Negative split

pulang dari kantor ke rumah

Ketika teman-temanku sudah mulai ikut lari marathon, aku masih berkutat dengan lari non marathon, aku merasa lari marathon masih terlalu jauh untuk kuraih, untuk lari yang biasa sajapun aku masih “keteteran”. Mungkin karena aku belum setahun aktif berlari, belum mencoba lari betulan dengan pace konstan di satu angka, banyak alasan untuk tidak menjadikan marathon sebagai targetku jangka pendek, bahkan jangka panjangpun masih belum kepikiran. Aku selama ini ini lebih fokus untuk berjalan 10 ribu langkah per hari dan mulai belajar negative split.

Istilah ini agak asing bagiku maupun bagi teman-teman komunitasku lari, tapi ternyata sudah umum bagi pelari yang sudah aktif berlari dan berada dalam komunitas yang anggotanya rajin berbagi pengalaman. Ketika mencari di mbah google, ternyata tidak begitu banyak membantu, mungkin karena salah key word, sehingga akhirnya dengan bertanya kesana kemari, baru aku dapat sedikit ikut menyelami inti dari negative split, apalagi setelah melihat hasil lari di NRC (Nike RUN Club).

Secara umum pengertian negative split adalah separo bagian lari yang terakhir lebih cepat dari yang separo di depannya, misalnya lari marathon kita bagi dua, nah yang separo terakhir lebih cepat dari separo bagian pertamanya. Tentu aku tidak juga paham dengan pengertian ini, kenapa disebut Negative kalau tidak terlihat unsur negative dalam penjelasan itu. Begitu ada penjelasan model yang lain, aku jadi ngeh\, memang aku masih harus belajar lari.

negative split

negative split

Setiap kita olah raga lari, akan muncul dalam aplikasi kita, berapa angka pace yang didapat di masing-masing kilo meter dan di kumulative jarak. Nah selisih dari tiap pace, kalau negative berarti kita lari dalam pola negative split. Akan nampak jelas pada pelari yang memakai aplikasi NRC saat berlari, warna hijau artinya negative split (dalam aplikasi NRC), sedang warna merah bukan negative split. Pendeknya kalau lari semakin cepat, maka hasilnya adalah kita sedang ada dalam mode negative split.

negative split 5K

negative split 5K (sumber Google)

Dalam prakteknya, aku selalu mencoba agar saat start dalam kondisi emosi terkontrol, aku bukan atlit dan berlari hanya untuk mencari bahagia, jadi aku memulai lari dengan jalan kaki dan makin lama makin menambah kecepatan, sehingga menjadi jalan cepat. Jangan sampai disalib anak muda dan emosi terbangkit untuk mengejar, harus tetap stay cool, tetap adem dan tetap dalam pace yang kita nyaman menjalaninya.

UGM ITR panas tapi adem :-)

UGM ITR panas tapi adem 🙂

Akhirnya pada satu titik tertentu aku marasa nikmat dengan berlari dengan pace nyaman, bukan pace tercepatku, biasanya kuambil 80% dari pace tercepatku. Setelah terasa nyaman, aku mulai lebih fokus pada sisa perjalanan, sehingga aku dapat memperkirakan dimana bisa lari dengan pace yang tercepat sebelum masuk finish.

Cara ini terbukti cocok ketika aku mengikuti beberapa event lari regular atau road RUN, tetapi menjadi kacau balau ketika mengikuti model lari yang lain dan penuh dengan acara selfie, pace jadi ambyar dan hasilnya tidak sesuai yang kuinginkan, meskipun tetap dapat finish dengan kondisi tubuh tetap segar bugar.

kasepuhan (foto komunias KLUB)

kasepuhan (foto komunias KLUB)

Cara negetive split ini akan kupakai lagi dalam beberapa event lari di akhir tahun ini, bukan untuk mengejar target lariku yang kalau tidak salah ingat 1.500 K untuk tahun 2019, aku sudah melupakan target lari dan lebih fokus pada target harianku, 10 ribu langkah per hari, yang sampai hari ini kulakukan sudah lebih dari 120 hari tanpa terhenti. Pulang dari kantor juga kuusahakan untuk tetap lari/jalan untuk memenuhi target 10 ribu langkah per hari.

pulang dari kantor ke rumah

pulang dari kantor ke rumah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.