Tips Gowes dalam hujan

Puncak Tanjakan Mangunan

Pagi ini cuaca tidak jelas antara cerah atau hujan, para goweser akhirnya memilih nongkrong di warung pojok, sekedar bersenda gurau menikmati telor belum matang, segelas teh tawar dan beberapa nyamikan. Topik pembicaraan tidak hanya berkisar seputar bersepeda, tapi sudah merambah kemana-mana. Tips Gowes dalam hujan tidak dibahas, tapi justru kebanyakan acara gowes yang saling bertabrakan. Kalau sudah begini, jadi ingat ketika kita mengalami cuaca ekstrem Sentul atau gowes kaliurang dalam hujan. Keadaan yang tidak mengenakkan saat dipakai gowes tetapi jadi indah ketika sudah berlalu.

Sebenarnya bagaimana sih kalau menghadapi cuaca yang cenderung hujan ketika kita akan bersepeda ?

Ada beberapa Tips Gowes dalam hujan yang pasti sudah banyak diketahui, tapi kadang terlalu banyak tips sehingga jadi kurang fokus, tips yang mana yang menjadi tips yang cocok untuk cara bersepeda kita. Memang yang paling baik semua tips kita coba dulu dan baru kemudian kita bisa memilih. Yang paling cocok dengan gaya bersepeda kita akan menjadi tips yang paling cocok.

Ada goweser yang memilih tidak bersepeda ketika hujan datang dan ada yang memilih tetap menembus hujan dengan bersepeda. Bagi yang menghindari bersepeda dalam hujan, tentu hal yang mudah dilakukan, tapi hampir tidak mungkin selalu bisa bersepeda dalam cuaca cerah terus sepanjang tahun. Kemungkinan bersepeda dalam hujan pasti ada meskipun prosentasenya sangat kecil.

Bagi yang tetap bersepeda meskipun hujan datang, semoga tip ini cocok dengan gaya bersepedanya.

  1. Pastikan hujan tidak mengganggu perlengkapan yang kita bawa.
  2. Lindungi diri dengan pakaian yang mengurangi akibat gowes dalam hujan.
  3. Tingkatkan kewaspadaan pada kondisi jalan.
  4. Pastikan sepeda dalam kondisi prima, jika gowes dalam hujan dan rute jalan menurun.
  5. Berdoa sebelum dan sesudah bersepeda.

Mari kita detailkan, satu demi satu.

Pastikan hujan tidak mengganggu perlengkapan yang kita bawa.
Apabila kita membawa ponsel atau barang-barang lain yang bisa rusak jika terkena siraman air hujan, lebih baik membawa kantung anti air untuk menampung barang tersebut, sehingga tetap bersepeda dengan hati dan pikiran yang tenang.

BluXpit2015 Seli Taman Kuliner Condongcatur

BluXpit2015 Seli Taman Kuliner Condongcatur

Lindungi diri dengan pakaian yang mengurangi akibat gowes dalam hujan.
Idealnya tentu memakai mantol atau jas hujan. Baju model jaket anti hujan sangat mahal, sehingga banyak dari kita memilih yang harganya murah, artinya pakaian kita menjadi berat dan badan tetap basah kuyup (tergantung lebatnya hujan). Pakaian yang hanya menahan angin, bukan hujan, bisa juga dipakai pada kondisi hujan gerimis saja.

Gowes ceria dalam hujan

Gowes ceria dalam hujan

Tingkatkan kewaspadaan pada kondisi jalan.
Kondisi jalan dalam hujan, akan banyak genangan air dan bisa menutupi kondisi jalan sebenarnya. Lobang jalan akan tertutup genangan, demikian juga refleks kita akan menjadi tantangan sendiri. Kondisi rute jalan yang menurun dan ditempuh dalam kondisi hujan akan sangat mempengaruhi keamanan dalam bersepeda.

Pastikan sepeda dalam kondisi prima, jika gowes dalam hujan dan rute jalan menurun.
Yang pernah mengalami jatuh ketika menempuh rute turunan dalam hujan tentu merasakan bahwa rem menjadi kurang barfungsi dengan sempurna, apalagi kalau kondisi sepeda memang tidak dalam kondisi terbaik. Memastikan semua bagian sepeda dalam kondisi prima menjadi salah satu hal yang harus kita lakukan dalam periode tertentu. Sudah banyak kejadian karena kita tidak memelihara sepeda dan melakukan cek terhadap hasil pemeliharaan sepeda kita.

Gowes hujan dengan/tanpa jas hujan juga enjoy

Gowes hujan dengan/tanpa jas hujan juga enjoy

Berdoa sebelum dan sesudah bersepeda.
Yang tidak kalah pentingnya adalah berdoa sebelum bersepeda dan bersyukur sehabis bersepeda. Tidak hanya jasmani akan terlatih, tetapi rohani juga akan tersiram dengan doa-doa kita.

Selamat bersepeda dalam hujan dan buat tips sendiri dengan pengalaman kita sendiri.

sepasang jamaah subuh Cawang

sepasang jamaah subuh Cawang

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s