Car Free Day

Sang Tengkorak beraksi

Beberapa kali ikut dalam acara Car Free Day, baik di Jogja, Jakarta sampai Bekasi, aku belum penah menemukan kegiatan PLOGGING, aku malah melihat semangat p-logging dalam acara Asian Games yang dilakukan oleh penonton Jepun. Mereka tidak hanya memberi semangat bagi atlitnya tapi juga mempertunjukkan semangat PLOGGING lewat aksi kebersiahan individu mereka.

Aku sendiri baru kenal PLOGGING baru-baru ini, sementara teman-tenanku sudah melakukan plogging mulai beberapa waktu lalu. Semangat yang viral ini semoga merupakan semangat yang memberikan energi positip kemana-mana, bahkan ada komunitas  yang kutahu punya semboyan,”Kita beri nama ‘We Grab Your Junk’, istilahnya kita yang buang sampah orang-orang”, kata mereka.

Pagi ini, aku kembali ikut meramaikan acara Car Free Day (CFD ) Jakarta, aku berangkat ke lokasi CFD memakai jasa ojek dan kembali ke Cawang, juga naik ojek lagi. Pagi yang segar dan indah mewarnai kegiatan CFD hari ini, ada komunitas BANK yang ikut meramaikan acara cfd dengan kegiatan “color run” ikut membuat suasana stadion GBK menjadi lebih padat dan berwarna warni.

olga itu jangan lupa bahagia

olga itu jangan lupa bahagia

Sengaja kupakai kaos TENGKORAK yang kubeli dari acara donasi bea siswa UGM, tujuannya jelas selain kaosnya enak dipakai juga untuk awal publikasi FILM Tengkorak yang akan segera diputar. Pengalaman nonton film Sultan Agung yang bagus  banget tapi kurang peminat, semoga tidak terjadi pada film tengkorak. Ajang CFD tentu akan membuat kaosku bisa dilihat oleh ribuan pasang mata, meskipun belum tentu mereka memperhatikan kaosku, minimal inilah usahaku yang dapat kulakukan untuk membantu publikasi film ini.

logo Tengkorak vs Ondel ondel

logo Tengkorak vs Ondel ondel

Tidak seperti kegiatan Gowes yang bisa sampai berpuluh kilometer dan sampai berjam-jam hingga sore hari, maka kegiatanku CFD walk, hanya dua jam kurang dan tidak lebih dari 10 km. Perbedaan yang menyolok, demikian juga kinerjanya, sangat mencolok perbedaannya. Waktu acara LTDJ 110 km, kita tempuh sampai jam 15:00 dan selesai acara masih banyak teman yang berhahahihi sambil menanti rombongan yang belum sampai, sementara dalam kegiatan CFD walk ini, aku langsung teler dan mencari pengganti energi yang kubuang.

Pengalaman yang menarik bagiku, tantangan baru kutemui dalam kegiatan “walk”, sama kondisinya dengan beberapa temanku yang beralih ke olah raga lari. Mereka pasti hasilnya lebih parah dari kegiatan berjalanku. Napas lebih tersengal-sengal dan engsel kaki lebih merasakan beban yang lebih berat.

Minum yang cukup jauhi dehidrasi

Minum yang cukup jauhi dehidrasi

Olah raga berjalan memang lebih sederhana dari olah raga bersepeda, baik persiapannya maupun pelaksanaannya, tapi kalau soal nafas hasilnya lebih nyata beratya. Nafas seperti mau putus, dada seperti mau meledak, mirip seperti jika kita gowes dan kemudian menemui tanjakan curam. Saat kita memaksa untuk memompa semangat kita dan tetap melahap tanjakan itu, maka begituklah rasanya ketika goweser beralih profesi ke “runner”.

perbedaan bersepeda dan jalan kaki

perbedaan bersepeda dan jalan kaki

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk olah raga berjaan  kaki (lari), antara lain adalah beratnya beban sepasang kaki kita dalam menyangga tubuh kita, begitu juga dengan lebih mudahnya cedera di area pinggang maupun lutut dibanding kegiatan bersepeda. Kelebihan jalan kaki (lari) dari pada olah raga bersepeda hanya lebih santai, hanya butuh perlengkapan olah raga yang (relatif) sederhana, sehingga otomatis bisa menjadi lebih murah.

Meski demikian, yang namanya olah raga itu harus sesuai dengan kata hati, jangan pernah memaksa badan kita untuk berolah raga padahal dalam sudut hati kita terasa masih ada yang belum sreg. Usahakan memilih olah raga yang dapat kita nikmati dan bisa membuat hati kita senang, Car Free Day (CFD) adalah ajang yang tepat untuk membuat hati kita bahagia dan saat yang tepat untuk kita bisa menikmati Kota dengan polusi minimalis.

Sang Tengkorak beraksi

Sang Tengkorak beraksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.