Gran Fondo XIII


Gran Fondo adalah istilah yang berasal dari Italia pada tahun 1970 dan secara kasar diterjemahkan sebagai “Perjalanan Besar” dalam bahasa Inggris. Ini mengacu pada jenis acara sepeda jarak jauh di mana peserta menempuh rute yang menantang, seringkali dengan pemandangan yang indah. Acara ini bukan perlombaan tetapi lebih merupakan tantangan daya tahan yang menarik pesepeda dengan berbagai tingkat keterampilan. Peserta dapat menikmati kebersamaan bersepeda sambil menguji batas kemampuan mereka.

Gran Fondo KaRMaPIT hari ini telah menyelesaikan Gran Fondo yang ke-13, dengan peserta beragam dan berbagai macam tingkat usia. Meskipun dominan diikuti oleh kaum lelaki, isu partisipasi kaum perempuan juga sudah diangkat dalam acara RONG TAON KaRMaPIT beberapa saat yang lalu. Sayangnya, hanya satu peserta perempuan yang ikut, mungkin karena beliau yang saat acara berlangsung justru tidak dapat berpartisipasi.

Namun, perlu dicatat bahwa acara Gran Fondo ini benar-benar didominasi oleh peserta pria dan minim partisipasi peserta perempuan. Untuk acara yang akan datang, mungkin perlu ada rangsangan berupa insentif agar lebih banyak kaum perempuan tertarik menggeluti olahraga dengan tema Gran Fondo, yaitu bersepeda dengan jarak minimal 100 km dalam sehari (24 jam).

Peserta berkumpul di Bundaran UGM dan tepat jam 6:30 acara dibuka dengan pengarahan dari komandan rute (sekaligus sweeper) andal KaRMaPIT. Setelah penjelasan rute, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pembina KaRMaPIT. Menariknya, pembina KaRMaPIT yang selama ini hanya membuka acara dan bersepeda secukupnya saja, kali ini tertarik untuk mencoba mengikuti rute sampai selesai dan finish sesuai jadwal, yaitu tetap di lokasi start. Gran Fondo ke-13 ini memiliki panjang rute sekitar 133,9 km, nyaris mencapai 114 km.

Meskipun hampir semua peserta Gran Fondo KaRMaPIT sudah mendapat file GPX tentang rute yang akan dilalui, terkadang peserta kurang memperhatikan dengan seksama. Akibatnya, hanya 3 orang yang benar-benar mengikuti rute dengan baik1. Semoga acara Gran Fondo di masa depan dapat lebih inklusif dan melibatkan lebih banyak peserta perempuan! 🚴‍♂️🌟

Dua peserta inilah yang berhasil sampai duluan dan menunggu peserta yang lain menuju candi Borobudur, sebuah kenangan yang membuat para peserta selalu tersenyum simpul. Untunglah semua sudah fasih dan faham lagu mars KaRMaPIT yang penuh semangat dan membuat hati menjadi adem.

MARS KARMAPIT

Tegakkan kepalamu
Tarik dalam dalam nafasmu
Lemaskan sendi sendi tulangmu
Bakar semangatmu

Guyub Gayeng Migunani
Bersama temanmu ngepit
Ajak dirimu menjadi lebih berani
Ajak temanmu ngepit

Guyub, Adem, Jujur, Universal dan Low profile

KaRMaPIT
Kagama Rame2 Mancal PIT
KaRMaPIT
Kagama Rame2 Mancal PIT
KaRMaPIT
Kagama Rame2 Mancal PIT

Setelah ditulis dalam lagu Mars KaRMaPIT dan mulai diresapi artinya, maka lambat laun values GAJUL dapat menjiwai dalam semua kegiatan KaRMaPIT.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.