KaRMaPIT Rayakan WBD 2024: Rute Blusukan di Jogja


WBD yang sering disebut sebagai hari baik sedunia (world bike day), kali ini diperingati oleh KaRMaPIT (Kagama Rame-rame Mancal PIT) seperti tahun lalu, hanya saja dengan peserta yang lebih beragam dan lintas usia. Semua berbaur dalam suasana yang penuh kegembiraan, semua terpancar dari wajah-wajah ceria yang menyertai sepanjang rute. Memang rute yang dipilih lebih blusukan, meski hanya blusukan di dalam kota saja, tapi karena jarang dijamah oleh para peserta acara, kesan sebagian peserta terasa sangat memukau.

Adegan foto, saling memfoto, jadi ajang yang paling laris diminati, meski panitia event tetap menyediakan sesi acara ceramah singkat yang diisi oleh pesepeda KaRMaPIT yang sudah melanglang beberapa negara, dengan kekhasan bersepedanya masig-masing.

Dengan cekak aos dan menarik sang pembicara, mas Hadit, menceritakan betapa nyamannya bersepeda di luar negeri dan betapa tertibnya mereka bersepeda, tetapi tetap yang paling indah dan menarik rutenya hanya ada di kota Yogyakarta.

Acara Hari Baik (bike) sedunia ini dimulai dari lokasi start wajib di Bunderan UGM dan sesi foto pertama di Balairung UGM, sekaligus sesi ceramah singkat tentang dunia sepeda di berbagai belahan dunia, Setelah itu peserta langsung diajak susur pinggir sungai (jalan insoeksi sungai), lanjut kemudian masuk kota, mencari posisi yang nyaman untuk menggelar spanduk WBD 2024.

Pengalaman beberapa waktu lalu, KaRMaPIT mengikuti acara dari Dinas Pariwisata yang ambyar, salah satunya karena tidak ada acara regrouping ketika peserta mulai tercerai berai, maka kali ini acara regrouping ditentukan panitia dengan lebih sering. Bagi peserta yang ada keperluan lain, dipersilahkan (diperbolehkan) untuk keluar dari rombongan, hanya diminta untuk tetap pamit pada mereka yang tetap mengikuti barisan, sehingga panitia tidak kecarian peserta saat sampai di lokasi finish.

Sebagian dari peserta memang banyak yang pamit karena ada acara yang bersamaan dengan event ini, tetapi mereka masih menyempatan diri untuk tetap hadir pada saat pembukaan sampai beberapa saat setelah pemberangkatan peserta.

Hari Sepeda Sedunia, atau World Bicycle Day, diperingati setiap tahunnya pada 3 Juni, sejak tahun 2018. Pada tahun 2021, Hari Sepeda Sedunia memiliki tema “Keunikan, keserbagunaan, dan umur panjang sepeda sebagai moda transportasi yang sederhana, berkelanjutan, ekonomis, dan andal”. Sejak saat itu belum ada lagi tema sepeda yang dibuat, beberapa teman mengusulkan tema “Peduli Lingkungan dengan Bersepeda” atau sejarah sepeda “Dari Velocipede hingga E-Bike“, tapi mungkin teman-teman itu harus bisa masuk dulu di PBB untuk memberikan usulan itu.

inner power dari mbak Endyang

Jogja Istimewa 🙂

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.