Jangan lupa bahagia

Diskusi multi angkatan sipil UGM

Banyak kegiatan olah raga bukan berarti akan makin sehat, bisa jadi yang sebaliknya terjadi, kebanyakan olah raga justru membuat tubuh terkuras habis energinya dan justru kurang mendapat pasokan energi yang sesuai, akibatnya jelas merugikan kesehatan. Lakukan kegiatan olah raga demi kebahagiaan kita pribadi dan jangan sampai membuat orang lain terganggu kesenangannya, privasinya, prinsip “jangan lupa bahagia” patut menjadi garis besar segala hal yang kita lakukan.

Demikian juga ajang pesta lima tahunan, ajang memilih presiden dan wakil rakyat, jangan dijadikan ajang yang membuat timbulnya perpecahan di antara kita. Komunitas olah raga kita, jangan sampai ditinggalkan karena ada membernya yang berbeda pendapat dengan pilihan capres kita. Berbeda pilihan jelas boleh, karena itu hal yang sangat manusiawi, tapi nyoblos (memilih) tetap harus dilakukan, apapun pilihan kita. Ini suatu hal yang kadang gampang diucapkan tapi sulit dilaksanakan.

mlayu bareng konco

mlayu bareng konco

Bersepeda atau berlari dengan teman yang berbeda pilihan, justru makin memperkaya kita akan pengetahuan kita terhadap pilihan yang sudah terlanjur mendarah daging, bisa jadi pilihan kita berubah karena ternyata teman kita memilih yang lain dan bisa menunjukkan bukti bahwa pilihan teman kita ternyata lebih baik dari pilihan kita, demikian juga sebaliknya, teman kita setelah tahu pilihan kita kemudian berganti pilihan. Apapun pilihannya, tetaplah bergembira dalam berolah raga dan jangan lupa bahagia. Hidup itu selain beribadah padaNYA, memang ujungnya adalah juga mencari hati yang bahagia lahir batin, bukan mencari materi yang berlimpah dan kehilangan kebahagiaan di hati.

Obrolan di warung bersama teman akrab kita juga bisa jadi membuat pilihan kita berubah, nikmatilah perubahan yang terjadi, karena itulah sifat manusia, kita semua bukanlah malaikat, kita masih sering berubah pikiran setelah ada masukan tentang sesuatu yang baru diketahui setelah kita berkumpul dengan teman yang berbeda pilihan.

Gowes Wedangan Kampoeng UNY

Gowes Wedangan Kampoeng UNY

Sama dengan membandingkan hobi olah raga lari dan bersepeda, bisa diakhiri dengan saling menghargai pilihan masing-masing, tapi bisa juga berakhir dengan bara dendam, karena masing-masing tidak mau mengalah dengan pilihannya. Semua olah raga itu baik, tinggal memilih yang paling sesuai dengan sikon kita dan sikon kemampuan badan kita.

Temanku memilih olah raga sepeda karena kondisi lututnya tidak sesuai untuk olah raga lari, sementara teman yang lain justru memilih olah raga lari, karena lebih cocok dengan kebiasannya yang tidak bisa jauh dari rumah. Dia memilih olah raga lari karena, cukup hanya di sekitaran rumah sudah bisa dilakukan jalan kaki dengan sepuasnya.

Start dengan kegembiraan

Start dengan kegembiraan

Tuhan memang menciptakan berbeda-beda dan dengan kemampuan berbeda pula, jangan sampai kita memaksakan diri untuk sama dengan orang lain. Jadilah diri sendiri, jangan menjadikan kita sebagai orang lain, kalau kecepatan olah raga kita sudah mentok di angka yang berbeda dengan teman kita yang “atlit”, jangan memaksakan diri menjadi atlit dadakan, akibatnya sudah sering kita lihat/dengar, kawan kita tidak sampai finish olah raganya karena sudah lebih dulu dipanggil Tuhan. Mari kita biasakan hidup sehat dengan olah raga ! 🙂

Kematian memang tetap menjadi misteri bagi manusia, atau bagi siapapun, kita tidak pernah tahu kapan, dimana dan sebab apa kita dipanggil Tuhan, Itulah misteri kita dan jangan mencoba melawan misteri itu. Nikmatilah sebagai bagian dari hidup kita, yang penting dalam hidup dan berolah raga jangan lupa bahagia !

Ngobrol sebelum start Harbak PU 72

Ngobrol sebelum start Harbak PU 72

Semoga pilpres ini segera berlalu dan kita kembali dalam kehidupan normal lagi, kembali bisa tertawa bersama dan berolah raga bersama. Semua akan kembali kita nikmati, hoax akan berkurang dan saling menghargai akan kembali mewarnai hidup ini. Aamiin YRA.

Diskusi multi angkatan sipil UGM

Diskusi multi angkatan sipil UGM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.