Tersenyum

Gowes ceria dalam hujan

Berpikirlah dengan energi positip, niscaya aura positip yang akan keluar darimu pada lingkunganmu dan bila aura itu berbalik padamu, justru akan membuatmu menerima energi positip (epos) yang akan lebih membuatmu bisa tersenyum bahagia, baik di dunia maupun di akhirat. Cobalah mulai membiasakan diri untuk tersenyum saat bangun tidur, berusahalah dengan sekuat kemampuan untuk bisa tersenyum dan mengucapan syukur karena masih diberi kesempatan untuk berbuat baik sehari lagi.

Kebiasaan tersenyum saat mulai membuka mata di pagi hari akan membuat wajah kita makin relaks dan bisa menikmati apa saja yang muncul di hadapan kita, tak peduli apakah yang muncul di hadapan kita itu adalah sesuatu yang baik atau sangat baik, berusaha tersenyum ketika menerimanya adalah suatu kebiasaan yang akan membuat hari itu kita sudah memulai hari dengan hati yang dilandasi aura positif

Temanku yang kulihat rajin tersenyum (minimal 20x sehari katanya) dan melakukannya dengan ikhlas, tanpa ada seseorangpun yang memaksanya, terlihat di usia yang sudah condong ke lansia matang masih berwajah ceria, segar dan tidak sesuai dengan umurnya. Aku juga pagi ini ternyata bisa bangun tepat waktu dan ternyata otomatis ingat untuk tersenyum menyambut pagi, sehingga pas sudah siang hari rasanya semua yang berlalu hari ini lebih indah dari biasanya, padahal setelah kuingat-ingat hari ini sebenarnya sama dengan hari-hari yang lain. Inikah manfaat tersenyum tanpa paksaan (?)

Aku juga mensyukuri pagi ini dengan senyum di hati, meskipun kegiatan bersepedaku gagal total, padahal tidak ada hujan dan aku sudah mengajak teman-teman komunitasku untuk tetap gowes meskipun gerimis. Kubilang pada mereka bahwa hari ini akan terang seperti biasanya, kukayuh sepedaku untuk lebih meyakinkan mereka, tetapi ternyata teman-teman lain hanya membaca grup WA dan kebanyakan berkata bahwa hari ini batal gowes dengan alasan hujan.

Gowes cari sarapan

Kondisi cuaca pada bulan-bulan ini memang biasanya akan makin banyak suasana mendung maupun gerimis, makin lama bisa berubah menjadi terang akan tetapi bisa juga berubah menjadi huan deras yang tak kenal ampun. Beberapa kali sudah terbukti bahwa acara pada bulan-bulan jelang akhir tahun selalu full dengan hujan yang muncul tiba-tiba dan berapa kali sudah kita lalui dengan tetap semangat bersepeda dalam hujan, tapi rupanya banyak kawan-kawanku yang sudah merasa senior dan melupakan cerianya gowes dalam hujan, padahal biarpiun kondisi hujan kalau bersepeda dinikmati sambil tersenyum acara bersepeda akan tetap membuat senang dan bahagia.

Gowes ceria dalam hujan
Gowes ceria dalam hujan

Senyum memang sangat membedakan antara senang dan tidak senang, suasana yang tegang bisa mendadak berubah jadi cair karena ada senyum yang muncul di wajah kita. Makin banyak kita berbagi senyum pada orang lain akan makin membuat diri kita menjadi orang yang semakin diterima lingkungan kita, membuat tidak ada lagi jarak di antara kita, membuat susana hati penuh dengan ceria. Senyum memang sedekah yang paling gampang dilakukan dan hanya butuh modal bibir yang ikhlas

Persiapan ultah BROW ke #4

Kalau jaman dulu ada kalimat tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, mungkin sekarang kita perluas lagi dengan kata senyum atau tersenyum, sehingga bisa membuat rangkaian kata menjadi misalnya sebagai berikut :

  1. Tersenyumlah sebelum dilarang
  2. Senyum mumpung belum dilarang
  3. Tersenyum mumpung gratis
  4. Tersenyum membuat dunia lebih cerah
  5. …dsb

Puluhan kalimat tentang tersenyum juga bisa dicari dari internet, inilah kalimat yang mendatangkan kebahagian secara gratis dan makin kita ingat makin jauhlah kita dari kegalauan hati. Saat kondisi memburuk akan lebih gampng diatasi ketika dilakukan dengan senyum ikhlas dibanding dengan menggerutu atau protes terhadap kondisi yang menimpa kita.

Hadapi hujan dengan senyum saja

Pagi yang mendung dan gerimis ini jadi indah dan ceria ketika dihadapi dengan senyum dan sarapan bareng teman-teman sekomunitas, tetap berbiaya murah dan ada dalam suasana keakraban yang kental, meskipun tidak ada kopi kental hanya air teh tawar saja.

Tersenyumlah untuk lebih sehat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.