Peluang ada dimana-mana


“Lihatlah semua yang ada di sekelilingmu, bukankah itu semua peluang bagimu? Perhatikan, peluang ada dimana-mana kan ?”, ucap pak Syam dengan serius.

“Yang paling dekat denganmu saja. Kamu duduk dimana menghadap apa memakai apa?”

“Aku duduk di kursi rotan, meghadap meja kayu dan memakai kaos import”, jawabku dalam hati, takut mengganggu kalimat selanjutnya yang sengaja digantung pak Syam.

“Kalau kamu duduk di kursi rotan, maka berarti ada peluang untuk jualan kursi rotan. Kalau di depanmu ada meja, berarti bisa jualan meja. Kalau kamu memakai kaos berarti ada peluang untuk jualan kaos”

“Jadi karena aku memakai kursi dan juga memakai kaos, maka berarti ada yang butuh kursi dan kaos, artinya kita bisa jualan barang itu ya pak?”, kembali aku bertanya dalam hati

“Nah, paham kan kalau peluang itu ada dimana-mana?”

“Ya pak…” (dalam hati)

“Mimpi itu wajib bagi usahawan, tapi mewujudkan mimpi itulah yang lebih wajib. ACTION secepat kamu bisa. Jangan suka cari alasan, carilah solusi untuk memecahkan masalah”

“Yang membedakan orang berhasil dan orang gagal adalah alasan dan solusi ya pak?” (dalam hati)

“Orang gagal selalu berhasil mencari satu alasan untuk kegagalannya!”

“Bener pak” (dalam hati)

“Orang berhasil selalu mencari solusi dari semua permasalahan yang dihadapi!”

“Sip !” (dalam hati)

“Bapak ini paham nggak sih dari tadi tak ceritain kok hanya diam saja?”

Aku jadi mesem, tersenyum kecut, dan menjawab, “paham pak, kan bapak suka cerita tanpa diputus pendengarnya, jadi saya diam saja, tapi menyimak semua ucapan bapak”

Kamipun sama-sama tertawa dan mengakhiri pembicaraan itu dalam damai.

Pak Syam memang selalu punya cerita untukku dan biasanya dia pandai melihat suatu peristiwa dari sisi yang tidak dilihat oleh orang lain. Pernah dia cerita tentang kegagalannya jualan lemper dengan harga super murah, tapi akhirnya berhasil karena dia naikkan harga lemper dari 500 rupiah menjadi 1.500 rupiah.

“Daripada jualan lemper rugi terus lebih saya naikkan tiga kali lipat. Kalau mau hancur ya hancur sekalian, tapi kalau mau berhasil ya kita cari solusi yang berupa terobosan baru.Ternyata malah laris manis tuh setelah dinaikkan menjadi 1.500”

Istriku rupanya terinspirasi juga dengan cerita salah satu pakar yang duduk di sofa di atas panggung saat acara pesta wirausaha 2010 (PWU 2010).

“Semua kejadian yang ada di depan kita sebenarnya adalah peluang usaha”

Niat menangkap peluang makin besar ketika ditayangkan cover buku Pak Dhe NgeBLOG di dua layar raksasa yang ada di samping kanan dan kiri panggung PWU 2010 ini.

Hari kedua, langsung saja istriku menggelar lapak jualan buku pak Dhe ngeBLOG di meja konferensi panitia. Tak ada rasa takut diusir oleh panitia, karena kalaupun diusir ya tinggal angkut buku dan cari tempat lain saja kok.

Kulihat harga bukuku yang tadinya sepuluh ribu rupiah sudah naik menjadi lima belas ribu rupiah. Ini agak aneh memang, umumnya harga barang itu kalau sudah laris manis maka akan terus turun, tetapi ini kok malah naik ya?

Rupanya harga yang naik ini agar para pembaca bukuku makin banyak amalnya, karena keuntungan buku itu memang masuk ke kantong sedekah untuk membantu kaum dhuafa. Tadinya kupikir istriku menaikkan harga buku karena inspirasi dari pak Syam.

Jadi sebenarnya memulai bisnis itu mudah kalau kita langsung action. Kalau kelamaan dipikir, maka usaha akan terkunci di pikiran kita saja. Langsung action, maka mimpi kita sudah mulai melangkah ke ruang nyata.

Mulailah dari usaha yang kecil dulu, yang gampang dan yang sanggup dilaksanakan. Jangan mulai usaha dengan skala yang besar dan rumit, maka bisa jadi kita akan langsung “down” begitu gagal memulai.

Benarkah statement ini?

Silahkan beri masukan pada kolom komentar.

