Man of Steel (Superman yang beda)

Man of Steel

“Man of steel keluar dari pakem Superman?”

Ada sebagian penonton yang menganggap produk Superman versi 2013 alias Man of Steel ini keluar dari pakem Superman. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Warna kostum Man of steel yang beda dengan versi Superman sebelumnya.

2. Kostum Superman lebih mirip kostum Spiderman dibanding Superman yang sesuai “pakem”

3. Akhir cerita yang lebih menekankan pada penyelesaian model otot dibanding akal.

Bagi para sutradara, memang sangat sulit membuat cerita Superman, justru karena supernya sang jagoan. Musuh yang seperti apakah yang harus dihadapkan pada Superman yang mempunyai kekuatan begitu super. Mungkin itu sebabnya muncul tokoh Luthor yang mencoba berbagai cara untuk mengalahkan superioritas Superman dan itulah yang membuat cerita Superman kadang berakhir dengan adu pintar bukan adu kekuatan.

Man of Steel mencoba berbicara tentang Superman dari penafsiran yang berbeda, meskipun tetap sesuai dengan yang ada di kepala para penggemar Superman. Proses kelahiran dan pengiriman Superman (Kal El) ke Bumi ditampilkan dengan cara baru meskipun secara umum isinya sama dengan “pakem”. Dalam film ini ada tambahan proses kelahiran bayi Krypton selain Superman (Kal El).

Teknologi yang sudah begitu maju di planet Krypton membuat semua bayi sudah ditentukan nasibnya sejak lahir. Ada yang sudah ditentukan sebagai pemimpin, sebagai pekerja dan sebagainya, sehingga saat tumbuh menjadi dewasa, bayi itu sudah mempunyai arah yang jelas kemana akan dikembangkan. Inilah yang kemudian dianggap salah oleh Jor El.

Jor El ayah Man of Steel

Jor El ayah Man of Steel

“Bagaimana kalau si anak mempunyai keinginan lain ?”

“Bagaimana kalau keinginan anak tidak sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Dewan?”

Pertanyaan itulah yang membuat Jor El merancang kelahiran putranya secara alamiah. Keinginan ini bersamaan dengan akan hancurnya planet Krypton. Bersama istri tercintanya, Jor El kemudian merancang perjalanan Kal El ke planet yang sesuai dengan kehidupan Kal El dan planet itu kita tahu semua, namanya BUMI.

“Bagaimana kalau Kal El tidak cocok dengan penduduk bumi?”

“Kal El akan cocok dengan penduduk bumi, bahkan dia akan dianggap DEWA oleh penduduk bumi”.

Clark Kent (Kal EL) memang akhirnya tumbuh menjadi penduduk bumi yang berbeda dengan anak-anak lainnya. Sulitnya beradaptasi dengan penduduk bumi digambarkan dengan masa kecil Kal El yang begitu sengsara. Dia harus menyembunyikan kekuatannya atau dia akan menakutkan penduduk bumi. Bagi penggemar SmallVille (Superman versi remaja), pasti sudah kenyang menyaksikan masa kecil superman di sebuah desa yang penuh intrik.

Tidak ada Lex Luthor di Man of Steel, beda dengan Smallville yang selalu mengedepankan konflik dua sahabat ini, Lex Luthor dan Clark Kent.

Sutradara memang sengaja membuat versi berbeda dalam Man Of Steel. Harapannya tentu membuat pecinta lama Superman mendapatkan ujud Superman baru dan pecinta baru Superman mengenal Superman sebagai tokoh dengan warna yang berbeda.

Louis Lane Man of Steel

Louis Lane Man of Steel

“Apa arti lambang S ini?”, kata Louis Lane

“Ini bukan huruf S, tetapi dalam bahasa Krypton adalah lambang dari HOPE, harapan”, jawab Clark menirukan ucapan bapaknya Jenderal Jor-El (Russel Crowe).

