Utamakan Sholat dan K3

Utamakan Sholat dan K3

Kalimat utamakan selamat atau “Safety first” sudah banyak yang diganti di Waskita Karya, bukan karena ada pergantian direksi, tapi memang sudah menjadi kesepakatan dari beberapa orang yang sangat kukenal. Apalagi ketika SGS mendatangi Waskita untuk “special audit” terkait beberapa kejadian KK (Kecelakaan Kerja) dengan beragam penyebab di berbagai tempat. Sekarang aku lebih mengenal kalimat “Utamakan Sholat dan K3” ketika aku pergi ke beberapa proyek Waskita.

Pergantian Direksi yang memang sudah dijadwalkan pada bulan ini sedikit berwarna karena adanya beberapa kasus KK di Waskita. Alhamdulliah, semuanya terlaksana dengan baik Semua teman berdiri ketika beberapa direktur meninggalkan kita, tyermasuk pak Choliq yang sudah membangunkan Waskita menjadi raksasa kecil di tengah raksasa besar BUMN. Dengan perolehan laba sampai menyentuh 4 T, merupakan yang terbesar di BUMN Karya, Pak Choliq telah banyak berbuat untuk Waskita. Memang beberapa orang menganggap kejadian akhir-akhir ini adalah ibarat “nila setitik rusak susu sebelanga” dan pembuktian kinerja jajaran direksi tercermin dalam RUPS tahun 2018 ini.

RUPS Waskita 2012

RUPS Waskita 2012

Acara tangis menangis tanpa suara terjadi di akhir RUPS, kulihat beberapa pasang mata berlelehan air amta, beberapa usapan tangan menyeka air mata yang terus mengalir tanopa bisa terbendung lagi. Suasanba haru dan sesak di dada mewarnai hari itu. Untunglah acara penutupan segera disambung konferensi pers dan pak Choliq tetap tegar menjawab pertanyaan media dengan suara yang seperti biasanya.

Aku sudah tidak sanggup lagi mendengarkan pertanyaan maupun jawaban di ruang itu, akupun turun satu lantai dan kembali ke sarangku. Ternyata salah satu direktur ikut turun ke ruang Divisi 6, berseberangan dengan ruangku, sehingga akupun kembali berdiskusi dengan direktur dan jajaran Divisi 6. Pak AW (Adi Wibowo) adalah salah satu direktur yang memang sudah berketetapan untuk mundur pada tahun ini, sesuai dengan masa jabatan, namun tidak ada yang menduga cara berhentinya yang diluar skenario. Pak AW memang merupakan satu-satunya direktuir Waskita yang sangat “care” dengan acara bersepeda dan “mutu pekerjaan”, sesuai dengan motto Waskita sejak jaman “old”, Maju Dengan Karya Bermutu”.

mengawal dirut WTR ke kopi klotok

mengawal dirut WTR ke kopi klotok

Beliau adalah pasangan diskusi yang baik bagiku. Meskipun setiap diskusi sering pada satu kesimpulan yang berbeda, tetapi kita sama-sama saling memahami sudut pandang masing-masing. Bagiku tetap K3 yang menjadi “panglima” di Proyek, sedang bagi pak AW, “Quality” yang menjadi “panglima”. Kalau diskusi sudah sampai pada kesimpulkan yang berbeda, maka pasti segera beralih pada topik yang lain, biasanya topik yang dipilih tentang acara Gowes.

Sepeda yang dipakai pak AW dan berbagai asesorisnya pasti yang “high quality”, sedang sepedaku dan asesorisnya pasti “safety minded”. Kusebut sepedaku sebagai “Safety bike” dan kupasang tulisan di sepedaku “Go Green”, untuk pengingat bahwa Waskita adalah BUMN Karya yang pertama kali dapat sertifikat Green Building dari GBCI.

Selalu tersenyum di setiap kesempatan

Selalu tersenyum di setiap kesempatan

Tahun 2018 ketika lebih sering mampir ke proyek Waskita, kulihat sebuah kendaraan yang ada tulisan “Utamakan Sholat dan Keselamatan Kerja” dan sekarang di lobby Waskita tulisan yang sama terpampang disitu. Lobby yang baru, direktur yang baru dan nuansa K3 yang baru terasa sangat menyegarkan semangatku.

Hari ini aku akan kembali mampir ke proyek BOCIMI yang pernah beberapa kali kulihat. Semoga di lapangan nanti akan banyak kujumpai bukti-bukti bahwa slogan “Utamakan Sholat dan K3” ada dimana-mana. Memang BOCIMI adalah satu proyek yang menyengat Waskita dengan kasus KK yang menyebabkan korban jiwa. Kasus ini disambung KK selanjutnya, sampai pada KK di Proyek Pasar Rumput yang kukenal sangat “care” dengan K3, ternyata KK bisa terjadi dimana saja, baik pada proyek biasa, maupun pada proyek yang sudah “care banget” dengan masalah K3.

Utamakan Sholat dan K3

Utamakan Sholat dan K3

Kepada Waskita, tetaplah WASPADA !
KK bisa terjadi dimana saja, kapan saja dengan sebab yang paling sepelepun.
“Utamakan Sholat dan K3!” mari kita jadikan sebagai semboyan kita. Insya Allah, baik hasilnya. Aamiin YRA.

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.