sampah masyarakat

bijak kelola sampah

Yang namanya sampah memang jadi masalah semua orang, meski ada yang cuek dan tidak mepermasalahkannya, tetap saja pada akhirnya yang namanya sampah akan mengakibatkan sebuah masalah yang rumit. Segala jenis sampah pasti mempunyai potensi yang sama dampak buruknya, baik itu sampah padat atau sampah cair, bahkan sampah masyarakat juga akan menimbulkan banyak dampak mengerikan bagi lingkungan, ini sudah saatnya semangat Waste4Change digalakkan, saatnya Mengelola Sampah secara Bertanggung Jawab

Sejak dari lingkungan terkecilku, rumah, aku mencoba untuk rajin memilah milah sampah, tetapi ternyata di luar rumah sampah itu belum dikelola dengan betul dan baik. Masih saja dicampur antara sampah padat, sampah cair, bahkan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) juga belum terpilahkan dengan baik. Kalaupun sudah dikelola dengan baik, ternyata memang tempat untuk membuang sampah juga belum memadai.

Kalau kita melihat tayangan tentang pengelolaan sampah di negara maju maupun di kampung sendiri yang terkelola dengan baik, rasanya harapan untuk bersih dari sampah itu sangat besar dan meyakinkan, tapi kalau kita keluar rumah dan melihat kenyataan di lingkungan kita, hati ini kembali miris. Begitu juga di kota-kota lain, semuanya hanya indah di tayangan media komunikasi tetapi bukan di dunia nyata.

Sampah tetap hanya menjadi sesuatu yang ada di prioritas nomor sekian dari berbagai macam prioritas yang sebenarnya bukan prioritas utama, sampahlah yang sebaiknya jadi prioritas utama. Dengan tertanganinya pengelolaan sampah yang baik, akan banyak nilai positif yang kita dapat, semuanya dimulai dari Waste4Change

Paling sederhana adalah nilai kerapihan, kebersihan maupun kesehatan di depan kita, di lingkungan keluarga kita, jika semua keluarga menyadari hal ini, maka pengelolaan sampah akan menjadi sangat mudah dan menyenangkan. BANK sampah terbukti mendatangkan uang bagi pengelola maupun yang terlibat dalam pengelolaan bank sampah, begitu juga jika kita melihat tempat pembuangan sampah akhir (TPA) yang dikelola dengan baik.

#bijakKelolaSampah

TPA yang dikelola dengan baik, tidak akan berbau menyengat dan nyaman dipandang mata serta memberi nilai tambah bagi lingkungan sekitarnya, pemerhati pengelola sampah juga akan lega berpikirnya jika mengetahui ada suatu TPA yang dikeloka dengan baik, minimal bisa menjadi penyemangat pengelola sampah di tempat lain. Anjuran untuk #BijakKelolaSampah! menjadi tagar yang bagus untuk hal ini.

Aku masih ingat ketika mengalami gempa yang meluluh lantakkan semangat penduduk kota jogja, mereka kesulitan membangun rumahnya akibat gempa, karena semuanya menjadi korban gempa, termasuk rumah tukang perbaikan rumah yang biasa dipanggil, tetapi setelah kejadian itu kota jogja sering dipandang sebagai kota yang mempunyai semangat kebersamaan dalam mengatasi musibah di kotanya, beberapa tokoh kota Jogja diundang ke berbagai kota lain yang terkena musibah dan semangat jogja akhirnya menyebar ke kota-kota yang lain.

Semangat mengelola sampah ini jika berhasil dimulai dari lingkup terkecil, tidak hanya dimulai dari lingkup yang besar, selanjutya akan menyebar menjadi lingkup yang lebih besar dan makin membesar, sehingga seluruh Nusantara akan merasakan dampak signifikan dari semangat #BijakKelolaSampah! ini. Dimulai dari diri sendiri, menjadi contoh untuk pasangan kita, anak-anak kita, orang tua kita maupun saudara-saudara kita, merembet pada tetangga kita, kampung kita, terus melebar ke kota kita dan akhirnya di seluruh peloso nusantara.

Bahkan tidak mungkin negara kita masuk dalam kelompok negara percontohan pengelolaan sampah yang baik di dunia, puncaknya adalah ketika seluruh dunia mulai menyadari pentingnya pengelolaan sampah dan menemukan cara terbaik untuk melaksanakan pengelolaan sampah. Cara mengelola sampah bisa kita buat dan hambatan selanjutnya tinggal bagaimana mewujudkan cara mengelola sampah yang lebih efektif dan effisien, kemudian tiap saat dipikirkan inovasinya, sehingga lama kelamaan pengelola sampah itu sudah menjadi bagian kebutuhan hidup masyarakat. Bangganya kita jika negara kita termasuk negara #BijakKelolaSampah!

kelola sampah dari rumah (pixabay)

Ini mungkin hanya mimpi kecil dari orang kecil yang tidak bisa mewujudkan mimpimya menjadi kenyataan, tapi kalau semua orang mempunyai mimpi kecil yang sama, seberapa kecilnya kita, tetap akan menjadi mimpi besar kita bersama. Indahnya dunia ini bila mimpi kita tentang sampah menjadi mimpi besar yang menimbulkan semangat menciptakan inovasi baru di dunia sampah, tidak hanya berhenti di BANK sampah saja, tapi menjadi BIG BANK sampah yang modern, efektif dan efisien !

bijakKelolaSampah (pixabay)

Ambil hal yang paling sederhana saja, mencuci sendiri piringmu setiap selesai makan, mulai tidak memakai botol air untuk minuman tamu, mulai tidak meciptakan sampah di rumah, meminimalkan produksi sampah di sekeliling kita, mengajak keluarga kita untuk peduli pada sampah terdekat dan membuat lingkungan tersenyum pada hasil kerja pengelolaan sampah kita. Itu saja, sudah cukup ! Inilah saat #BijakKelolaSampah!

Yakinkan diri kita untuk sadar bahwa sampah itu adalah salah satu tanggung jawab kita, kebutuhan kita adalah menciptakan suasana dan lingkungan yang bersih sehat serta nyaman dan mengelola sampah adaah salah satu jalan menuju ke situasi itu.

Yakinkan lingkunganmu, yakinkan juga dirimu untuk mulai diet sampah bukan anti sampah, mulai membuang sampah dengan baik dan bijak, jangan sampai kita yang akan menjadi SAMPAH MASYARAKAT, karena masuk dalam golongan orang yang suka menyampah dengan sembarangan.

we recycle! (pixabay)

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Waste4Change Sebarkan Semangat Bijak Kelola Sampah 2021
Nama penulis: Eko Sutrisno HP”

Diterbitkan oleh Eko Sutrisno HP

@eshape Blogger Indonesia Runner TDA Jogja No 009-00040,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: