#SinauSEO Bergaulah dengan blogger lainnya

kartu pos sahabat blogger

Blogwalking atau ikut dalam sebuah kopdar (pertemuan offline) secara tidak langsung akan mengangkat nama blog kita. Ini memang jurus WHITE SEO yang mudah dilaksanakan dan akan memuaskan kedua belah pihak.

Blogwalking membuat kita bertambah wawasan. baik dalam menulis maupun membaca. Bagi blog yang dikunjungi juga bermanfaat untuk meningkatkan traffik blognya. Sedangkan pertemuan offline sudah jelas banyak sekali manfaatnya. Selain bisa mengenal pribadi penulis blogger yang kita baca, juga kita bisa berinteraksi langsung dengan blogger yang lain.

Bahasa tulisan memang sangat terbatas, sehingga saat melakukan pertemuan offline (kopdar), maka kita jadi semakin paham akan makna dari tulisan kawan blogger yang tadinya kita baca tanpa memahami siapa penulisnya. Kitapun bisa menyampaikan hal-hal yang kita anggap perlu untuk menunjukkan kita ada dimana dan siapa kita.

Kadang semua yang disebut di atas tidak kita lakukan secara sadar, tetapi mengalir begitu saja. Kita tiba-tiba bisa ngobrol serius dengan blogger yang tulisannya kocak habis atau sebaliknya kita jadi bisa bercanda ria dengan blogger yang tulisannya serius banget.

Dunia offline dan dunia online kadang memang sangat berbeda, ada blogger yang meledak-ledak tulisannya, tetapi begitu bertemu ternyata orangnya kalem dan penuh pengertian. Begitu juga bisa jadi kita baca tulisan blogger yang cekak aos dan terkesan tidak banyak bicara, tetapi saat bertemu ternyata kalau sudah bicara tidak bisa berhenti lagi.

Dunia blogger kalau diperas sampai habis, maka intinya adalah dunia gaul (meminjam istilahnya pak KK, mantanmenristek). Jadi kalau kita ingin bertambah gaul, maka mulailah berteman dengan siapa saja tanpa memandang bulu. Bermacam-macam cara untuk mendekatkan diri dalam bergaul ini.

Beberapa contoh yang bisa dilihat antara lain adalah :

1. Saling melakukan review antar blogger, bisa dengan memberi komentar atau menulis tentang tulisan blogger lain atau bisa juga dengan menulis tentang blogger yang dikenalnya di blognya masing-masing. Contohnya misalnya wawancara imajiner atau wawancara melalui email yang ditulis menjadi sebuah artikel blog.

2. Membuat award dan membagikan award kepada teman-teman blogger lainnya, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, tetapi bersedia meneruskan awardnya.

3. Membuat ajakan moral untuk menulis tentang konten positip untuk melawan konten negatif. Misalnya menautkan kata kunci anak SMP dengan tulisan yang baik bukan dengan tulisan yang berkonotasi negatip. Sampai saat ini kata kunci anak SMP selalu berakhir pada hal yang kurang baik, sehingga tugas kita untuk menulis hal yang baik dengan kata kunci anak SMP.

4. Melakukan kegiatan yang mengingatkan kita bahwa ada dunia lain selain dunia blogger. Misalnya berkirim surat via pos sambil mengingatkan betapa pentingnya menulis untuk kebaikan. Bila anda mempunyai PR yang bagus dan Alexa ranking yang juga bagus, maka hati-hatilah dalam menulis. Tulisan yang baik akan membuat orang mengikuti anjuran untuk berbuat baik, tetapi sekali kita menulis tentang hal yang tidak baik, maka tanggung jawab kita adalah sebagai pelopor berbuat ketidak baikan di antara para pembaca blog kita.

Mau ?

kartu pos sahabat blogger

kartu pos sahabat blogger

9 komentar

  • nomor 1 itu menurut saya yang paling mudah dilakukan.

    Suka

    • Salam.

      Nomor satu itu memang paling asyik.
      Sama-sama senang deh..:-)

      Salam sehati

      Suka

  • wah keren…. ini memang jurus WHITE SEO yang luar biasa…
    salam silaturahmi kang dari banyumas…. kalo lagi ndak sibuk mampir juga ke purwokerto. hehehe….

    Suka

    • Salam.

      Hahahaha… Purwokerto?
      Pasti kekenyangan tempe mendoan tuh, kalau mampir.

      Sejenis makanan yang sangat kusukai.

      Salam sehati

      Suka

      • The paragon of untnasdreding these issues is right here!

        Suka

  • kiranya tak salah saya menautkan link blognya Pak Eko di blog saya (http://www.e-kosasih.co.cc) sebagai inspirator saya.

    salam
    Kosasih

    Suka

    • Salam.

      Saya juga mengajak teman-teman untuk mengirimkan link blognya masing-masing.

      Saya sediakan satu halaman untuk memuat link para sahabat saya.
      Silahkan menuju ke TKP
      https://eshape.wordpress.com/sahabat-sahabatku/

      Salam sehati

      Suka

  • thank you, saya banyak belajar dari tulisan mas eko ini

    salam
    Omjay

    Suka

    • Salam.

      Saya juga banyak belajar dari falsafah Om Jay, sehari satu tulisan.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s