Helm sepeda

kulon progo seger

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa yang namanya Helm sepeda adalah piranti dasar untuk keselamatan bersepeda disamping piranti yang lain, tapi masih banyak ditemukan para pesepeda yang masih belum memakai helm ketika bersepeda. Biasanya pesepeda yang maih muda usia dan muda pengalaman yang memang masih belum merasakan pentingnya memakai helm, tetapi ada juga pesepeda usia lanjut yang masih tetap setia dengan tanpa helm.

Beberapa pesepeda masih merasa helm sepeda itu hanya cocok buat mereka yang ngebut, yang tidak modis dan mengganggu kenyamanan bersepeda. Jadi bila mereka bersepeda dengan tidak ngebut dan cuma jarak dekat, helm dirasa cukup ditinggal di rumah. Mereka merasa lebih nyaman ber4sepeda tanpa helm sepeda dan beberapa merasa lebih modis dengan penutup kepala model lain dan bukan model helm sepeda.

Beberapa pesepeda yang menyadari pentingnya helm sepeda, maka mereka tetap memakai helm, biarpun hanya bersepeda yang dekat-dekat saja. Pengalaman sudah banyak membuktikan bahwa helm banyak menolong pesepeda yang mengalami kecelakaan dala bersepeda. “Keselamatan bersepeda itu nomor satu !“, begitu yang ada dalam pikiran mereka.

Meski helm sudah makin membudaya, tapi jenis-jenis helm ada berapa banyak, ternyata masih belum banyak diketahui. Mereka hanya tahu bahwa helm adalah pelindung kepala, tapi helm untuk MTB (mountain bike) jika dipakai oleh pesepeda RB (road bike) sebenarnya kurang cocok. Tiap sepeda mempunyai jenis helm sendiri-sendiri, sehingga terasa nyaman bila cocok. Namun banyak pesepeda merasa tidak ada masalah biarpun helm yang dipakai tidak sesuai dengan sepeda yang dikendarai.

Pesepeda yang terbiasa di jalan raya yang mulus (aspal maupun beton), biasanya memilih bentuk helm yang aero dinamis dan banyak lobangnya untuk jalan angin agar kepala mendaopat pasokan udara segar. Bagi pengendara sepeda balap (atlit) helm yang dipilih, disamping aerodinamis, juga bahannya memakai material yang sangat ringan. Untuk pesepeda bukan atlit, sebaiknya memilih yang type biasa saja, sehingga tidak tyerlalu mahal dan tetyap nyaman dipakai.

Road bike helm (Cerita sepeda Youtube)

Road bike helm (Cerita sepeda Youtube)

Bertanyalah pada toko sepeda ketika akan membeli helm sepeda, yang penting sesuai standard nasional Indonesia (SNI), warnanya cocok dan harganya sesuai kantong. Harga helm sepeda akan sangat bervariasi, sehingga yang perlu menjadi perhatian adalah keamanan sesua SNI dan kenyamanan serta warna sesuai pandangan pribadi kita. Tidak perlu memakai helm yang bagus bentuknya dan mahal harganya tapi tidak sesuai standard dan tidak nyanman dipakainya.

Helm sepeda RB Bell

Helm sepeda RB Bell

Bila mau puas memilih helm, silahkan pilih sesuai selera dan untuk jenis-jenis helm bisa mencari di Youtube di Cerita Sepeda atau di channel-channel yang lainnya. Bagi penggemar pesepeda di perkotaan pasti tidak akan memilih jenis helm untuk downhill (DL) yang bentuknya sangat menyeramkan (bagiku). Helm untuk DL memang dirancang untuk medan berat, sehingga sangat aman dan otomatis penuh pengaman untuk melindungi kepala.

Helm Polygon Full face

Helm Polygon Full face

Aku sendiri dulu masih belum menyadari pentingnya helm, sehingga masih sering bersepeda tanpa memakai helm, sehingga ketika sekarang aku menjujmpai teman-temanku tidak memakai helm sering bersyukur bahwa aku masih selamat sampai sekarang karena masih memgang aturan bersepeda yang betul. Namun kusadari kalau kadang aku juga manusia yang terpancing oleh gaya temanku bersepeda dan masih sering bertindak tidak aman. Helm sepeda hanya alat pengaman untuk bersepeda, sebagai pelindung kepala ketika membentur benda keras, tapi yang lebih penting dari helm adalah menumbuhkan budaya bersepeda yang baik.

Selalu taat aturan bersepeda, selalu memperhatikan rambu-rambu lalu-lintas dan bersepeda dengan santun-santai penuh senyum, jangan lupa tips memakai celana sepeda, semoga kita tidak pernah jatuh dan kepala kita aman dari benturan. Ingatlah helm hanya pelindung kepala ketika membentur benda keras, kalau kita tidak pernah jatuh artinya helm hanya sebagai pelindung kepala waktu cuaca panas !

Salam Gowes:-)

kulon progo seger

kulon progo seger

4 komentar

  • Ping-balik: Kecelakaan bersepeda | Blogger Goweser Jogja

  • Ping-balik: Safety bike | Blogger Goweser Jogja

  • Untungnya dari dulu saya selalu membiasakan diri pakai helm saat naik sepeda, walaupun bukan yang mahal-mahal amat 😀 . Untuk mencegah kejadian2 yang tidak diinginkan.

    Salam gowes juga, pak.

    Disukai oleh 1 orang

    • Alhamdulillah mas Rizqi 🙂
      Banyak pengalaman tentang manfaat helm sepeda, baik yang memakai ataupun yang tidak memakai 🙂
      Yang jatuh dan mendahului kita ada, begitu juga yang jatuh hanya patah tulang dan helm remuk juga banyak !

      Salam gowes mas Rizqi !

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s