Mencari kiblat bersama MuslimPro

Aplikasi Muslim Pro

KHA Dahlan dikala muda pernah memprotes kiblat dari masjid Gedhe Kauman Jogja. Menurut beliau, arah kiblat masjid melenceng dari yang seharusnya. Kalau saja waktu itu sudah ada ponsel pintar, seperti produk Apple atau Samsung, maka mereka bisa memasang aplikasi muslimpro pada gadget mereka. Selanjutnya muslimpro yang akan mencarikan arah kiblat yang benar menurut algoritma mereka. Jadi mencari kiblat bersama Muslimpro akan sedikit mengurangi ketegangan yang terjadi akibat mencari kiblat yang benar.

Benarkah pernyataan di atas, bahwa mencari kiblat bersama MuslimPro akan memberikan petunjuk yang mudah diikuti?

Mencari Kiblat dengan berbagai gadget

Mencari Kiblat dengan berbagai gadget

Ternyata tidak sesederhana itu. Meskipun sudah memakai aplikasi muslimPro, ternyata kalau dikalibrasi dengan dua perangkat yang berbeda hasilnya tidak bisa sama persis. Kedua ponsel tersebut memang menunjukkan arah yang sama, misalnya untuk wilayah Jakarta sebesar 295 derajat, tapi begitu dua ponsel tersebut diletakan berdekatan, maka arah kiblat yang 295 derajat tersebut diterjemahkan berbeda oleh dua ponsel tersebut.

BB Z10 dan iPhone 5 beda kiblatnya

BB Z10 dan iPhone 5 beda kiblatnya

Meski begitu, dengan berbagai kelemahannya, aplikasi Muslim Pro ini layak dimiliki oleh para penggemar adzan dan sholat di tempat yang tidak dikenal arah kiblatnya. Kalaupun meleset tetap tidak akan jauh melesetnya.

Aplikasi Muslim Pro dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Bedanya hanya pada tayangan iklan yang selalu muncul kalau kita memakai yang tidak berbayar alias gratisan. Jadi kalau terganggu dengan iklan di layar ponsel kita, maka sebaiknya bayar saja aplikasi ini. Bagi pengguna gadget Apple, maka bila beruntung bisa juga mengunduh gratis aplikasi Muslim Pro berbayar secara gratis.

Di situs Muslim Pro, disebutkan nama kota-kota yang bisa memakai aplikasi ini. Iklannya seperti ini :

Artinya aplikasi ini sudah cukup mendunia. Kita bisa memilih nama Kota, tapi bisa juga membiarkan aplikasi melakukan deteksi otomatis terhadap lokasi saat ini. Aplikasi Muslim Pro akan mencari lokasi terdekat dengan posisi saat kita menghidupkan aplikasi ini. Aku biasanya menuliskan nama kota besar terdekat dan setelah itu menjalankan deteksi otomatis untuk lokasi yang lebih dekat lagi.

Siang ini, aku coba lagi untuk memastikan arah kiblat memakai tiga buah gadget. BB Z10, iPhone 5 dan iPad.

Sekarang jadi makin mantap Mencari kiblat bersama MuslimPro. Salam sehati.

Aplikasi Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s