Rafting di Sungai Elo

Jangan lupa membawa camera waterproof saat Rafting di Sungai Elo

Mau tahu lokasi rafting yang gradenya cukup rendah dan lokasinya mudah dijangkau ? Jawabannya pasti Rafting di Sungai Elo. Inilah lokasi Refting yang mudah dijangkau, dekat dari kota Jogja, apalagi Magelang, dekat dengan salah satu keajaiban dunia, Borobudur, dan grade maksimal hanya 3.

Di dekat lokasi Rafting sungai Elo masih ada rafting yang gardenya lebih tinggi yaitu rafting sungai Progo. Dari Jogja dua lokasi ini sangat mudah dijangkau, itulah sebabnya penggemar rafting di Sungai Elo sangat beragam dan sangat banyak. Mereka datang dari berbagai belahan kota di Indonesia dan juga dari manca negara. Tujuannya hanya satu, mendapat pengalaman arung jeram tanpa harus membawa banyak adrenalin.

Kalau kita search kata grade rafting di wikipedia, maka tingakatan grade untuk rafting adalah sebagai berikut :

Grade 1: Very small rough areas, might require slight maneuvering. (Skill level: very basic)
Grade 2: Some rough water, maybe some rocks, might require some maneuvering. (Skill level: basic paddling skill)
Grade 3: Whitewater, small waves, maybe a small drop, but no considerable danger. May require significant maneuvering.
Grade 4: Whitewater, medium waves, maybe rocks, maybe a considerable drop, sharp maneuvers may be needed.
Grade 5: Whitewater, large waves, large volume, possibility of large rocks and hazards, possibility of a large drop, requires precise maneuvering.
Grade 6: Class 6 rapids are considered to be so dangerous that they are effectively unnavigable on a reliably safe basis. Rafters can expect to encounter substantial whitewater, huge waves, huge rocks and hazards, and/or substantial drops that will impart severe impacts beyond the structural capacities and impact ratings of almost all rafting equipment. Traversing a Class 6 rapid has a dramatically increased likelihood of ending in serious injury or death compared to lesser classes.

Dari susunan Grade di atas, maka rafting sungai Elo sangat direkomendasikan untuk keluarga yang hanya ingin menikmati suasana rafting tanpa harus beajar secara khusus. Peserta rafting cukup datang langsung masuk ke perahu tanpa memerlukan briefing khusus sebelum berarung jeram. Briefing tentang arung jeram langsung dilakukan oleh instruktur ketika kapal karet mulai berjalan menyusuri awal start rafting (arung jeram).

Rafting Sungai Elo

Rafting Sungai Elo

Bagaimana cara mendayung ke depan, ke belakang, berhenti mendayung dan berbagai istilah dalam arung jeram diajarkan sambil menikmati pergerakan perahu yang perlahan-lahan mulai bergerak menyusuri sungai. Pada rafting dengan grade lebih tinggi, maka briefing dilakukan dengan lebih serius. Sebelum masuk kapal semua peserta dipastikan sudah menguasai cara berenang yang baik, kemudian diadakan penyegaran tentang teori mendayung, perintah-perintah mendayung, maupun posisi mendayung dalam setiap perintah mendayung.

Rafting Sungai Elo

Rafting Sungai Elo

Kapan peserta harus melakukan gerakan ke depan, ke belakang, ke samping kanan/kiri atau posisi-posisi diam sambil berpegangan pada tali perahu, semua diajarkan dengan detil dan rinci. Untuk rafting di sungai Elo, maka semua penjelasan ini cukup dilakukan sambil mulai mendayung perahu karet saat start.

Sungai Elo pada saat musim kemarau, maka gradenya bisa sampai grade dasar atau grade 1. Artinya akan lebih banyak kegiatan mendayung daripada meluncur deras mengikuti arus. Laju air sungai sangat lamban dan perlu tenaga ekstra untuk mendayung sampai finish. Kondisi berbeda akan terjadi saat musim penghujan, dimana perahu akan bergerak lebih kencang menuju finish. Perahu akan semakin kencang ketika menemui beda tinggi yang cukup signifikan. Meski begitu, kemungkinan perahu terbalik boleh dikata sangat kecil di sungai Elo, itu sebabnya menjelang akhir rafting peserta akan diajak untuk menggulingkan perahu agar bisa merasakan bagaimana suasana saat perahu menelungkupi kita dan kita harus berenang sendiri untuk menyelamatkan dari tenggelam.

