Istilah umum dalam bersepeda

Heist 5 tahun 2015

“Mas Eko, apa saja sih istilah umum dalam bersepeda? Aku kok gak hapal-hapal :-)”

Pertanyaan itu sebenarnya adalah pertanyaanku sendiri, karena aku sendiri juga sering lupa kalau disuruh menjelaskan tentang istilah dalam bersepeda. Menjadi penting ketika kita ditunjuk sebagai mekanik dalam suatu komunitas bersepeda atau saat kita memberi tips pada pesepeda lain, jangan sampai kita sendiri malah tidak paham dengan beberapa istilah umum dalam bersepeda. Mari kita lihat sitilah yang paling umum di bawah ini.

Jenis Sepeda.

AM : All mountain, dipakai untuk menjelaskan jenis sepeda MTB yang dipakai untuk rute ekstrem.

MTB : Mountain Bike, sepeda gunung yang bisa dipakai di jalan offroad maupun jalan onroad. Paling nyaman dipakai di rute offroad atau rute tidak lewat jalan aspal. Bentuk stang biasanya lurus, tidak menekuk ke bawah. Lebar ban cukup tebal.

RB : Road Bike, sepeda yang dipakai untuk di jalan aspal (onroad) atau lazimnya disebut sepeda balap dengan stang yang menekuk ke bawah. Biasanya memakai ban ukuran 700 mm atau 70 cm dengan lebar ban yang tipis dan model slicks (permukaan halus). untuk menjamin kecepatan yang maksimal di jalan aspal.

XC : Cross country, sepeda jenis MTB yang lebih nyaman dipakai untuk offroad di kampung-kampung.

Heister : pengguna sepeda touring model Heist dari Polygon.

Heister alias Heist user

Heister alias Heist user

Jenis rute bersepeda

DL : Downhill, bersepeda di jalan yang menurun

Uphill : bersepeda di jalan menanjak

Offroad : jalan tidak beraspal

OnRoad : jalan beraspal

Bagian Sepeda

Group set : Drivetrain, yang isinya adalah Crank, Shifter, Front Draileur (FD), Rear Draileur (RD), Sprocket atau Kaset, dan Rantai (Chain)

RD : rear Derailleur, pemindah gear belakang

FD : Fornt Derailleur, pemindh gear depan

Crank set : gigi depan

Frame : rangka sepeda

Sprocket : gigi belakang

Aplikasi bersepeda

Strava : pencatat kegiatan dalam berolah raga, baik bersepeda, lari mauopun olah raga yang umum lainnya. Inilah aplikasi yang lagi naik daun, bersaing dengan Endomondo dan aplikasi olah raga lainnya. Tantangan di Strava yang paling menarik adalah Granfondo, yaitu bersepeda dengan jarak 100 km atau 150 dalam 24 jam.

Endomondo : aplikasi semacam Strava, tetapi dengan lebih banyak jenis olah raga yang dicatat.

Granfondo : nama badge khusus bagi pengguna aplikasi Strava yang dalam waktu 24 jam menempuh jarak bersepeda di atas 100 km atau 150 km tanpa berhenti beraktifitas. Selama aplikasi masih dihidupkan atau pause dan bukan stop, maka Strava akanmencatatnya sebagai aktifitas tanpa berenti.

Garmin Connect : aplikasi dari Garmin, sehingga tidak perlu menghidupkan ponsel untuk menjalankan aplikasi Strava maupun Endomondo. Cukup menghidupkan Garmin FR 920xt atau yang sekaliber saat berolah raga dan kemudian mentransfernya ke aplikasi Strava/Endomondo

Masih banyak istilah lain dalam bersepeda, tetapi istilah diatas adalah yang paling sering kujumpai. Kalau ingin berbagi istilah lain yang lebih umum atau cukup umum di komunitas anda, mari kita tambahkan lagi istilahnya. Salam sehati.

Heist 5 tahun 2015

Heist 5 tahun 2015

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s