Inovasi tanpa henti

Kebangkitan Nasional 20 Mei

Kebangkitan Nasional Indonesia, 20 Mei 2020, ditandai dengan adanya hasil inovasi tanpa henti oleh bangsa Indonesia, semua elemen masyarakat makin percaya bahwa untuk menghadapi covid-19 perlu kekuatan semua insan Indonesia, baik melalui kekuatan semangat gotong royong maupun melalui terobosan di semua lini, sebut saja Ventilator karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, dan PT Poly Jaya, Produk Imunomodulator, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, sampai ke masalah Artificial Intelligence untuk Deteksi covid-19. Semuanya merupakan produk dalam negeri dan merupakan hasil dari inovasi tanpa henti bangsa Indonesia.

Mungkin memang mencenggangkan atau hanya akal-akalan pemerintah, tapi kalau memang itu karya anak bangsa, maka seberapapun peran sang innovator, perlu kita apresiasi, karena kita kuat bila saling bersinergi, kita kuat karena bersatu bukan bersatu untuk saling menyalahkan, apalagi bersatu untuk saling mengeluh. Segala macam keluhan, nyinyiran, atau apapun itu, apabila sifatnya menimbulkan energi negatip, wajib kita hindari. Semangat “we are ONE” mengajari kita untuk lebih peduli pada berita yang menimbukan energi positip serta menjauhi berita hoax dan semacamnya, yang jelas-jelas menimbulkan energi negatip.

Saatnya memandang dunia baru dengan berbaik sangka, memahami watak dan perilaku covid-19, mencari inovasi tanpa henti agar selamat “berteman” dengan covid-19, seperti kita dulu takut pada pandemi cacar atau juga pandemi kolera dan sekarang sudah bisa hidup bersamanya. Memang kata kuncinya adalah ketika sudah ditemukannya anti pandemi itu oleh tanaga medis dunia dan inilah saatnya kita tetap harus berhati-hati agar bisa berteman dulu dengan covid-19 yang belum ada anti virusnya. Sampai saat ini dipercaya bahwa virus covid-19 berserta turunannya masih misterius dan belum ada obatnya, tapi pasti akan ketemu obatnya !

inovasi tanpa henti

inovasi tanpa henti

Saat obat virus covid-19 sudah ditemukan, akan atau sudah tercipta suasana baru, kebiasaan baru dan semua yang berbeda dengan kondisi saat sebelum virus covid-19 menyerang kita. Dunia transportasi akan berubah bentuknya, dunia bisnis, dunia pariwisata dan dunia dunia lain yang paling terdampak virus pasti akan menemukan bentuk baru menghadapi covid-19. Saat ini mereka sedang melakukan inovasi tanpa henti, sesuai denghan salah satu paham managemen ISO, apapun serinya.

Dunia pendidikan yang paling dekat dengan kehidupamn istriku juga pasti akan berubah, baik cara mencari murid, membimbingnya maupun menciptakan generasi penerus kita tersebut akan mengalami perubahan, bagaimana bentuk perubahan yang akan terjadi, kita belum tahu tentunya sampai saat ini, tapi bisa dipastikan pada era NEW Normal pasti sudah berubah, bisa jadi evolusi ataupun berubah dengan drastis, apalagi mas menteri pendidikan juga termasuk orang yang suka melakukan inovasi tanpa henti.

Azizi 3 Surabaya

Azizi 3 Surabaya

Aku jadi ingat ketika jaman dulu istriku begitu getol untuk mendirikan TK sebagai sarana menciptajkan sekolah yang bermutu untuk anak-anak kita, perjuangan yang maha luar biasa bagiku ini, ternyata mengalami kondisi yang membuat kita harus sabar dan melakukan inovasi tanpa henti agar dapat tetap survive mengarungi masa-masa yang penuh tantangan, apalagi tantangan tahun ini. Lawan kita adalah pandemi yang maha dahsyat bagi dunia pendidikan, lebih berat dari proses mendirikan TK di Medan, karena TK di Surabaya lawanya tidak hanya masalah materi dan non materi, tapi plus COVID-19.

Kebangkitan Nasional 20 Mei

Kebangkitan Nasional 20 Mei

Kita tunggu kiprah semua bidang di dunia NEW normal nanti, mobil-mobil listrik hampir bisa dipastikan makin diminati oleh mereka di era NEW normal, meski biaya risetnya tinggi tetapi hasilnya tentu akan menciptakan sarama transportasi yang makin hemat, memakai sumber daya alam yang makin ramah lingkungan dan lebih menciptakan suasana yang lebih ceria. Akan datang masa dunia transportasi seperti dalam film-film bioskop, semua akan menjadi nyata dan tidak hanya ada dalam angan-angan kita.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.