Le Tour De Jogja 2018

tim survey LTDJ (foto koleksi Jogja Gowes)

Sebentar bulan lagi tim Le Tour De Jogja 2018 akan mengumumkan publikasi acaranya, para goweser pemerhati kegiatan gowes di Jogja sudah menunggu dengan beberapa persiapan masing-masing. Acara survey rute sudah kembali dimatangkan melalui beberapa kali rekayasa agar dapat dilalui oleh bermacam-macam jenis sepeda. Pengalaman beberapa kali ikut acara seli di Jogja ataupun non seli di Jogja, peminatnya luar biasa dan semangat para pengendara seli memang patut dijadikan panutan.

Sampai saat ini jadwal pelaksanaan yang disepakati masih belum diumumkan secara resmi, perkiraan pasti sebelum bulan puasa tiba akan digelar acaranya. Beberapa hal yang dipikirkan panitia antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Rute yang menantang dan nyaman.
  2. Diadakan sebelum bulan puasa.
  3. Melibatkan semua komunitas sepeda di Indonesia

Rute yang menantang dan nyaman.

Kriteria ini tentu terasa bertolak belakang, karena yang disebut menantang pasti diidentikkan dengan adanya KOM atau QOM. Tentu hanya pesepeda yang tangguh yang dapat menikmati kenyamanannya, sementara itu event LTDJ 2018 (Le Tour De Jogja 2018) akan diikuti oleh berbagai type pesepeda, mulai dari goweser santai sampai goweser tangguh yang melihat tanjakan seperti melihat “sesuatu” yang harus dilahap secepat mungkin.

Bila kurang perhitungan, tidak melihat kondisi tubuh saat mengikuti event, bisa jadi taruhan KOM/QOM adalah nyawa goweser sendiri. Tentu aliran goweser santai akan tidak tertarik dengan adanya KOM/QOM ini. Mereka tidak malu untuk nuntun di tanjakan curam atau turunan tajam, karena mereka gowes untuk hiburan dan bukan untuk berlomba.

Tugas panitia untuk “menciptakan” rute yang dapat dinikmati semua peserta gowes, baik yang memakai RB, MTB maupun seli. Penggemar seli Brompton yang makin menggila akhir-akhir ini, bukan tidak mungkin ikut dalam kegiatan ini.

Cek Rute 100Km Le Tour De Jogja 2018

Cek Rute 100Km Le Tour De Jogja 2018

Acara digelar sebelum puasa.

Sebaiknya memang acara digelar sebelum bulan puasa, sehingga tidak ada yang batal ikut karena menjalankan ibadah puasa. Event yang diadakan sebelum bulan puasa pasti akan banyak, baik event “instan” ataupun event rutin, jadi panitia memang harus “berani” bertabrakan dengan event lainnya. Disinilah panita Jogja Gowes perlu seperti tahun lalu, “cak-cek” (langsung bertindak cepat) dan menyelesaikan masalah tanpa masalah !

Melibatkan semua komunitas Sepeda Indonesia

Pengalaman beberapa event sepeda di Jogja, ternyata pesertanya banyak dari luar Jogja bahkan dari luar pulau. Ketika S3Gama mengadakan gowes jarak jauh untuk ikut memperingati Dies UGM beberapa tahun lalu, peserta dari luar pulau tercatat hanya pengendara seli dari Sumatra dan beberapa goweser lainnya, tidak sampai sepuluh orang, tetapi peserta gowes bulan ini di Jogja ternyata panitia kewalahan menolak peserta dari luar Jogja atau luar pulau. Begitu dibuka pendaftaran, hari itu juga kuota langsung terpenuhi, bahkan dalam hitungan jam !

Animo bersepeda untuk sehat sudah makin membudaya dimana-mana. Berita kasus kesehatan sampai meninggal tidak menyurutkan minat bersepeda. Kematian memang misteri kehidupan, tidak ada yang patut ditakuti, tapi persiapan bekal kematian yang patut ditingkatkan. Berdoa sebelum gowes dan berlatih gowes secara rutin kuncinya.

Event Jogja Gowes sampai saat ini memang selalu melibatkan berbagai komunitas sepeda lintas daerah, sehingga ketika Jogja ditimpa musibah banjir, tim gowes peduli banjir bisa bergerak sampai ke pelosok desa di Jogja. Semua karena kebersamaan dan nafas kerja sama antar komunitas yang sangat baik di Jogja.

Mari kita tunggu logo event Le Tour De Jogja 2018, seperti biasanya WSKT siap mendukung dan daftar LTDJ 2018 !

tim survey LTDJ (foto koleksi Jogja Gowes)

tim survey LTDJ (foto koleksi Jogja Gowes)

4 komentar

  • Ping-balik: Gowes ki sakmadyo wae | Blogger Goweser Jogja

  • Ping-balik: Persiapan LTDJ | Blogger Goweser Jogja

  • Rutenya lwt mana nggih..piyungan ke kiri patuk
    Apa piyungan ke kanan ya

    Disukai oleh 1 orang

    • Selamat pagi mas Sapto 🙂

      Sampai saat ini rute belum dipublish, jadi saya belum bisa memberi jawaban mas 🙂
      Nanti kalau suidah dipublish, saya akan update lagi 🙂
      Yang jelas lebih seru dan lebih baru rutenya !

      Salam Gowes 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.