Tumpengan


Banyak yang terlintas ketika kita mengadakan suatu acara ulang tahun, topi ultah, kue ultah dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi tidak salah kalau KaRMaPIT kemudian berpikiran untuk mengadakan acara Tumpengan demi memperingati acara ulang tahun komunitasnya.

Tumpeng atau nasi tumpeng (Jawa: ꦱꦼꦒ​ꦠꦸꦩ꧀ꦥꦼꦁ​, translit. sêga tumpêng) adalah panganan upacara adat masyarakat Jawa, Bali, Madura dan Sunda yang penyajian nasinya dibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk. Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sudah mengenal kegiatan ini secara umum.

Aku kurang tahu jenis tumpeng yang dipilih oleh komunitas relawan KaRMaPIT nanti, model ala Betawi, ala Jogja atau ala-ala KaRMaPIT 🙂 Semuanya ada di tangan panitia kecil, yang ditugaskan khusus untuk mengelola acara ini, termasuk acara mulai jam berapa dan selesai jam berapa. Tentu semua orang punya kesibukan sendiri-sendiri dan meskipun bisa disatukan, disamakan, tapi tentu akan banyak effort yang harus dilakukan. Kelihatannya, panitia lebih menitik beratkan pada slogan/motto KaRMaPIT, GGM (Guyub Gayeng Migunani).

Biarlah mengalir tanpa tekanan dan tetap guyub, adem, gayeng dari awal sampai akhir, bagi yang ada acara lain dipersilahkan tidak hadir atau hadir saat pemotongan tumpeng atau hadir dari awal sampai acara ditutup. Bisa jadi ditutup menjelang sahur, atau ditutup menjelang tarawih, semua ada konsekwensinya.

Mungkin juga acara ini dijadikan ajang evaluasi tentang pendaftaran acara harlah 20 Mei 2023 nanti di rumah nDalem Pakuningratan, karena tuan rumah acara di nDalem Pakuningratan juga kelihatannya bersedia untuk hadir meramaikan, menyemarakkan acara TUMPENGAN #harlah1st KaRMaPIT.

Acara sederhana ini diawali dengan pembicaraan ngalor ngidul tanpa arah, sambil merasakan suasana ademnya kekeluargaan KaRMaPIT yang kental. Mas BHS dengan fasih membuka acara dan mempersilahkan santri dari Magelang ustadz SAH untuk memimpin doa dan mas Korlap GoesHart untuk menjadi imam sholat Maghrib.

Acara utama selain tumpengan memang hanya latihan lagu Mars KaRMaPIT, sehingga selepas taraweh praktis acara selesai dengan sendirinya. Aku ikut rombongan mas BHS ke masjid terdekat, masjid Kuncen, sepulang dari masjid meski belum hapal lagu Mars KaRMaPIT, tetapi tetap senang, riang gembira melihat suasana teman-teman belajar Mars ciptaan kita sendiri. Tinggal menunggu hasil latihan di acara #Harlah1st 20 Mei 2023, kita akan sama-sama melihat kiprah biduan dan biduanita KaRMaPIT dalam tajuk MARS KaRMaPIT.

Semoga lebih semangat dibanding saat latihan tadi.

Dalam acara Tumpengan, ternyata ada panitia khusus yang bertugas memantau siapa anggota panitia yangh duluan datang dalam acafra Tumpengan dan mereka mendapat hadiah dari ibu negara berupa sebuah buku novel perdana ibu negara yang dibuat pas bulan kelahirannya, Januari 2023.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.