Cara daftar reduksi tiket KAI

Cawang Monas

Akhirnya aku tertarik juga untuk mendaftar reduksi tiket KAI, penyebabnya tentu riuhnya teman-temanku di grup WA yang sudah membeli tiket KAI dengan reduksi 20%-nya. Setelah aku searching di internet, ternyata banyak petunjuk untuk mendapat reduksi tiket KAI, tetapi kebanyakan hampir sama dan kurang sesuai dengan kondisi tahun 2020 ini. Akupun tergerak untuk menulis tentang cara daftar reduksi tiket KAI yang cukup satu kali dan akan berlaku untuk seumur hidup ini, tanpa proses yang “ribet”.

Cara beli tiket di KAI

Cara beli tiket di KAI

Dua jempol tentu patut diberikan pada sistem daftar reduksi KAI yang begitu tertata rapi dan sistemik menerima orang semacam aku, komunikasi sebentar kemudian CS (Customer Service) memita KTP, menscan dan menyodorkan kertas yang sudah dipotong rapi dan semuapun langsung selesai. Tidak sampai memakan waktu 5 (lima) menit di ruang CS, proses daftar reduksi tiket KAI sudah rampung.

CS KAI

CS KAI

Rencana awal mampir kesana kemari bila waktu daftar terlalu lama, untuk makan dsb, akhirnya gagal sudah, aku langsung balik kanan dan pulang ke markas, menikmati mudahnya proses daftar reduksi tiket KAI. Padahal tadinya sudah bermacam-macam skenario kubuat bila mengikuti petunjuk yang kudapat di internet. Proses akan cepat memang, tetapi sebelum proses inti daftar, maka proses antri daftar dan perisiapan kalau memakan waktu lama sudah kubuat skenarionya, misalnya dengan menanti sambil makan di resto lezat yang ada di Gambir, dsb.

Ternyata begitu masuk stasiun Gambir, langsung bertanya pada security letak CS, kemudian ambil antrian di ruang CS dan duduk sebentar untuk antri, setelah itu langsung menghadap CS dan komunikasi dengan CS tidak sampai 5 menit, semuanhya sudah selesai. Aku bahkan masih sempat narsis di sisi stasiun Gambir untuk berfoto dengan latar belakang tugu Monas.

Nampang di Gambir (baca Monas)

Nampang di Gambir (baca Monas)

Yang perlu diperhatikan hanya beberapa hal ini saja :

  1. Siapkan KTP asli, tidak perlu membawa salinan (poto copy) KTP.
  2. Ambil nomor antrian daftar reduksi tiket KAI di ruang CS.
  3. Menunggu antrian
  4. Komunikasi dengan CS (setelah sampai di nomor urut antrian)
  5. Menyerahkan KTP asli dan diberikan petunjuk membeli tiket oleh CS.
  6. Selesai

Hari yang indah kualami pada hari ini di seputaran Monas, pagi hari bersepeda dari Cawang ke Monas dan siang hari daftar reduksi tiket KAI juga di Monas (baca Gambir).

Cawang Monas

Cawang Monas

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.