21 komentar

  • keren nih pak eko eshape

    Suka

    • makasih deh
      btw EXOPOINT juga asyik tuh…

      Salam Sehati

      Suka

  • Ping-balik: Cafe JM : Tongkrongan baru (lagi) di Cikarang « Mastermind CikaranG

  • Ping-balik: Ladang Rejeki Pagi : Pasar Festival Jababeka « Mastermnd CikaranG

  • Ping-balik: Berkah Rejeki di Pagi Hari | Komunitas Blogger Bekasi

  • Bener mas..sebenernya peluang ada dimana-mana..tetapi tidak semua peluang akan cocok dengan kita…
    saya sendiri sudah dua kali mengalami kegagalan usaha:
    yang pertama saya pernah buka usaha warung dirumah..awalnya ramai dan bisa memperoleh laba,tapi lama-kelamaan warung saya pailit
    yang kedua saya pernah buka usaha sablon dengan anak2 ibote usaha ini juga pailit..saat ini saya tidak lagi mempunyai usaha sampingan, hapir seratus persen penghasilan saya mengandalkan gajih sebagai karyawan..
    masih ragu untuk memulai usaha lagi…bisa minta trik boss mencari peluang usaha di daerah bekasi ini…kalau buka warnet gimana..berapa tahun lagi kira-kira internet bisa bertahan..takut kegagalan terulang lagi..
    salam TDA

    Suka

    • Mas Ferdi,
      banyak contoh kegagalan yang akhirnya berbuah manis,
      kuncinya hanya keteguhan berusaha
      ISTIQOMAH !

      Memang sakit saat gagal dalam berusaha, tetapi memang begitulah rumusnya menjadi pengusaha.

      Kita tidak bisa mengelak dari kegagalan, bahkan para wirausahawan yang sudah top sekalipun pasti masih suka tergelincir dalam menentukan langkah bisnisnya

      Jangan pernah takut gagal, karena itulah seni dalam berusaha. Ibarat kita boleh kalah dalam bertempur tapi perang tetap harus kita menangkan.

      Nasehat ini juga buat diriku sendiri mas. Semoga makin membuat kita kuat dalam berwirausaha. Amin.

      Salam Sehati.

      Suka

  • peluang usaha ada dimana mana, hanya proses menuju sukses banyak yang tidak tahan dana gagal…trims infonya Pak

    Suka

    • Semoga kita termasuk mereka yang tidak mudah loyo oleh kegagalan yang sebenarnya adalah awal dari kesaksesan.

      Salam Sehati

      Suka

  • Kata Pak Erbe Sentanu +/- : rizki (dan peluang – cn) itu selalu mengalir, hanya kita yang gak tahu keran mana yang harus dibuka agar rizki itu mengalir ke dapur kita.

    Suka

    • pak Erbe memang luar biasa,
      begitu paham menyentuh hati kita yang paling dalam

      tak pernah bosan menceritakan dahsyatnya buku Quantum Ikhlas

      Suka

      • Hey i’m from England to and i just finished waithcng the final eppy of lost/2 (thank the Lord for limewire) this place has so many interesting theories that have kept me entertained for hours.

        Suka

  • langkah kaki pertama itu yang sulit. Butuh keberanian luar biasa 🙂

    Suka

    • bener mas,
      kalau sudah melangkah tinggal ngatur irama langkahnya saja

      Suka

  • Betuuul…setuju…mulai dari hal yg gampang & sanggup kita kerjakan, lebih bagus lagi kalau itu memang hal yang kita sukai.. 🙂 kayak ngeblog 🙂

    Suka

    • hahaha…
      dapat senang dan dapat duitnya ya…?

      salam

      Suka

  • setuju bangeet soal postingan ini… memberikan inspiring dan motivasi… aku ijin copas sedikit ya Mas… biar menebarkan aura semangatnya juga buat temen2ku yg lain… btw, apakah syarat join di TDA?

    Suka

    • Silahkan dicopy yang diinginkan
      mau masuk TDA?
      daftar saja di http://tangandiatas.com/

      search di mesin pencari untuk berlangganan buku TDA Bekasi

      Suka

      • Oh my God, of course. I have just read the Ultimate Lost terhoy and it makes perfect sense. The plane never crashed, it’s all a big experiment and/or VR game. That’s why everyone19s pasts are linked and everyone has meet someone somewhere before, it’s all fake. Hurley never won the lottery, Sawyer never met Jack’s father, Kate never killed anyone etc, false memories. This has to be the answer. Ever see “Back to reality” Red Dwarf series 5 or Dark City (Film with Kiefer Sutherland & Richard O19Brian). I don’t know why this never occurred to me before, I thought about that they all maybe dead & in limbo or in hospital in comas, but it all makes sense to me now. Happy happy joy joy

        Suka

  • Mungkin banyak peluang ada dimana-mana, bisakah kita memanfaatkannya?
    Kalau mulai dari usaha kecil dulu, maka resiko kegagalannyapun kecil, dan dari kegagalan demi kegagalan inilah kita belajar. dan dengan tekunnya belajar akan “ditemukan” keberhasilan. belajar yang terbaik adalah belajar dari pengalaman dan kegagalan seperti : Thomas alpha edison yang berhasil, setelah sekian banyak gagal.
    kapanpun mulainya, tidak jadi masalah, yang penting mulai sekarang.
    kalau sekarang masih bingung, mulailah mencari informasi dan pengetahuan yang berguna untuk mengambil keputusan untuk memulainya.

    Suka

    • makasih komentarnya mas Sulaiman

      salam

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s