Endomondo Strava Nike

strava

Aplikasi kesehatan makin beragam di Android maupun di iOS. Seperti juga aplikasi untuk gowes akupun mencoba aplikasi untuk non gowes, mulai dari Endomondo Strava Nike sampai Runkeeper. Selama ini berbagai macam aplikasi kujalankan memakai Garmin, mulai dari 910xt, 920 xt sampai Fenix 3 kemudian kubagikan ke Strava dan Endomondo, tapi ketika olah raga jalan pagi, banyak aplikasi lain yang tidak kalah menarik. Tidak hanya Strava dan Endomondo, ada juga Nike Running yang sangat menarik tampilannya.

Beberapa hari yang lalu baru kusadari bahwa ntuk jalan pagi ternyata jarak yang ditempuh masing-masing aplikasi berbeda, bahkan untuk strava terasa beda sendiri hasilnya, Apakah strava yang error atau aplikasi lain yang error ? Rasanya Endomondo tidak error, tapi pencatatannya berbeda dengan yang dicatat oleh Strava.

Pagi ini aku mencoba lagi berolah raga jalan santai dan memakai Strava, Endomondo, Run Keeper dan Nike running secara bersamaan. Setelah mencapai tujuan, akupun membandingkan hasil dari empat aplikasi tersebut, Hasilnya tidak sama, tapi beberapa aplikasi bedanya tidak signifakan, kecuali hasil dari Strava. Hasilnya sangat berda.

Endomondo

Endomondo

Di atas adalah catatan dari Endomondo dan di bawah catatan dari Nike Running.

Nike Running

Nike Running

Hasilnya adalah, sama-sama kepala 5 alias 5 km. Sekarang kita lihat hasil dari Runkeeper.

run keeper

run keeper

Ternyata hasilnya 5.22 km, (relatif) sama dengan hasil dari catatan Nike running maupun Endomondo. Bagaimana kala dibandingkan dengan Strava ?

strava

strava

Hasil dari strava sana sekali beda dengan yang lain, hanya 3,7 km. Perbedaan yang cukup signifikan. Tentu kita jadi ragu, Apakah strava salah mencatat atau hanya strava yang benar ? Endomondo Strava Nike maupun Run keeper seharusnya meskipun hasilnya pasti berbeda tetapi perbedaannya kecil, karena diaplikasikan pada perangkat yang sama. Ternyata meskipun dicatat dengan ponsel yang sama tetapi hasil catatan Strava berbeda cukup jauh.

Saat ini ketika aku bersepeda, selalu menggunakan aplikasi dari Garmin Fenix 3 dan kemudian setelah selesai mengayuh sepeda aku akan menggunakan Garmin Express untuk sinkronisasi data dengan Strava maupun Endomondo, hasilnya tentu saja akan sama. Namun ketika aku menjalankan aplikasi RUN di Garmin, hasilnya sangat tidak memuaskan dan kali ini aku mencoba tidak menggunakan Garmin Fenix 3 untuk mencatat, tetapi menggunakan aplikasi Endomondo Strava Nike dan Run Keeper secara bersamaan dari satu ponsel. Hasilnya hanya Strava yang berbeda.

Namun kata temanku,”jangan salahkan aplikasi tapi cobalah berpikir positip, yang paling penting adalah berolah raga bukan catatan olah raganya!” Teman yang lain pernah bilang begini,”olah raga apapun yang penting adalah menjalaninya dengan penuh ceria”

Untuk olah raga sepeda, bukan merk sepeda yang jadi ukuran tapi kegiatan bersepedanya lebih penting ! Yang juga penting adalah suasana hati saat berolah raga, berolah raga dalam suatu komunitas terasa lebih terasa hasilnya. Ada kegembiraan dalam berkomunitas, dengan catatan yang dibicarakan dalam komunitas adalah hal-hal yang positip.

Salam olah raga !

Menikmati Jalan kaki di Puncak

Menikmati Jalan kaki di Puncak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s