10 ribu langkah per hari

Gowes Carita

GPS yang ada di ponsel via aplikasi Endomondo, Strava dan lain-lain, nampaknya memang tidak selalu tepat dengan kenyataan, ada yang kadang dikorting atau bahkan diberi bonus. Temanku yang sering lari di lintasan atletik, selalu membandingkan hasil dari GPS dan di kenyataan, kesimpulannya tidak ada aplikasi yang cocok dengan kenyataan. Aku juga sudah membuktikan, bahwa jam olah raga yang kupoakai kadang juga ngaco dan tidak menampilkan rute yang sebenarnya kutempuh, tapi di antara banyak aplikasi di jam olah raga, yang kuanggap sering sesuai dengan kenyataan adalah jumlah langkah yang kulakukan via jam olah raga itu. Akhirnya untuk patokan olah ragaku, aku mengambil target 10 ribu langkah per hari.

Entah darimana angjka 10 ribu langkah itu didapat, aku hanya ikut-ikutan saja dan sudah merasakan manfaatnya ketika bisa konsisten selama berhari-hari mencapai target itu. Apalagi aku bukan type olah ragawan yang akan mencapai prestasi di beberapa tahun lagi, aku cuma orang bisa yang suka olah raga dengan sarana dan prasarana yang lebih sedikit, lebih mudah dilaksanakan (untuk tubuhku) dan bisa lebih menyesuaikan dengan waktu luangku.

luwih cofee belakang

luwih cofee belakang

Olah raga gowes yang juga kutekuni sampai saat ini, malah sudah lama kukurangi porsinya, termakan oleh kegiatan jalan yang kulakukan tiap hari. Berbeda dengan olah raga lari yang harus ada jeda, minimal ada dua hari tanpa berlari, karena dengan tiap hari berlari justru akan menyebabkan otot kaki yang dipakai untuk berkari jadi tegang dan tidak sempat istirahat, akibatnya bisa bermacam-macam, bahkan bisa sampai cedera.

Kegiatan harianku ternyata kalau dipantau dengan jam olah raga, bisa mencapai 10 ribu langkah per hari. maklum aku berangkat dan pulang kantor selalu dengan jalan kaki dan kadang mampir di toko atau warteg, sehingga lebih dari 10 ribu langkah per hari. Konsistensi kegiatan jalan ini rupanya membuat aku makin cinta dengan olah raga jalan dan beberapa waktu kemudian akupun mulai melangkah ke olah raga lari, sampai akhirnya aku dapat badge sebagai pelari HM alias lebih dari 21K.

HM Cawang

HM Cawang

Memang aku tidak kepikiran untuk lari marathon 42K, bisa berlari dengan jarak 21K saja sudah terasa hebat bagiku dan sudah terasa beratnya lari dengan beberapa risikonya. Salah sedikit saja, akan menyebabkan kaki tidak bisa digerakkan sesuai apa yang kita maui. Seusai lari 10K pernah kulanjutkan dengan kegiatan lari, hingga sampai beberapa puluh ribu langkah dan  akibatnya otot kakiku sudah tidak mau menuruti perintahku lagi, hanya ada keinginan untuk melangkah tapi kaki sudah tidak mau menuruti apa yang ada dalam pikiranku. Itu sebabnya aku hanya bisa berkata,”saatnya jalan kaki saja, lari itu sangat menyenangkan, tapi bisa bermasalah kalau tidak ikut aturan yang ada”

UGM ITR 010

UGM ITR 010

Memang dalam olah raga lari, kita boleh meningkatkan kemampuan lari, tapi peningkatan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak asal meningkat, tapi ada step-step yang harus dilalui dengan penuh perhitungan dan tidak boleh meningkat drastis. Ada yang bahkan menentukan cukup meningkat maksimal 10% saja, jadi kalau minggu ini bisa 5K, maka cukup 5,5K untuk minggu depannya, untuk hal ini akan lebih baik dokter olah raga yang berbicara dan jangan ikut kata orang saja.

Tekuni olah raga apa saja (jalan atau gowes) dengan mematuhi aturan yang ada dan dari sumber yang bisa dipercaya, ikut “coaching clinic” tentu akan sangat bermanfaat. Yuk kita belajar lari dengan benar dan selalu patuih dengan aturan yang ada, niscaya aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Olah raga lari lebih rentan dari cedera kalau salah metode yang dipakai. Percayalah ! 🙂

 

Gowes Carita

Gowes Carita

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.