Bawa HaPe di Masjid


Apa yang terjadi jika kita bawa hape di masjid ? Kalau dalam salah satu lelucon,”kita akan dimatikan!”, tetapi yang terjadi kadang-kadang hape yang sudah kita “matikan” ternyata masih juga berbunyi, hal tersebut terjadi karena ternyata kita -misalnya- lupa menyetel alarm pas jam kita sholat, bisa alarm untuk meminum obat atau alarm yang lain yang tetap berbunyi walaupun hape sudah diatur ke mode “silent”. Runyam deh jadinya, serba ribet !

Jadi bagaimana sebaiknya yang kita lakukan untuk mengatasi kerunyaman itu ?

Tentu yang paling aman adalah ketika kita memutuskan untuk tidak membawa hape di masjid, tetapi kadang kita entah sengaja atau tidak, terpaksa membawa hape saat di masjid dan -kebetulan- kita lupa mengatur hape agar tidak berbunyi saat di masjid. Aku sendiri pernah mengalaminya, bahkan cukup sering, saat sedang berolah raga lari dan kemudian mampir ke masjid dengan kondisi hape masih di kantong dan hapepun berbunyi nyaring di masjid saat alarm berbuynyi untuk menyatakan aku sudah masuk jarak tertentu.

Akupun sering mendengar suara hape yang tidak dikehendaki oleh pemiliknya ketika pemiliknya sedang khusyu sholat di masjid, padahal sang imam sudah memberi peringatan di awal sebelum takbir pertama,”… bagi yang membawa perangkat komunikasi diharap mengatur alat komunikasinya agar tidak mengganggu kekhusukan sholat jamah yang lain …”.

Setelah berkali-kali mengalaminya, akhirnya aku mempunyai suatu kesimpulan, tentu berdasar pengalamanku saja, bahwa tips yang paling aman adalah dengan memasang hape pada mode “pesawat” (airplane mode), sehingga mengurangi kemungkinan hape berbunyi sendiri saat tidak diinginkan. Juga jangan lupa untuk mematikan hal-hal yang membuat hape kita berkokunikasi dengan hal-hal lain yang bisa menimbulkan hape berbunyi, misalnya mematikan bluetooth atau wifi.

Jogja International Heritage Walk
Jogja International Heritage Walk

Saat sudah dalam kondisi mati dan ternyata bluetooth nasih hidup dan kita sedang dalam mode lari di jam olah raga kita, maka bukan suatu hal yang mustahil kalau hape tiba-tiba berbunyi melaporkan status heart rate atau jarak tempuh yang telah dicapai.

Setiap orang pasti punya cara sendiri-sendiri yang khas untuk bawa hape di masjid tanpa mengganggu orang lain, masing-masing bisa berbeda, namun tips yang paling aman adalah dengan tidak bawa hape di masjid. Caraku untuk memakai mode pesawat dalam masjid hanya untuk mengurangi kemungkinan hape berbunyi di tempat ibadah, tapi potensi hape berbunyi masih ada dan cukup besar.

telepon pixabay

Tips yang paling aman memang dengan menghilangkan sumber masalah, yaitu tidak membawa hape di masjid, seperti yang dilakukan dalam metode HIRADC (Hazard Identification Risk Asseasment and Determining Control), “hilangkan sumber hazard !”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.