Menenggelamkan diri di Rafting Sungai Elo

Menenggelamkan diri di Rafting Sungai Elo

Saat perahu tenggelam, maka semua peserta sudah menyiapkan diri untuk berenang sesuai yang diajarkan oleh sang instruktur. Pelampung yang wajib dipakai di semua grade membuat semuja peserta merasa lebih aman ketika perahu terbalik. Lokasi membalik perahu juga biasanya dipilihkan di tempat yang tidak begitu dangkal tapi juga tidak terlalu dalam, sehingga peserta bisa berenang dengan nyaman tanpa terantuk oleh batu atau semacamnya.

Menenggelamkan diri di Rafting Sungai Elo

Menenggelamkan diri di Rafting Sungai Elo

Lokasi rafting di daerah Magelang memang sangat banyak, maklum hanya membutuhkan waktu sekitar sejam ditempuh dari kota Jogja atau hanya beberapa menit kalau ditempuh dari Magelang. Setelah rafting juga banyal sekali tempat yang bisa dikunjungi untuk acara liburan keluarga. Mulai dari Punthuk Setumbu, sampai ke pemandangan di seputaran candi Borobudur.

Jangan lupa membawa camera waterproof saat Rafting di Sungai Elo

Jangan lupa membawa camera waterproof saat Rafting di Sungai Elo

Pulang dari acara rafting sungai Elo pasti badan jadi capek dan pegal-pegal. Maklum akan lebih banyak mendayung daripada mengikuti derasnya arus sungai. bila anda tertarik silahkan kontak Travel agent yang anda kenal. Pengalaman mengatakan bahwa untuk berwisata di daerah ini akan lebih nyaman kalau memakai travel agent. Biaya total jadi lebih murah dan kita disuguhi berbagai macam nuansa daerah yang didiskusikan dulu sebelum disampaikan ke kita. Aku sendiri memilih Lovina Tour untuk acara ini. Lima orang peserta dari Jogja cukup membayar biaya tidak sampai 5 juta sudah duduk manis di rumah, dijemput Kijang Innova, menginap di lokasi yang asri dan mengikuti berbagai macam acara yang mendekatkan anggota keluarga. Di antara berbagai macam acara itu memang PUNTHUK SETUMBU merupakan salah satu acara yang luar biasa menariknya.

Jangan lupa membawa camera waterproof saat Rafting di Sungai Elo

Jangan lupa membawa camera waterproof saat Rafting di Sungai Elo

+++

Tambahan :

ELO TRIP (Sungai Elo, Magelang)
Ideal untuk Family & Corporate Gathering serta Pelatihan
Tingkat kesulitan: Pemula (Grade I – III+)
Panjang lintasan: 12,5 km (ditempuh dalam ± 2,5 – 3 jam)
Jadwal trip : sesuai pemesanan

SERAYU TRIP (Sungai Serayu, Banjarnegara)
Ideal untuk wisata arung jeram yang lebih menantang
Tingkat kesulitan: Menengah (Grade II – IV+)
Panjang lintasan: 24 km (ditempuh dalam ± 3 jam)
Jadwal trip: sesuai pemesanan (dimulai pukul 07.00)

LOWER PROGO TRIP (Sungai Progo, Kulon Progo)
Ideal untuk adrenaline rush yang ekstrim
Tingkat kesulitan: Mahir (Grade III – V+)
Panjang lintasan: 8 km (ditempuh dalam ± 45 menit)
Jadwal trip: sesuai pemesanan (dimulai pukul 08.00)

8 komentar

  • Artikel yang cukup menarik dan enak di baca. terima kasih

    Suka

    • Kalau ada obyek wisata dalam negeri yang menarik, kayaknya lebih nyaman didatangi daripada wisata jauh-jauh ke LN 🙂

      Suka

  • Artikel yang informatif dan begitu enak di baca…
    Terimakasih om Eko telah turut mempopulerkan wisata arung jeram Magelang.
    Kami tunggu kabar baik dari om Eko untuk mencoba berarung jeram di rute sungai Progo atas.
    Salam hangat dari Magelang.
    :))

    Suka

    • Tadi siang aku juga promosi lagi tentang tempat ini pada teman-teman di Bandung
      mereka rupanya tertarik juga dengan ceritaku

      salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: Punthuk Setumbu Tour | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Punthuk Setumbu Magelang | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Seru Kak 🙂 Rafting Sungai Elo | Arung Jeram Magelang

    Suka

    • Arung jeram di Sungai Elo memang seru dan sangat cocok untuk liburan keluarga.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s