NEXT normal

NEXT normal Mei 2020

Pagi ini merasakan aura NEW normal, langit yang lebih biru dan udara yang terasa (sedikit) lebih segar dari biasanya, deru kendaraan bermotor yang kembali ramai maupun langkah kaki yang menjadi lebih ringan. Sebenarnya kalau kita berbaik sangka dengan indahnya hari ini, maka yang muncul di depan kita adalah semua yang indah-indah, meskipun sebenarnya tidak indah maksimal, tetapi tetap akan terasa lebih indah dibanding bila kita memulai hari dengan berburuk sangka. Temanku menyebutnya bukan NEW normal, tapi NEXT normal dan aku kayaknya setuju dengan istilah barunya itu.

Kalau semua orang bilang NEW normal dan orang yang lebih muda dariku menyebutnya NEXT normal, kurasa itu syah-syah saja, intinya aura saat ini memang berbeda dengan aura sebelum pandemi masuk dan menguasai gelanggang pentas kita bersama. Kitalah aktor dalam drama pandemi ini, sutradaranya bukan kita, jadi tugas kita hanya “berakting” sebaik mungkin, untuk membuat senang sutradara kita. Peran  apapun bisa kita mainkan, tergantung kreasi kita dan kemauan kita menjalankan peran itu, kalau suasana hati berubah, maka mungkin sekali peran kita berubah juga,

Bulan Ramadhan ini peranku sebagai aktor gowes hilang dari peredaran, yang tinggal hanya kenangan gowes di beberapa tempat di seantero event gowes di tanah air Nusantara. Jadi kalau mengacu pada kegiatan Gowes, maka NEW normal adalah hidup tanpa gowes dan hanya olah raga lari/jalan saja. Target bersepeda tercapai NIHIL dan target bergerak dengan jalan kaki/lari melebihi rencana, itulah yang disebut NEW normal bagiku.

NEWnormal tetap sehat (badan POM)

NEWnormal tetap sehat (badan POM)

Memantau hasil laporan dari berbagai media, main stream, aku merasa bahwa NEW normal itu akan bergeser sedikit dari yang diharapkan oleh penggagasnya, karena kulihat masih banyak yang belum patuh pada aturan yang diberlakukan dalam masa NEW normal, itu mungkin yang membuat temanku bilang bahwa saat ini sudah akan bersiap menghadapi NEXT normal. Sebuah lelucon yang perlu dicermati karena mungkin saja skenarion NEW normal memang akan bergeser dari skenario awalnya, yang diperkirakan memulai dengan mantap di akhir Juni/awal Juli, menjadi bergeser di waktu yang lebih cepat.

Jadi kayak lelucon memang, belum memahami/memulai NEW normal dengan berbagai auranya, sudah berganti menjadi aura NEXT normal, suatu hal yang hanya berupa gurauan receh, tapi bisa jadi ada hikmah tersembunyi dari guyon receh ini, itulah “guyon maton” versi orang jawa (baca Jogja).

Hermawan (liputan6)

Hermawan (liputan6)

Kalau menyimak pakar pemasaranan Hermawan Kartawijaya tentang NEW normal dan NEXT nomal di acara talkshow online Live Stream Fest Volume 3 pada Minggu (17/5) 2020, begini katanya :

“Sekaranglah era new normal. Bukan setelah COVID-19. Bekerja dari rumah, produk harus online, komunikasi juga jadi serba online sehingga terbiasa dan menjadi rutinitas baru. Itulah new normal,”

kampanye-positif-we-are-one-covid-19-okezone

kampanye-positif-we-are-one-covid-19-okezone

Jadi benarlah apa kata kawanku tadi tentang NEXT normal, dunia akan berubah menjalani rutinitas baru lagi, mulai merubah semua komunikasi ofline menjadi online, mulai menjalankan aktifitasnya berbasis online. NEXT normal kemudian akan berangsur-angsur bermutasi, sehingga berubah menjadi terciptanya dunia baru yang makin berimbang antara dunia online dan offline, persis seperti prinsip TDA (Tangan Di Atas) yang kuanut, dunia online akan makin sakti dengan berimbangnya dunia online dan offline. Seperti saat TDA Bekasi yang makin melejit karena bersinergi dengan blogger Bekasi.

 

Bagiku sendiri, memulai hari dengan NEW normal dengan beberapa kegiatan antara lain :

  1. Bangun pagi bermeditasi dan berolah raga ringan
  2. Bersiap untuk WFO/WFH sesuai protokol covid19
  3. Berbagi (apa saja) yang bisa dibagikan
  4. Sebelum tidur berdoa untuk kebaikan dunia seisinya (terutama lingkungan terdekat)
  5. Diulang dari nomor 1
NEXT normal Mei 2020

NEXT normal Mei 2020

Goweser memang tak kenal pensiun, kalau capek gowes ganti olah raga lari saja atau apa saja, yang penting tetap bergerak untuk kesehatan bukan untuk prestasi karena aku bukan atlit, hanya senang olah raga karena pernah terkena stroke 🙂

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.