Kamis Optimis

pulang dari kantor ke rumah

Banyak istilah klise di sekitarku, mulai Rabu rutin, Jumat berkah dan sekarang aku ingin menulis tentang Kamis Optimis, karena di hari Kamis ini, aku menemukan beberapa hal yang membuatku semakin optimis menatap hidup dan kehidupanku hari ini dan masa nanti. Aku makin yakin bahwa olah raga merupakan salah satu bentuk dari rasa syukur kita dikaruniani badan yang bisa untuk kesana kemari, membantu lingkungan sekitar kita, semua bisa kita lakukan dengan syarat badan kita bisa melakukannya dengan baik. Aku optimis dapat melakukan dengan baik dan semoga selalu lebih baik dari kemarin.

Tubuh kita ini memang sangat patuh pada perintah kita, tapi belum tentu tubuh bisa melaksanakan perintah kita, karena berbagai sebab dan untuk bisa melaksanakan perintah kita, badan ini perlu dibuat selalu sehat setiap saat. Kuncinya adalah hidup sehat dengan berolah raga, selalu latihan sehat secara konsisten dan terarah, kunci supaya terarah dan teratur, kita harus tahu ilmunya dan ilmu bisa dicari lewat internet atau lewat komunitas kita sehari-hari.

Ilmu dari internet, bagai rimba belantara tanpa petunjuk sama sekali, atau penuh petunjuk yang membingungkan kita karena begitu banyaknya dan kadang saling bertentangan. Disinilah kita harus memasang filter agar semua informasi yang kita dapat tidak bermuatan hoax, perlu banyak check dan recheck untuk memastikan info yang masuk sudah tersaring dengan baik dan tinggal klarifikasi kepada orang atau sumber berita yang kita yakini benar dan valid.

Begitu banyaknya filter yang kita pakai, belum juga akan menjamin kualitas info yang didapat, kita harus percaya bahwa masih ada satu titik di info yang kita dapat yang masih belum 100% kita yakini, artinya jangan sampai kita lalu percaya 100% dan mendebat pada siapa yang tidak percaya dengan semangat 45. Terimalah kritik maupun saran dari teman/sahabta kita atau komunitas kita dengan berpikir lebih jernih. Niscaya semua akan lebih nikmat kita menerimanya.

lapangan basket THD

lapangan basket THD

Kamis optimis ini kumulai dengan bangun pagi lanjut olah raga lari mengelilingi lapangan basket di depan rumah, satu putaran terdiri dari sisi naik dan sisi turunan, sekitar 4 putaran memakan jarak 1K, akupun menyelesaikan rute 3K dengan separuh berjalan dan separuh berlari, pace sekitar 10-12, kuusahakan HR pada zone2, sehingga tidak terlalu banyak keringat yang keluar dari tubuhku. Seusai lari, aku lanjut sahur di warung pojok langganan, langsung 1 gelas telor 3/4 matang, roti bakar isi coklat dan ditutup dengan supermie goreng remas.

ngobrol dengan penjaga warung pojok

ngobrol dengan penjaga warung pojok

Keringat sudah tidak keluar lagi dan masih sempat mandi plus sholat sunah sebelum subuh di masjid dan lanjut lagi dengan baca kalam illahi ditutup dengan perjalan ke kantor untuk kerja seperti biasa. Perjalanan ke kantor inilah yang membuat kamis optimis makin mengental di hari ini. Dengan ditemani kawan baru yang baru kemarin sore lengkap kuterima dari toko online, aku ke kantor dengan bantuan tongkat nordic walk. Kemarin  sore aku masih merasakan beberapa kecanggungan memakai tongkat nordic walk dan hari ini baru kusadari, meskipun tongkat kanan dan kiri dibeli dari toko yang sama, ternyata perlu disetel lagi agar sama persis tingginya.

pulang dari kantor ke rumah

pulang dari kantor ke rumah

Guru hidupku ikut melihat postinganku di IG @eshape dan memberi tanda like, akupun tersenyum karena beliaulah yang membuatku membeli sepasang tongkat Nordic walk, dan kayaknya aku harus meminjam tongkat beliau untuk merasakan bedanya tongkat bermutu tinggi dan tongkatku yang begitu pesan begitu datang hari itu juga. Aku masih harus belajar lari untuk menguasai cara berjalan, berlari dan memakai tongkat nordic walk, yang semua ini untuk menghadapi event UGM International Trail RUN di Wanagama Gunung Kidul DIY, 13 Oktober 2019 dalam rangka Dies UGM ke 70 alias lustrum ke 14.

Perjalan berlariku masih baru dimulai dan masih buth waktu untuk lebih memaknai jiwa dalam olah raga lari/jalan. Baru hampir setahun aku mulai menekuni olah raga ini dan kegiatanku berklari jadi mengurangi kegiatanku bersepeda, tetapi sebenarnya bukan mengurangi tapi membuat kegiatanku berolah raga makin lengkap, kita tahu bahwa oleh raga lari (jalan), renang dan bersepeda akan memakai otot yang berbeda dan membuta kita lengkap melatih otot kita. Inilah yang membuatku merasa hari Kamis optimis ini akan memulai hidup yang lebih hidup.

perjalanan HM (hanya mlaku) 21K

perjalanan HM (hanya mlaku) 21K

Ajak keluarga kita menikmati hidup dengan olah raga agar tersenyumlah dunia pada keluarga kita dan keluarga kita menjadi bisa menikmati dunia yang indah ini.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.