Ringfit adventure

aerobik dan anaerobik

“Pak Dhe Eko sekarang suka main ringfit adventure ya ?”

Aku hanya tersenyum saja mendengar celetukan itu, jadi ingat ketika musim pokemon dulu (terus tertawa sendiri). Ringfit olahraga #dirumahaja sementara pokemon justru agar bisa keluar rumah dan menikmati seluruh pelosok kampung atau kota atau apapun yang jarang kita temui sebelumnya. Jaman pandemi ini, kita lebih aman #dirumahaja dan agar tetap bisa berolah raga, maka bermain ringfit adventure adalah salah satu kuncinya.

Memang kalau rumah kita besar dan ada ruang khusus olah raga akan nyaman untuk bermain, tapi tanpa ruang khusus, cukup hanya ruang dimana kita bisa bergerak bebas mengikuti “pemeran” di tampilan layar ringfit adventure, sudah memadai untuk memompa jantung kita menjadi aktif bekerja.

Pertama kali aku bermain, aku diajarkan oleh anak mbarep untuk mempersiapkan dulu segala sesuatu yang sangat diperlukan di akhir permainaan dan juga di awal permainan. Yang paling penting tentu saja air minum, cukup air putih, karena selesai kita bermain akan banyak keringat yang mengucur deras di badan kita. Namun bila kita main “safe”, maka mungkin keringat tidak begitu banyak keluar.

sebaiknya di atas alas yang lembut

Bila terlalu bersemangat, maka biasanya heart rate akan melonjak drastis dan ujung-ujungnya kita perlu asupan energi pengganti yang kita keluarkan saat bermain, Bila pokemon bisa berujud monster yang beraneka ragam, maka dalam ringfit adventure, monster naga yang ada akan membuat adrenalin kita terbangkit dan keringatpun bercucuran tanpa dapat kita tahan.

Namun kurasakan kelebihan permainan ini adalah pengetahuannya tentang kondisi tubuh kita. Setiap beberapa kegiatan kita lakukan, kita diingatkan untuk mengecek “heart rate” dan memutuskan untuk berhenti atau lanjut bermain. Bahkan sering terjadi kita diberi saran untuk berhenti saat ini dan bermain di hari lain saat tunbuh kita sudah segar lagi untuk melawan monster naga. Saran itu bisa kita abaikan dan kita tetap lanjut bermain, tetapi saat ini kayaknya aku lebih memilih untuk mengikuti saran dari nintendo.

cincin (ring con) dan leg strap

Permainan ringfit adventure memang masuk dalam keluarga nintendo switch, sehingga tidak bisa kita hanya membeli permainan ini tanpa mempunya nintendo switch. Peralatan utama yang dibutuhkan untuk bermain ring fit adventure ini adalah :

  1. Ring-Con dan leg strap (disertakan dalam pembelian permainan ring fit adventure)
  2. Nintendo switch
ring fit adventure

Ring con berupa benda yang mirip stir mobil dan berfungsi sebagai senjata kita untuk menghadapi monster dragaux dan leg strap yang terpasang di paha kiri kita berfungsi untuk mengendalikan permainan bersama-sama dengan ring con. Nintendo switch berfungsi sebagai penghubung antara kita dan tampilan layar (TV). Semua peralatan ini didisain agar permainan ini serasa ada di dunia nyata, seolah-olah kita melawan monster dragaux, padahal yang kita lakukan adalah meniru bermacam gerakan olah raga di duunia nyata dengan “fun”.

nintendo switch

Semua gerakan kita lakukan untuk melawan monster naga, kita bisa memilih ingin memperkuat tubuh kita bagian mana dan nintendo switch akan memberi pilihan skill untuk melatih otot bagian yang kita inginkan. Ada gerakan untuk melatih perut, lengan, kaki dan sebaginya. Gerakan lari, lompat, squat, squeeze, plank dll bisa dipadukan untuk melawan monster dragaux dan salah satu yang paling kita unggulkan bisa menjadi senjata andalan kita. Ada lebih dari 40 fit skills yang bisa kita jadikan senjata utama kita, padahal semua itu sebenarnya adalah gerakan oah raga yang akan melatih otot tertentu di badan kita.

jangan lupakan cooldown

Semua dapat kita lakukan tanpa terasa berat, karena dipakai dalam sebuah permainan yang menghibur, sama juga dengan saat aku mencari pokemon di pelosok kampung atau kota, semua dapat terjadi dilakukan karena ada dalam permainan. Dulu bermain pokemon agar tidak hanya di rumah saja, sekarang bermain ring fit adventure karena ingin tetap bisa berolah raga meskipoun di dalam rumah sendiri).

efek latihan fokus ke aerobik dan bukan anaerobik

Saran (nasihat) buat diri sendiri,”jangan lupakan heart rate dan selalu pemanasan maupun pendinginan selama permainan berlangsung”. Tujuan permainan ini untuk kesehatan dan bukan untuk menjadi atlit, selalu jadikan unsur gembira di hati dalam setiap gerakan kita, semoga mendapat kesehatan dan kebahagiaan.

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.