MAN JADDA WAJADA

Yang Tua mengawal Yang Muda

Menghadapi tantangan tanjakan Panggang ataupun Nglanggeran, beberapa goweser terlihat tidak keder dan tenang-tenang saja. Apalagi yang memang berniat meraih KOM/QOM (King/Queen of Mountain) dalam event LTDJ 6 Mei 2018, mereka latihan seperti biasa dan tidak banyak berkomentar, berbeda yang mengikuti LTDJ #2 dengan tujuan untuk mencari teman gowes baru, mereka asyik ngobrol kesana kemari sambil mencari info seputar dua tanjakan berat di Selopamioro arah Panggang dan di daerah Nglanggeran. Setelah data didapat, info sudah lengkap, barulah mereka menetapkan tekad, tujuan utama harus tercapai dan mereka harus bersungguh-sungguh untuk mencapainya. “MAN JADDA WAJADA!!”

Man jadda wajada bisa berarti “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil,”
-where there is a will there is a way !
Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Banyak kalimat penyemangat untuk membuat yang tadinya loyo jadi bangun dan memdapat hasil positif. Kalau melihat video saat menanjak di tanjakan, pasti beberapa orang merasa keder, tapi dengan berpegang pada kalimat penyemangat, bisa saja semangat kembali bangkit dan menyelesaikan tanjakan dengan “cum laude”.

Hanya saja perlu disadari bahwa kemampuan orang berbeda-beda, demikian juga kondisi badan bisa berbeda pada suatu kegiatan dengan kegiatan lain. Panitia event sepeda biasanya sudah sangat siap untuk melakukan tindakan darurat, tapi kalau yang menjadi korban tidak mempersiapkan diri bisa berbeda akibatnya.

Kejadian korban menjadi tidak tertolong di tanjakan maupun turunan, belum tentu melulu karena ketidak siapan panitia. Bisa jadi karena korban terlalu bersemangat saat menanjak atau terlalu percaya diri ketika menuruni turunan curam, akibatnya bisa terjadi “fatality”.

“Kalau orang lain bisa kenapa aku tidak ?”

Kalimat ini bisa menjadi penyemangat sekaligus bisa menjadi sebab terjadinya “fatality”. Bukan hanya semangat yang didapat, tapi didapat juga rasa tidak mau menyerah yang mengakibatkan badan sudah tidak kuat tapi semangat masih menyala. Badanpun terbakar oleh semangatnya sendiri, padahal kondisi badan sedang tidak fit dan tidak layak untuk bersepeda dengan power penuh.

Omah Kupu Panggang lengkap

Omah Kupu Panggang lengkap

Sedikit berbeda adalah kalimat “Man Jadda wajada”, meskipun mungkin tujuannya sama tapi prosesnya bisa lain. Kalau misalnya tujuannya adalah puncak Panggang, maka bila kita berniat dengan sungguh-sungguh untuk mencapai puncak, maka kita akan sampai ke puncak dengan jalan yang baik, misalnya dengan “loading” alias naik kendaraan angkut atau dengan beberapa kali berhenti akhirnya sampai juga di atas dengan selamat.

Seorang teman pernah menepuk pundakku dan berkata,”Bapak itu kalau menjadi yang paling cepat, siapa yang senang, siapa yang bangga dan apa efek yang didapat ? Kalau tercepat tapi masuk rumah sakit ? Siapa yang akan mengurusi sampai keluar lagi dari rumah sakit ? Intinya apa yang didapatkan dan apakah harus dengan cara itu ?”

Banyak cara untuk membuat hati bahagia, tidak hanya sekedar senang. Menyenangkan orang lain adalah kabahagiaan tersendiri dan membuat dunia ini menjadi lebih indah. Senyum kita pada orang lain artinya kita sudah menambah satu senyuman di dunia ini dan mengurangi satu wajah tanpa senyum di dunia ini. Bukankah ini indah ?

Brow Waskita Surabaya

Brow Waskita Surabaya

Dalam melakukan apa saja, lakukanlah dengan bersungguh-sungguh dan mematuhi semua aturan yang ada. Peraturan dibuat untuk diikuti agar kita selamat dan membuat orang lain ikut selamat. “MAN JADDA WAJADA” menjadi acuan semangat kita.

Saat berolah raga, berolah ragalah dengan sungguh-sungguh dan dengan cara yang benar. Bagi Goweser pemula, seringkali kita diejek ketika kita tertangkap tangan sedang “loading” atau sedang naik mobil evakuasi. Terimalah dengan besar hati, akan tiba masanya kita kuat untuk menanjak. Bila kita tetap tidak kuat menanjak sampai usia memisahkan kita dengan hobi bersepeda, yakinlah, bahwa itu yang terbaik untuk kita.

LTDJ sudah dekat dan marilah “MAN JADDA WAJADA” menjadi acuan semangat kita. Kali ini AGS ikut juga menjadi sponsor 🙂

Yang Tua mengawal Yang Muda

Yang Tua mengawal Yang Muda

One comment

  • Bagus gan jangan lupa manpir yy di bandar bola terpercaya dan bnyak hadiah nya yg akan di undi setiap bulan nya. dan bonus hingga mencapai 100% mari merapat daftar diri anda di http://www.maxisbet.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.