Sepeda Bambu


Kemarin saya berolah raga dan mengajak teman berolah raga, ternyata teman yang kuduga ada di luar negeri, malah sedang asyik bersepeda di sekitar Yogya, naik sepeda yang unik, sepeda roda cilik yang terbuat dari Bambu, Bahan asli Indonesia, bukan material import, 100% produk Indonesia.

Harga sepeda bambu bervariasi tergantung pada merek dan tipe yang diminati. Berikut beberapa harga sepeda bambu berdasarkan mereknya:

Dwiguna (DG-R-26): Sepeda bambu tipe MTB dengan harga mulai dari Rp 5.500.000. Jenis sepeda ini diminati oleh pengendara jenis MTB (Mountain Bike), yang tahan blusukan di jalan-jalan tanah, baik di perkotaan maupun terutama di pedesaan.

Gowesmulyo (joy bike): Sepeda yang dirancang untuk alat transportasi jarak dekat, dengan harga mulai dari Rp 5.500.000. Sepeda jenis ini lebih cocok untuk pengguna sepeda di perkotaan, baik untuk belanja maupun ke kantor, meskipun sepeda yang lain cocok juga untuk ke kantor.

Rodacilik: Sepeda tipe minivelo (sepeda dewasa dengan ukuran ban 20″), dengan harga mulai dari Rp 6.000.000. Saat ini kayaknya baru musim sepeda type minivelo, jadi mereka yang suka type minivelo bisa mengalihkan atau menambahkan koleksi minivelonya dengan sepeda bambu RODA CILIK.

Spedagi Dalanrata adalah sepeda bambu tipe road bike yang menggunakan rangka Spedagi Pringrolas 0.1. Sepeda ini dirancang khusus untuk digunakan di jalur jalan raya, harga mulai dari Rp. 6.500.000. Berikut beberapa fitur dan spesifikasi dari Spedagi Dalanrata:

Rangka Bambu: Penampang batang bambu oval dengan posisi mendatar membuat frame ini terlihat ramping sekaligus mereduksi fleks bambu.

Suspensi Mikro: Efek suspensi mikro dari material bambu tetap dapat dinikmati saat menggunakan ban ukuran kecil dan tekanan tinggi.

Ban Ukuran 700c: Pringrolas 0.1 dirancang untuk sepeda jalan raya dengan ban ukuran 700c. Diameter besar membuatnya terasa laju pada tiap kayuhan perjalanan panjang, juga ringan untuk jalur rata perkotaan.

Transmisi: Perpaduan antara crank single chainring 46 T dengan 9 tingkat kecepatan pada gir belakang menjadikan sepeda ini terlihat sederhana, namun tetap nyaman untuk jalur datar maupun menanjak.

Rem Cakram: Sepeda ini dilengkapi dengan rem cakram pada kedua roda untuk keamanan dan kenyamanan pengereman saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Spedagi Dalanrata adalah pilihan yang baik untuk para penggemar bersepeda yang menginginkan kenyamanan dan performa di jalur jalan raya. 🌿🚴‍♂️

Singgih Susilo Kartono adalah tokoh di balik sepeda bambu yang terkenal dengan merek Spedagi. Singgih adalah seorang desainer lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tinggal dan berkarya di desa. Ia memanfaatkan potensi lokal, khususnya bambu, untuk menciptakan sepeda yang ramah lingkungan dan unik.

Spedagi telah lebih dari 5 tahun hadir di dunia dan telah diproduksi massal. Sepeda ini telah dikayuh di berbagai belahan dunia. Beberapa tipe Spedagi meliputi Dalanroto, Rodacilik, Gowesmulyo, dan Dwiguna. Setiap tipe memiliki perbedaan dan cocok untuk berbagai jenis aktivitas.

Selain sepeda bambu, Singgih juga dikenal sebagai desainer dari radio Magno, sebuah produk radio berbahan kayu yang sangat ternama. Karya-karyanya menggabungkan tradisi, inovasi, dan keberlanjutan lingkungan. 🌿🚴‍♂️📻

Di lingkunganku kukenal korlap Agus Hartono, pecinta lingkungan, teman yang sangat peduli sampah, selain mas Hadit (FISIPOL) yang peduli tentang lingkungan. Semoga mereka dapat ikut mempopulerkan sepeda bambu dalam mendukung olah raga bersepeda (ngePIT) dalam kehidupan sehari-hari (bike to work).

Agus Hartono memang selalu hadir dimana-mana, terutama di diskusi bertemakan seputar lingkungan hidup, sampah dan kebersihan.

Beberapa hari lagi, akan berlangsung event ulang tahun KaRMaPIT di Kopi Lembah UGM, saatnya untuk memperkenalkan sepeda bambu dalam ajang tersebut, atau jangan-jangan salah satu hadiah event adalah sepeda bambu. Siapa tahu ada yang tergerak untuk menyumbang sebuah sepeda bambu bagi komunitas sepeda KaRMAPIT, tahun ini.

Kegiatan yang komplit kalau ada yang tergerak hatinya ikut menyemarakkan event 20 April 2024 ini, mulai dari Harlah KaRMaPIT, syawalan (HBH), Kartinian, peduli lingkungan dan ada hadiah sepeda yang ramah lingkungan.

Kegiatan rong tahun KaRMAPIT, memang bertemakan Kartini, Perempuan dalam Kayuhan Sepeda, hampir semua RC yang ditugaskan adalah Srikandi KaRMaPIT, yang sudah ikut berpeluh bersama selama dua tahun ini. Tanggal 20 Maret 2024 adalah batas akhir pendaftaran (atau bila kuota sudah memenuhi), pembaca tulisan ini dipersilahkan berebut kursi pendaftaran sebelum pendaftaran ditutup, atau malah sudah ditutup ya ?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.