Permainan apik dan meyakinkan membuat para penonton terpikat oleh Jenderal Jor-El (Russel Crowe) yang tidak hanya sekedar numpang nama, tapi ikut mewarnai sepanjang alur cerita. Permainan Jonathan (Kevin Costner) juga cukup membuat warna di film ini. Adegan badai yang menimpa Jonathan sangat berkelas meskipun hanya beberapa detik. Penonton dibuat jengkel dengan situasi terperangkapnya sang anjing di mobil, sehingga badai harus diterjang oleh Jonathan.

Adegan tersebut bukan tanpa cacat, tapi setidaknya sutradara ingin menunjukkan bahwa apa yang diucapkan seorang ayah akan melekat pada seorang anak yang begitu berbakti. Perjuangan batin di hati Kal El diungkapkan dalam adegan itu dan adegan itulah yang telah membuat Louis Lane berubah pikiran.

Bila anda belum nonton Man Of Steel, maka saatnya anda mencari teman nonton. Paling baik tentu bersama kekasih hati, pasangan hidup kita dan anak-anak kita. Meskipun di akhir acara ada adegan ciuman yang tidak begitu perlu, tapi ini adalah tontonan keluarga yang lumayan menghibur.

Selamat menonton.

Man of Steel

Man of Steel

+++

Kutipan dari wikipedia tentang Superman.

Superman (bahasa Indonesia: “Lelaki Super”), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat. [1][2][3][4]

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai “The Man of Steel” (“Manusia Baja“) “The Man of Tomorrow” (“Pria Masa Depan“) dan “The Last Son of Krypton” (“Putra Terakhir Planet Krypton“). Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan “The Big Blue Boy Scout” (“Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar“),[5]

Diciptakan oleh seorang seniman KanadaJoe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di ClevelandOhio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc.pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics (“Komik Aksi”) edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radioacara televisifilm layar lebar,surat kabarkomiknovel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

+++

Gambar diambil dari FB Man of Steel

Man of Steel

Man of Steel

+++

Jangan lupa tonton juga After Earth, sangat mencerahkan.

11 komentar

  • Kapan ya bisa nonton
    Versinya beda banget sama superman yang kutonton tahun 1979
    *loh

    Suka

    • Salam.

      Sebenarnya film ini mengadaptasi Superman I dan II, tapi karena diolah juga dengan penafsiran yang lain, maka jadilah superman dengan wajah baru.

      Bisa diterima, bisa juga ditolak, tinggal bagaimana tokoh Superman yang ada dalam pemahaman masing-masing kita.

      Film yang kontroversial tapi tetap menarik.

      Salam sehati.

      Suka

  • dapat referensi. thank you mas. tapi benar juga tuh, superman jadi aneh krn tdk sesuai dengan gambaran umum kita tentang Superman.

    Suka

    • Superman jadi beda, tapi asyik juga tuh.

      Salam sehati

      Suka

  • aq sering nonton smallville seh.ga ada lana lang ya di film ini?

    Suka

    • Gatra menulis :
      Man of Steel menggabungkan unsur cerita dari Superman (1978) dan Superman II (1980), serta unsur-unsur dari serial Smallville.

      Menurutku inilah gabungan yang sangat menarik, meskipun minus Lex Luthor dan penafsiran yang lain tentang Louis Lane.

      Salam sehati

      Suka

    • Lana ada muncul…sewaktu clark masih kecil….yah karena memang periode lana lang itu ada di masa smallvile ato clark masih remaja sebelum pakai kostum…

      Suka

      • Yes!:-)

        Suka

  • Thanks mas atas ulasannya. Saya agak ragu menontonnya bersama anak2, takutnya tidak cocok dgn usia mereka. Moga2 dgn rekomendasi mas Eko ini, saya bisa nonton film kegemaran saya ini bersama istri dan anak2 🙂

    Suka

    • Ceritanya memang agak berat dan beda.

      Bisa jadi malah timbul kontroversi melihat Superman yang berkumis, atau jangan-jangan malah terkesan dengan anak buah Jendral Zood aktris asal Jerman, Antje Traue yang bermain sangat simple dan berdarah dingin.

      Salam sehati.

      Suka

  • Reblogged this on Seputar FILM & Seni Panggung and commented:

    Superman yang beda

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s