Hikmah Covid-19

dirumahaja

Akhirnya pagi ini aku mendapat pencerahan ketika nonton NET TV dan ada Dedy Corbuzer mewawancarai pak GP dan Prof RK, keduanya memberikan banyak hikmah Covid-19 dalam hidup ini. Mulai dari yang paling kecil, mau melakukan demo (May day), tetapi malah berubah menjadi punya ide untuk mengembangkan usahanya atau cerita tentang beruang es yang hibernate ketika musim dingin tiba dan kembali “bergerak” ketika masa hibernate berakhir. Jadi inget ketika sering hibernate di PC dan setelah PC akan dipakai lagi, maka PC selesai tugasnya untuk hibernate.

Aku kemudian mencoba mencari hal-hal yang berubah sejak corona datang, ternyata tanpa disadari banyak hal yang sudah berubah begitu saja, akupun ternyata baru sadar kalau sedang menikmati hari-hari baru dalam hidupku di Jakarta.

  1. Udara Jakarta yang lebih bersih, langit biru sering muncul di atasku.
  2. Suasana kampung/kota yang lebih tenang, tidak kemruyuk seperti biasanya.
  3. Bisa punya waktu banyak untuk berkaca pada diri sendiri,”sudah sejauh mana kita berguna buat nusa dan bangsa“.
  4. Mulai berpikir untuk melihat bisnis kita dengan lebih cermat dan mulai berpikir apa yang harus dilakukan nanti setelah mbak Corona pergi dan juga berpikir yang bisa dilakukan sejak detik ini.
  5. Mulai berpikir bahwa #tundamudik ternyata banyak hikmahnya.

Aku juga merasa lebih sehat dibanding biasanya, mungkin karena lebih sering cuci tangan dan jadi banyak teman yang muncul di hari-hari belakangan ini. Persis seperti ucapan prof RK, material APD yang dulu amat sulit didapat sampai-sampai ada yang mencoba mencari untung dengan menimbunnya, sekarang sudah tidak ada lagi, justru saat ini banyak beredar APD dengan tidak berbayar, alias gratis, Tiba-tiba banyak orang menjadi penjahit APD dan banyak orang yang membeli APD untuk dibagikan tanpa memungut biaya.

100 washtafel untuk pasar tradisional

100 washtafel untuk pasar tradisional

Muncul juga sukarelawan baru yang begitu trengginas menghadapi pandemi yang (sebenarnya) mengerikan ini, semangat gotong royong begitu kental terasa, saudara jauh tiba-tiba terasa dekat, bahkan tetangga yang tadinya tidak saling sapa, sekarang bisa saling senyum saat mandi matahari di kampung. Orang-orsmg tua yang tadinya tidak pernah terlihat, sekarang bermunculan untuk mandi matahari. Hikmah Covid-19 sungguh merasuk ke segala golongan/lapisan masyarakat.

Tentu saja yang usil ada juga, mereka tetap saja menyebarkan hoax untuk memuaskan syahwat mereka, mereka membuat hoax dengan penuh ketelitian dan dengan studi yang (menurutku) tidak main-main, tentu saja untuk hal ini aku memang hanya sepintas lalu menanggapinya, capek kita melawan para pembuat/penyebar hoax. Masih lebih baik, kita juga menyebarkan tandingannya, menyebar berita baik dan benar untuk dunia, biarkan teman-teman kita yang suka hoax tetap puas dan yang suka berita baik dan benar juga sama-sama puas.

jangan dulu mudik

jangan dulu mudik

Aku dulu sering juga terperosok dalam berita hoax, meskipun sudah melakukan “saring sebelum share” tetap saja berita hoax itu (berhasil) lolos dari saringan. Aku hanya dapat tersenyum kecut ketika tahu berita yang kubagikan ternyata hoax, mau apa lagi, itu adalah kesalahanku untuk menyebarkan berita hoax. Akupun memutuskan untuk mulai mencari hikmah covid-19 dan mebagikannya, lebih nyaman dan ada hadiah yang luar biasa indah ketika berhasil mendaoat teman yang setuju berita hikmah covid-19 yang kubagikan.

Aku percaya pada tekadku untuk menyebar berita baik akan lebih menyehatkan diriku dalam menghadapi covid-19, minimal tingkat imun dalam tubuhku menjadi lebih besar dibanding aku menyebar hoax yang membuatku menyesal tanpa bisa menarik berita hoax yang sengaja/tidak sengaja kusebar. Itu mirip dengan orang yang menancapkan paku pada sebuah meja dan mencabutnya kembali, meja itu akan terlihat pernah dipaku dan “bolong-bolong” bekas paku akan tetap muncul.

dirumahaja

dirumahaja

Yuk kita berlomba-lomba membuat kebaikan dalam hidup ini, saling menyebarkan hikmah covid-19 dengan cara yang baik dan benar, karena aku yakin pasti ada nilai nilai positif corona atau covid-19 ini. Fas tabiqul khairat ! Inilah senyum Ramadhan rumahku 🙂

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.