Garuda Muda


Sudah lama tidak mendengar kiprah Garuda Muda melintas di sosmeedku, tidak sengaja aku menonton taktik dan teknik STY (Shin Tae Yong) di channel Youtube dalam menjinakkan lawan-lawan Garuda Muda, aku sangat terkesan dengan perunbahan taktiknyha dalam setiap pertandingan. Kayaknya seru banget merubah taktik, padahal STY tidak terlihat banyak berbicara pada para pemainnya, tetapi begitu melihat bagaimana taktik itu dijalankan, perubahan-perubahan yangh terjadi di lapangan, aku benar-nbenar terkesan.

Ternyata begitu sulit taktik yang diterapkan, dapat dengan mudah diubah dalam pertandingan, tanpa menunggu turun minum. Tentu saat turun minum, taktik lebih mudah untuk diubah lagi, karena bisa lebih langsung disampaikan dari STY ke para pemain. Jadi ingat pada pelatih liga premier atau liga seri A, mereka bisa membalikkan keadaan dari tertinggal menjadi pemenang pada suatu laga yang panas dan heroik.

“Lebih dari 100 orang dibunuh oleh polisi. Ingatlah para korban tewas di Kanjuruhan!” (sumber “: detik)

Meski bersamaan dengan itu, aku juga melihat suasana kelam di dunia persepakbolaan Indonesia dengan adanya kasus kerusuhan di Kanjuruhan Malang, puluhan bahkan lebih dari seratus orang harus meninggal dalam kerusuhan itu. Korban terus bertambah dan akan terus bertambah karena saat ini masikh ada yang luka-luka, baik anak-anak maupun yang lainnya di rumah sakit, meskipun penanganan dan bantuan kepada yang luka-luka sudah diberikan, tetapi kerusuhan itu memang meninggalkan banyak luka di kita.

Bagaimana FIFA akan bertindak nanti, maskih akan jadi pelajaran yang sangat berat bagi kita, hukuman ringan mungkin akan tetap membuat kejadian serupa terulang lagi, sementara hukuman berat ditakutkan malah akan membuat iklim sepakbola kita yang sedang naik tajam akan turun kembali.

Tindakan untuk menurunkan tim independent untuk menyelidiki kronologis kerusuhan itu merupakan langkah yang sangat tepat kali ini. Akar permasalahan perlu kita ketahui dan dibeberkan dengan terang benderang di depan seluruh insan sepakbola Indonesia, bukan untuk mencari pelaku penyebab kerusuhan ini, tapi untuk menghetahui sistem mana yang telah kecolongan, sehingga dapat diperbaki dan membuat sistem baru yang lebih bagus agar kerusuhan semacam ini tidak terulang lagi.

Tidak perlu tergesa-gesa mencari penyebab kerusuhan ini, tapi diperlukan kecermatan dan kehati-hatian agar semua permasakahan dapat terurai dengan jelas dan gamblang, selanjutnya dapat ditemukan solusi yang terbaik agar kejadian kerusuhan ini tidak terulang lagi.

sumber : detik(dot)com

Rasanya bangga melihat perjuangan Garuda Muda menuju Garuda Dewasa yang bisa terbang lebih tinggi menuju ke piala Dunia di Indonesia, inilah saat yang tepat untuk lebih fokus menerbangkan sayap-sayap Garuda Muda yang terlihat kokoh dan penuh semangat. Didikan disiplin model STY telah banyak memakan korban, semoga korban didikan STY bisa menyadarkan pemain lain agar makin disiplin menerbangkan Garuda Muda di kancah Sepak Bola dunia.

Garuda Muda (sumber:detik)

Perjuangan masih panjang untuk menjadi tim elit dunia, tetapi mimpi itu bukan suatu hal yang tidak mungkin. Jangan sampai kerusuhan di Malang membuat kita terperosok dalam jurang kehancuran, semoga tetap ada di dalam semangat Merah Putih, semangat Garuda di Dada tetap menggelegak di dalam dada.

Rawe-rawe rantas, malang malang putung !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.