Menjelang LTDJ

seli WSKT plus cameraman TransTV

Hari buruh baru saja lewat, artinya hari sepedaan LTDJ akan segera datang. Event tahunan kebanggaan komunitas Gowes Jogja ini akan dilaksanakan pada 6 Mei 2018 dengan mengambil lokasi start/finish di Jogja Expo Center (JEC). Hotel Dafam sudah lama penuh dengan pesanan dari para peserta Gowes, apalagi saat ini sudah menjelang LTDJ dimulai, maka hotel seputaran JEC pasti sudah memerlukan effort yang lebih dibanding biasanya.

Pengambilan perlengkapan peserta LTDJ ada di Hotel Dafam dan harus dengan tanda pengenal yang jelas dan masih berlaku. Tentu saja, tidak semua bisa hadir dan panitia kelihatannya sudah mempersiapkan mekanisme pengambilan kelengkapan peserta ini dengan sebaik-baiknya. Para tamu gowes ke Jogja ini memang lengkap, mulai dari Aceh sampai Papua, semua akan menikmati tanjakan, turunan, terutama kuliner di Jogja yang murah meriah dan berkarakter !

Hampir semua model kuliner Nusantara tersedia di Jogja, tapi dari semua itu “warung kopi” dijamin yang akan banyak didatangi. Ajang semacam LTDJ adalah ajang pertemuan (kembali) beberapa goweser dan perkenalan awal antar goweser dari satu daerah dengan daerah lain. Ada yang datang dari komunitas yang kecil maupun dari komunitas yang besar. Sebagai salah satu sponsor, WSKT juga akan mengirim gowesernya yang terdiri dari bermacam kasta, baik kasta pembalap (ditandai dengan sepeda balab) dan kasta sepeda sejuta umat (ditandai dengan sepeda non balap).

Waskita Seli Merah

Waskita Seli Merah

Pemanasan untuk sepeda non balap hanya rute datar-datar saja, mungkin demikian juga goweser dari Aceh atau Papua, yang agak susah mencari latihan LTDJ yang dekat dan banyak tanjakannya. Mereka memang mungkin hanya ingin mencari teman baru dan memeriahkan acara LTDJ dan sekalai berkenalan dengan peserta dari daerah lain, bukan KOM/QOM (King/Queen Of Mountain) yang dicari, hanya suasana akrab yang dicari.

Sudah jamak kalau goweser bertemu di warung kopi, bukan kuliner yang dijadikan fokus pembicaraan, tapi cerita-cerita heroik yang manjadi viral di kalangan para Goweser. Ketika sampai pada cerita lucu, merekapun tertawa terbahak-bahak dan ketika cerita tentang kecelakaan sepeda, suasana bisa berubah serius dan semua mata tertuju ke sumber cerita. Namun suasana serius adalah suasana yang hanya mampir sebentar, celetukan-celetukan, candaan akan muncul kemudian ketika ada peserta yang ingin kembali mencairkan suasana.

“Gowes itu sak madyo wae !”

Omah Kupu Panggang lengkap

Omah Kupu Panggang lengkap

Omah Kupu Panggang dipilih sebagai pos pertama, mungkin juga karena masalah kedekatan antara kopi dan goweser. Kebetulan pemilik Omah Kupu Panggang adalah anggota komunitas WSKT, sehingga acara LTDJ ini sekalian bisa dipakai ajang pertemuan sesama anggota WSKT.

Dari grup WA peserta gowes LTDJ sudah terlihat kecenderungan masing-masing peserta dan panitia yang bergantian memantau dan menjawab pertanyaan peserta, bahkan ada juga peserta yang ikut membantu menjawab untuk kelancaran informasi antar peserta. Peta strava final dinanti oleh beberapa orang peserta gowes, peta hasil survey final panitia memang akan memberikan gambaran yang lebih detail rute yang akan ditempuh, termasuk lokasi ajang KOM/QOM dan lokasi ajang “sprint”.

Bukan hadiah yang mereka cari, kepuasan sebagai yang “ter” adalah merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Pada aplikasi strava, akan terpampang dengan jelas, posisi mereka dan berapa keras effort yang mereka lalui untuk melibas tanjakan selopamioro sebelum pos 1 Omah Kupu.

Tentu bagiku sendiri, yang paling penting adalah bertemu dengan sesama Goweser dan menikmati candaan mereka. Lepas dari keriuhan yang rutin setiap hari kerja jelas sangat kunantikan. Bertemu kota tercinta memang sudah menjadi hal yang rutin, tetapi dalam event LTDJ, suasana akan berubah total.

Menjelang LTDJ ini aku sudah melakukan banyak persiapan pribadi, tetapi belum tentu aku akan finish seperti event yang lainnya. Bagiku sekarang tujuan ikut acara sepedaan lebih banyak menemani teman-teman menikmati keakraban gowes, kalau di tengah perjalanan ada tawaran yang lebih menarik, mampir warung misalnya, maka aku mungkin lebih memilih mampir warung.

Salam gowes salam sehat semuanya !

seli WSKT plus cameraman TransTV

seli WSKT plus cameraman TransTV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.