda dengan kebanyakan, karena pada bandara tujuan akan sangat mungkin tertukar dengan milik orang lain. Silahkan mempelajari juga tips bepergian membawa bagasi.

Berlibur berdua juga asyik

Berlibur berdua juga asyik

3 komentar

  • Ping-balik: Liburan ke Karimunjawa | Blogger Goweser Jogja

  • Ciamik pak.
    Selamat berpakansi.
    Salam

    Disukai oleh 1 orang

    • Terima kasih pak Pamudjo
      Semoga semangat berbagi kita terus dapat meningkat dari masa ke masa.
      Aamiin YRA.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s